jump to navigation

Oleh-oleh IMOS 2014: Menyoal Keseriusan Suzuki 5 November 2014

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Sebagai produsen motor kelas dunia Suzuki tampil selalu melempem di kelas nasional. Selain bebek super FU150 yang luar biasa, praktis tidak ada yang dapat dibanggakan dari produk Suzuki Indonesia.

Memang Suzuki sudah kelamaan berada di zona pasrah. Jika kalah di segmen bebek/skutik dari produsen lain, ya sudah, kita main di bebek super saja, mungkin begitu pikir mereka.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari produk bebek dan skutik mereka. Desiran mesinnya halus, tarikannya kencang dan handlingnya mantap. Untuk bebek reputasi shogun sudah berbicara sendiri. Untuk skutik, dari segi disain penulis malahan memuji Hayate yang sangat bernuansa elegan dibandingkan skutik produk lain.

Namun mengapa kalah dengan produk motor lain?

Promosi motor tidak bergantung dengan iklan semata. Jarang biker membeli motor karena iklan, namun karena mengobservasi motor teman dan mendengarkan saran dari teman. Ini menunjukkan betapa pentingnya peranan komunitas dalam menentukan seorang customer dalam mengambil keputusan pembelian. Disinilah letak ketidak seriusan Suzuki.

Beberapa produk Suzuki sudah memasuki tahap legend. Misalnya FU (ya iyalah), Shogun dan (yang terlupakan) the mighty Thunder yang humble.

Menurut penulis, bila dikelola dengan baik komunitas pengguna Suzuki (bukan hanya FU, Shogun, dan Thunder) merupakan potensi yang sangat besar dalam mendongkrak brand image Suzuki. Tapi sayang sekali, keberhasilan Honda, Kawasaki dan Yamaha dalam mengelola berbagai komunitas biker tidak juga mendorong Suzuki lebih gencar lagi melakukan hal yang sama.

Lihat saja nanti, bila Honda Ayago yang segar jadi dirilis tahun depan untuk menggantikan bebek super Honda CS1 yang bantat, maka Suzuki akan kalangkabut melihat perhatian peminat bebek super FU beralih ke Honda.

Setelah itu apalagi yang diandalkan Suzuki?

IMG_4877

kalau mendapatkan feedback dari komunitas motor, tak mungkin Suzuki akan memilih coloring lenjeh untuk sebuah cruiser yang gagah

IMG01757-20121103-1445

bandingkan dengan warna solid edisi IMOS 2012. Tersedia warna merah dan hitam. Sangat mencerminkan kegagahan dan semangat cruising

 

 

Comments»

1. Suzuki Inazuma, motor turing terbaik dengan strategi marketing yang parah | The Naked Rider - 3 January 2015

[…] hati komunitas. Seperti yang pernah saya bilang, SIS memang tidak percaya dengan suara komunitas (lihat ini). Hal ini membuatnya gagal dalam membentuk strategi pricing yang tepat. Keputusan pricing yang […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: