jump to navigation

Oleh-oleh dari IMOS 2014: Honda SFA 3 November 2014

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Menyikapi discontinuenya Honda Tiger GL 200 di tahun ini, banyak blogger yang membuat analisa tentang seperti apa wujud pengganti Honda Tiger tersebut kelak. Penulis sendiri beberapa waktu yang lalu ikut pula berspekulasi dengan mengajukan Honda Trigger sebagai kandidat yang memiliki dimensi yang paling pas (lihat tulisan ini) dengan dimensi Honda Tiger. Namanya pun mirip.

Kini, muncul satu kandidat lagi, sebuah motor konsep yang disebut dengan Honda SFA dan ditampilkan di hajatan IMOS 2014. Inikah the next Honda Tiger? Apa iya?

Let’s check it out.

Dengan mengusung dimensi ukuran yang sangat mirip dengan Tiger, Honda SFA tampil sebagai motor naked yang sangat gagah. Penampilan front fork bertype upside-down dan bertulangkan teralis yang kian menjadi trademark motor sportnya Honda, motor ini tampil sangat kekar dan berotot.

IMG_4861

Tempat duduk yang diekstensi hingga hampir kepertengahan tanki dan engine cover metal di bagian bawah semakin mengukuhkan identitasnya sebagai motor bagi para petualang yang siap menghadapi segala medan.

Untuk memberikan sentuhan sport, maka dibagian belakang disisipkan lah mono arm yang dilangkapi velg sport berjari banyak yang mengingatkan penulis kepada KTM Duke.

IMG_4862

Perhatikan bentuk lampunya yang kotak2 dan knalpot yang dengan cerdas disisipkan di bawah jok yang mengingatkan kita pada exhaust pesawat angkasa di mega filem Star Wars.

IMG_4864

Dari penampilan fisiknya, motor konsep ini dapat disisipkan engine 150/200/250 cc. Apalagi sudah dilengkapi knalpot twin, motor ini dapat pula mengendong engine 2 cylinder. Radiator berpendingin air memberikan clue bahwa mesin yang digendong pastilah berkompressi tinggi.

Nah marilah kita kembali ke konsep awal Honda Tiger. Positioning motor ini adalah disegmen mid-end 200 CC dengan menggendong mesin yang tangguh namun berkompresi rendah agar dapat menkonsumsi bensin premium.

Jika kita mengamati motor konsep SFA ini, Honda akan sulit menempatkannya pada segmen mid end, mengingat berbagai fitur canggih seperti upside-down fork dan high compression engine yang pastilah akan mengerek motor ini ke segmen premium mendampingi Kawasaki Z250 dan Suzuki GW250 Inazuma.

Oleh karena itu menurut penulis, kecil kemungkinan motor ini akan menggantikan Honda Tiger GL 200 karena sulit menempatkan motor ini di segmen yang sama.

 

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: