jump to navigation

Byson Rasa Baru 22 April 2014

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: ,
trackback

Sejak kedatangannya 4 tahun yang lalu, rasanya Byson belum pernah difacelift. Dua tahun yang lalu memang ada minor (very minor) change pada produk Byson. Namun perubahan tersebut dilakukan seadanya dengan mengganti kelirnya dan memerikan aksen dengan menghitamkan knalpot dan panel samping.

Kini ada kabar baru dari India bahwa Yamaha seri FZ akan difacelift (masih minor change). Sosoknya masih gagah seperti Byson yang kita kenal tapi dengan beberapa perubahan.

Lihat dulu sosoknya dan marilah kita bandingkan dengan Byson yang kita kenal.

Byson Baru

Penulis mendapatkan kesan Byson rasa baru ini semakin high profile dengan dual tone/color berdisain yang terkesan tajam. Hal yang pertama penulis lihat adalah motor ini masih menggunakan frame, front fork, dan velg yang sama. Tangkinya pun sepertinya belum diubah.

Bertentangan dengan harapan semua pengendara Byson yang menginginkan disk brake disematkan pada roda belakang, motor ini masih menganut sistim pengereman tromol. Sayang ya. Namun ada darah segar mengalir dengan penggantian panel samping membujur ke belakang sampai dengan lampu belakang (tail light) dengan disain yang lebih runcing dari Byson lama. Disain jok diubah menjadi jok two-piece bergaya Pulsar. Begitu juga dengan shroud tempat udara pendingin mengalir, diubah disainnya dengan shroud berdisain tajam nan cantik. Disain lampu depan kini dilengkapi dengan cover baru lengkap dengan windshield. Sentuhan terakhir adalah dengan mengganti knalpot lama (yang sebenarnya penulis suka) dengan yang lebih langsing, namun kok mengingatkan penulis dengan knalpot Vixion lama.

Byson Baru1

Byson Baru2

Pada sektor enjin, sulit memperkirakan improvement apa yang kira-kira akan diberikan. Apakah tetap mengusung enjin 153cc berkekuatan 14bhp atau menggantikannya dengan versi boreup dengan kubikasi yang lebih besar. Memang ada spekulasi bahwa sektor mesin akan diperbesar menjadi 170cc berkekuatan 17bhp. Namun spekulasi ini sulit dikonfirmasikan dan dinilai dapat merugikan. Ramai dan gemuknya pasar sepedamotor di kelas 150 cc akan merugikan Yamaha bila tidak memiliki jagoan di kelas ini. Tapi biarlah para eksekutif marketing Yamaha yang memikirkan hal ini.

Untuk sementara marilah kita endapkan dulu disain facelift baru ini. Jika di India Byson rasa baru ini bisa dicicipi pada tahun ini juga, kita harapkan Indonesia akan kebagian mencicipinya tahun depan. Semoga.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: