jump to navigation

Yamaha R25 akankah mampu mengungguli penjualan Kawasaki Ninja 250R? 20 May 2014

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

R25 new

Setelah ditunggu-tunggu sekian lama Yamaha R25 akhirnya memperlihatkan wajahnya di Danau Toba. Wajahnya persis seperti yang penulis bayangkan. Serba runcing untuk menepis angin se efisien mungkin. Stripingnya merupakan titisan langsung dari striping balap tim Yamaha, tersedia dalam warna biru, hitam dan merah.

Karena motor ini diharapkan mampu meredam lajunya penjualan Ninja 250R (KN250) maka mari kita bandingkan yuk. Kendaraan ini lebih panjang sedikit (2090mm vs 2010mm), sama lebarnya (720mm, lebih tinggi sedikit (1135mm vs 1110mm) dan lebih ringan 6 kg dibandingkan dengan KN250. Motor ini dipersenjatai mesin twin silinder 8 katup 250cc yang diklaim mampu menyemburkan power sebesar 36bhp (KN250 32bhp) dengan torsi sebesar 22,1nM. Secara teoritis di atas kertas motor ini jelas lebih unggul daripada KN250.

Namun, apakah akan lebih laku dari pada KN250? Belum tentu.

Tidak seperti konsumen bebek, matik dan sport 150cc yang lebih heterogen, konsumen motor premium kelas 250 cc lebih homogen. Disini brand image Kawasaki mendominasi mindset biker segmen ini sehingga upaya Honda dan Suzuki untuk melakukan penetrasi ke segmen ini memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Untuk itu bila Yamaha ingin berhasil memasarkan R25 dan menempatkannya sebagai top of mind di konsumen motor premium maka diperlukan strategi marketing yang berbeda dibandingkan strategi Honda dan Suzuki.

Konsumen KN250 sendiri menganggap produk Kawasaki memiliki emotional value grade yang lebih tinggi dari brand lain. Pemakai KN250 edisi FI pun pada umumnya adalah bekas pemakai KN250 edisi karburator. Mereka menganggap gengsi menunggang Ninja itu beda dibandingkan menunggang motor lain.

Yang jelas Yamaha perlu membuat strategi yang lebih daripada sekedar strategi klise seperti berhadiah helm AGV atau jaket kulit, ataupun (misal) mendatangkan Valentino Rossi ke Indonesia. Tanpa Rossi pun penggila motor tahu R25 adalah motor yang sangat cepat. Tapi sekali lagi beda dengan motor bebek, matik dan motor sport 150 cc kebawah yang selalu ingin tahu dan adu tanding memamerkan motor mana yang paling cepat, penggila motor premium bukanlah bike freak yang senang adu balap. Ya, mereka senang dengan kecepatan, tapi itu bukanlah yang utama alasan mereka membeli motor. Emotional value lebih penting. Mereka pada umumnya datang dari kalangan mapan dengan usia yang telah cukup matang untuk bisa menentukan motor yang ini worthed untuk dibeli, sementara motor yang itu tidak.

Yamaha Motors Indonesia perlu menantang kreativitas unit kerja marketingnya serta advertising agencynya untuk menyusun strategi yang lebih bernuansa emosional dan personal.

Mari kita lihat saja Yamaha mampu atau tidak.

Comments»

1. Gorga Naibaho - 22 May 2014

Nice blog!

Gaya penulisannya lebih saya sukai dibanding beberapa rider’s blogs lain karena lebih faktual tapi tetap diselingi humor enteng. Jadinya banyak hal yang bisa saya pelajari dari tulisan bapak.

Mengenai Yamaha R25, wajar kalau spek lebih tinggi, karena keluar belakangan, jadi sudah ada benchmark product (Ninja 250) yang bisa diteliti oleh Yamaha. Di luar negeri pun Kawasaki juga punya Ninja 300 supaya tetap punya keunggulan mutlak paling tidak dari segi performance.

Saya sih seneng banget Yamaha berani ikut main di kelas ini, bukan berarti mau beli, tapi kalau marketnya semakin penuh, artinya pabrikan harus semakin kompetitif, bakal makin banyak pilihan produk buat semua kalangan. Dan ujung-ujungnya konsumen yang diuntungkan.

2. The Naked Rider - 22 May 2014

Trims Gorga

3. Yap, pertanyaan terjawab! Penjualan R25 berhasil mengungguli Kawasaki Ninja 250 | The Naked Rider - 21 October 2014

[…] keragu-raguan penulis (baca tulisan ini) tentang kemampuan team kreatif promosi dan publikasi pemasaran R25 berhasil dijawab dengan […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: