jump to navigation

Cuma Bisa Ngeces: Yamaha YZF R3 2015 21 October 2014

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

2015-Yamaha-YZF-R312

Seperti tak mau kalah dan benar-benar mewarisi semangat “me too”, menyusul Kawasaki dan Honda yang setelah sukses merilis Ninja 250 dan Honda CBR250R, kemudian mengeluarkan Ninja 300 dan Honda CBR300R di Amrik, akhirnya Yamaha setelah merilis R25 250 CC juga bakalan mengeluarkan motor sport entry levelnya yang terbaru, YZF R3.

Menikmati keuntungan sebagai pemain yang belakangan masuk ke pasar, Yamaha memiliki waktu untuk menangkap insight dari produk yang terlebih dahulu dikeluarkan oleh Kawasaki dan Honda tersebut untuk menyempurnakan produk motor sport Yamaha teranyar ini. Misalnya dengan menjejalkan mesin yang sedikit lebih besar (320CC) dan menyematkan swing arm yang lebih kaku, dibandingkan pesaingnya di atas. Yamaha mengklaim motor yang sebetulnya tidak dirancang untuk balapan ini tetap mampu berfungsi optimal sebagai motor balap.

Dengan dipersenjatai engine berkubikasi 320cc sepertinya ini adalah versi bore-up dari R25 yang terlebih dahulu meluncur di pasar Asia dan kini Amrik. Alih-alih menyematkan piston berukuran 60mm seperti punya R25, Yamaha akhirnya menjejalkan piston 68mm dengan disain camshaft yang sedikit berbeda. Dengan putaran maksimum 12500 putaran permenit, mesin DOHC 4 katub yang bengis ini mampu memuntahkan dengan brutal tenaga sekitar 42TK. Hal ini berarti, dengan penambahan 70cc, mesin ini menghasilkan sekitar 10TK lebih kuat dibandingkan R25.

Bagaimana kansnya motor ini mengaspal di Indonesia?

Menurut Iwanbanaran.com berdasarkan wawancara dengan seorang petinggi YMI, motor ini tidak akan mengaspal di Indonesia mengingat regulasi otomotif Indonesia sebetulnya hanya memperkenankan kubikasi motor maksimum 250CC. Setiap penjualan motor dengan CC >250CC akan dikenakan pajak barang mewah yang (dalam hal R3) yang akan membuat angka jualnya sekitar 60% lebih mahal daripada saudaranya R25. Dari sudut marketing, kurang menguntungkan memasarkan motor yang ber CC 28% lebih besar namun dengan harga 60% lebih mahal.

Jadi agaknya kita cuma bisa ngeces saja melihat lalu lalang R3 di Amrik dan harus puas dengan R25 saja.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: