jump to navigation

Strategi Marketing Skutik Premium: Honda, setelah PCX lalu apa? 10 February 2016

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Seru sekali melihat bagaimana PCX yang cantik artistik mendadak terlihat seperti terkena lepra ketika Yamaha merilis Nmax nya yang tampan. Betul2 Nmax pembunuh sadis.

Honda-PCX-Glamour-White

Honda PCX

Pertama kali sewaktu dikeluarkan, Honda Pcx berkubikasi 125cc impor langsung dari negeri Thailand. Seingat saya waktu itu harganya sekitar Rp. 25 juta, kurang lebih seharga Honda Tiger, varian termahal Honda pada saat itu. Waktu itu penulis terkagum2 dengan fitur iddle start-stop system yang fenomenal. Sosoknya yang penuh lekukan indah membuat bikers rela inden berminggu2 untuk mendapatkannya. Ketika kemudian skuter tersebut naik kelas ke 150 cc maka sambutan semakin menggila sampai populasinya menembus angkat di atas 10 ribu unit hanya dalam waktu 3 tahun saja. Cukup baik. Pcx melenggang sendirian sebagai raja skutik premium dengan harga fantastik, tak kurang dari 37 juta-an rupiah on-the road.

yamaha-nmax

Yamaha NMax

Kemudian awal tahun lalu muncullah Yamaha Nmax, skutik 150 cc juga dengan fitur premium yang meramaikan pasar dengan harga 10 juta lebih murah daripada PCx. Kejayaan PCx ambruk seketika. Ketika harga masih menjadi satu faktor penentu utama dalam desisi orang Indonesia membeli motor, PCX (kini hampir menyentuh 40 juta) terkapar di tangan Nmax. Tersungkur malah. Hanya dalam waktu setahun saja, Nmax menurut AISI sudah terjual lebih dari 100 ribu unit baik untuk pasar lokal maupun ekspor. Jadi teringat ketika dulu CBR pontang panting harus repositioning strategi 5P nya ketika Yamaha dengan mantap memasuki pasar dengan R15 produksi nasional dengan jauh lebih murah.

Kini setelah PCx yang terlihat jelek ketika bersanding dengan NMAX siapa kira2 yang mampu menantang dominasi NMAx?

Apakah amunisi yang dimiliki Honda? Kayaknya jauh panggang dari api.

Jadi inget kejadian tempo hari ketika CS 1 terkaing-kaing kesakitan bertarung di pasar bebek super. PAda waktu itu Honda sebenarnya memiliki Honda Ayam Jago Sonic 150 yang cukup sukses di Thailand. Tapi mereka membutuhkan riset setidaknya 3 tahun sebelum akhirnya memutuskan mendiscontinue CS1 dan menelurkan si Ayam Jago Sonic di pasar lokal. Telat. Satria FU semakin berkibar malahan bertelur lagi dengan mengeluarkan varian FU 110. Sementara itu Yamaha ganti konsep bebek super dengan mendominasi segmen bebek berotot dengan ban gambot, MX King 150.

Balik ke Skutik Premium, soal tersungkurnya PCx di tangan Nmax. Kayaknya walaupun ada gosip bahwa Honda AHM sedang melirik varian skutik premium lain (diduga keras Honda Forza) tapi mengingat di masa lalu Honda selalu telmi, maka bila rencana ini jadi mungkin baru bisa diwujudkan setelah tahun 2017 mengingat Honda Forza aslinya berada di kelas 300 cc sehingga tentu saja Honda membutuhkan waktu untuk mencari engine yang sesuai. Memang bisa saja engine Pcx di swap ke dalam pangkuan Forza tersebut. Tapi ya itu lah…..Honda sudah beberapa kali telmi. Ahhh…apakah Honda sudah berubah?

Apakah mereka sekarang adaptif dengan keadaan pasar? Kita lihat saja.

Suzuki Burgman 125

Suzuki Burgman 125

Sementara itu Suzuki yang dipasar super premium telah mengeluarkan Burgman 200 cc ternyata punya andalan yang bisa saja tiba2 menggebrak pasar. Dengan Brugman 125 yang siap impor, merek ini dapat menempati celah premium sedikit di bawah PCx/Nmax tapi memiliki kelas jauh lebih bergengsi daripada Vario 125 yang tetap dianggap skutik biasa walaupun Vario kini sudah naik ke kelas 150cc. Berbeda dengan Burgman 125, walaupun kubikasi di bawah Vario tetap saja kesan yang diperoleh sangat premium. Spek nya pun cukup lumayan: mesin silinder tunggal 125cc berpendingin air yang mampu memuntahkan power sebesar 11.8bhp pada 2500 rpm dan torsi pada 7000 rpm dengan berat sekitar 139kg. Kan menarik jika Burgman ternyata (ngayal) bisa dijual sekitar 26 juta (di atas Vario tapi di bawah Nmax)? Tapi strategi marketing Suzuki kan terkenal lebih bolot daripada Honda?

Hmm menarik dan seru rimba persilatan skutik premium ini. Bikin kopi, ambil kacang. Nyimak ah!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: