jump to navigation

Oil Cooler Yamaha Scorpio 1 December 2014

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: ,
trackback

Rasanya ada yang salah dengan rancangan mesin Yamaha Scorpio. Bila dibandingkan dengan motor yang sejenis, panas mesinnya agaknya di atas rata-rata. Hawa panas yang dihasilkannya merasuk keatas membuat pengendaranya cepat kegerahan.

Bila diperhatikan ada selang besi kecil yang melintasi blok mesin dari sebelah kanan ke sebelah kiri. Ini dia selangnya.

IMG02827-20141129-1246

Fungsi selang tersebut adalah mengalirkan oli dari bak oli sebelah kanan ke sebelah kiri.

Keberadaan selang besi tersebut menimbulkan spekulasi di kalangan bikers bahwa agaknya dari sonohnya mesin Scorpio dirancang dengan sistim pendingin oli (oil cooler). Oleh karena itu tak sedikit penunggang Scorpio yang mengplikasikan oil cooler ke sistim pendinginan mesinnya.

Cara kerjannya adalah pompa oli mengalirkan oli dari lubang oli di sebelah kanan, kemudian dikirim ke sirip oil cooler untuk didinginkan dan kemudian disalurkan kembali ke lubang oli sebelah kiri untuk kembali melumasi mesin. Efek nya adalah oli yang mengalir akan membuat mesin lebih adem. Seperti yang telah kita ketahui, mesin yang sangat panas membuat part jeroannya lekas aus dan tentu saja mengurangi kinerja mesin.

Oleh karena itu aplikasi oil cooler diharapkan dapat membuat mesin lebih adem sekaligus membuat kinerjanya tambah optimal. Pertanyaannya adalah oil cooler apa yang cocok diaplikasikan?

Salah satu oil cooler yang populer diaplikasikan terhadap Scorpio adalah punyanya Satria FU. Sayangnya bentuknya kecil sehingga tampilannya kurang menarik bila diaplikasikan terhadap Scorpio yang besar.

cooler scorpio

sumber: bernardtherrider225cc

Namun bila kita rajin browsing di online store sebenarnya ada lagi oil cooler yang penulis anggap dari segi model lebih sesuai. Mungkin termasuk abal-abal karena tidak memiliki merek. Tapi harganya 11-12 dengan harga oil cooler FU yang dijajakan online sehingga penulis bersangka baik saja bahwa mutunya kurang lebih setara.
Bentuknya seperti ini. Harganya kurang sedikit dari 500K. Waktu pengiriman kurang lebih 4 hari.

Di dalam paket pengiriman terdapat oil radiator, sepasang selang karet dengan hose yang nanti akan diinstall pakai baut dilubang oli sebelah kanan dan kiri. Walaupun dijanjikan sepaket dengan alat pengelim selang, pada kenyataannya pengelim selang kita mesti cari sendiri (tidak ada di dalam paket).

contoh oilcooler

Didalam paket tidak disediakan bracket sehingga montir kita mesti jago melakukan improvisasi dalam merancang bracket untuk mengintall oil cooler ini di bawah tangki. Kemudian kelim selang kiri kanan ke radiator agar oli tidak bocor. Lalu ujung selang kanan diinstall di lubang oli sebelah kanan dan begitu juga yang sebelah kiri. Lobang oli di sebelah kanan menggunakan baut oli ukuran 12 dan sebelah kiri ukuran 10.

Ini penampakannya setelah diinstall.

IMG02829-20141129-1544

IMG02823-20141129-1238

ukuran baut tidak pas sehingga oli rembes. Jalan keluarnya adalah di lem

Sekarang pertanyaannya: apakah ngefek?

Ternyata iya, bros. Walau tidak sepenuhnya menghilangkan hawa panas yang mengalir keatas, hawa mesin memang terasa lebih adem. Selain itu, bunyi mesin tidak begitu berisik karena sebagai konsekwensi pengaplikasian radiator ini, oli mesin yang normalnya 1200cc harus dilebihkan sekitar 200-250cc (untuk mengisi radiator dan selang) sehingga banyak parts2 lebih terlumasi sehingga bunyi mesin lebih halus.

Kekurangan produk ini:
1. Radiator ini dirancang untuk semua motor (universal) sehingga hose yang digunakan sama (ukuran 12), padahal ukuran lubang oli Scorpio adalah 12 (kanan) dan 10 (kiri). Akibatnya lubang oli sebelah kiri tidak menutup sempurna (oli rembes). Solusinya adalah dilem.
2. Tidak tersedia informasi tentang kapasitas oil cooler sehingga kita mesti menebak-nebak berapa cc oli yang harus kita tambahkan ke dalam mesin
3. Tidak dilengkapi keliman selang sehingga kita mesti nyari lagi di toko material.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: