jump to navigation

Deteksi Kondisi Motor dari Knalpotnya. 13 June 2014

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

bysonku

Pada sistim kerja motor bensin, sisa campuran udara dan kabut bensin yang telah terbakar didalam ruang bakar dibuang melalui katub buang ke saluran yang disebut dengan knalpot. Dari materi yang dilontarkan oleh knalpot kita pun dapat mengetahui kondisi umum dari motor kita. Check it out.

1. Knalpot mengeluarkan air ketika motor dipanaskan dipagi hari. Ini normal, air berasal dari pengembunan di dalam muffler karena udara dingin.

2. Knalpot mengeluarkan asap hitam. Ini kurang normal. Seperti diketahui tenaga mesin diperoleh dengan meletupkan campuran antara udara dan kabut bensin. Kalau asapnya hitam berarti campuran bensin lebih banyak daripada udara. Cenderung boros nih, harus disetel asupan udaranya di karburator

3. Knalpot mengeluarkan asap putih (pada motor 4-tak). Oli yang seharusnya melumasi parts mesin bagian bawah menerobos ke atas melalui sela-sela piston dan ikut terbakar bersama kabut bensin. Kemungkinan ring piston atau pistonnya rusak sehingga memberikan celah oli naik ke atas. Ring piston harus diganti. Kalau ternyata pistonnya juga sudah baret maka pistonnya juga harus diganti.

4. Knalpot nembak. Biasanya gejala ini muncul bila motor sudah mengalami modifikasi misalnya di bore-up, stroke up sehingga ukuran PJ dan MJ nya harus dinaikkan. Akibatnya suply bensin bertambah sehingga seringkali sisa pembakaran yang dikeluarkan katub buang masih banyak mengandung bensin. Motor-motor sekarang memiliki mekanisme untuk mengurangi pekatnya polusi karbon dengan menciptakan suply udara segar tambahan di saluran buang. Mekanisme oleh Suzuki dinamakan PAIR (Pulsed-Secondary Air-Injection), oleh Yamaha dinamakan AIS (Air Induction System), dan di Honda menamakannya SASS (Secondary Air Supply System). Tambahan udara segar tersebut dan panas yang tinggi seringkali menyebabkan sisa pembakaran yang masih mengandung kabut bensin tersebut dapat terbakar ulang sehingga menyebabkan ledakan di knalpot. Ini kondisi yang umum. Cukup tutup saluran tersebut dengan sekrup. Lihat tulisan ini.

5. Knalpot mengeluarkan partikel. Kemungkinan bagian dalam knalpot sudah berkarat dan rusak. Knalpot harus diganti atau diperbaiki.

6. Knalpot tidak mengeluarkan ke 5 hal diatas. Kondisi motor anda normal.

 

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: