jump to navigation

Mengenal 10 merek ‘branded’ mocin 19 July 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: , ,
trackback

Selama ini produk motor dari negeri China (mocin) dipandang sebelah mata oleh konsumen di Indonesia. Hal ini disebabkan rendahnya persepsi masyarakat tentang mutu mocin yang masuk ke Indonesia.

Namun sejalan dengan berkembangnya industri sepeda motor skala pabrik di negara ini, kini semakin banyak saja mocin yang mutunya dianggap baik dan diakui secara internasional.

Dibawah ini adalah daftar produsen mocin yang produknya cukup baik karena dibuat dengan standar manufaktur yang baik sehingga dianggap mampu menyaingi motor sejenis buatan Jepang.

Jialing
1. JIALING. China Jialing Industrial Co., Ltd. adalah sebuah perusahaan motor yang merupakan perusahaan milik pemerintah China. Perusahaan ini sudah lama sekali berdiri (sejak 1875) dan pada awalnya hanya memproduksi untuk kepentingan militer. Namun sejalan dengan mottonya “mengubah produk militer menjadi produk sipil’, Jialing kemudian tampil merupakan pelopor dan pemimpin dalam industri mocin dengan memproduksi motor sipil pertamanya pada tahun 1979. Sambutan konsumen cukup baik terbukti dari terjualnya produk-produknya di lebih dari 90 buah negara. Kapasitas produksinya saat ini adalah 2 juta motor setahun.
Lifan
2.LIFAN. Lifan didirikan oleh Yin Mingshan, mantan pembangkang di tahun 1992 dan pada awalnya merupakan bengkel kecil (Chongqing Hongda Auto Fittings Research Centre) yang diawaki 9 orang. Pada tahun 1997 perusahaan ini berganti nama menjadi Lifan Industry Group dan selain memproduksi motor, kini perusahaan ini juga memproduksi mobil dan truk.
Loncin
3. LONCIN. Loncin adalah perusahaan yang membuat sepedamotor, enjin motor, ATV dan komponen-komponen partsnya. Perusahaan ini beroperasi dari kota Chongqing, Zhejiang dan Guangdong. Kapasitas produksinya sangat besar dan mampu memproduksi 2,500,000 buah motor, 3,000,000 buah enjin, dan 150,000 All-terrain Vehicle (ATV).
Zongshen
4. ZONGSHEN. Zongshen didirikan pada tahun 1992 dan saat ini grup perusahaannya memiliki 52 buah anak perusahaan. Group Zongshen memiliki 18,000 orang karyawan dan memiliki aset total sekitar 4 miliar Yuan (senilai kurang lebih USD 650 juta). Pada saat ini grup perusahaan merupakan produsen motor ke 5 terbesar di China. Dari kota Chongqing, China, perusahaan ini mampu memproduksi 1 juta motor setahun. Pada saat ini mereka juga memiliki kerjasama dengan Harley Davidson dan Piaggio.
Qianjiang
5. QUANJIANG. QianJiang motor adalah salah satu produsen motor terbesar di Asia. Didirikan pada tahun 1985, perusahaan ini merupakan salahsatu produser kendaraan 2 roda terbesar di China. QJ adalah perusahaan milik pemerintah China, yang memiliki 5 anak perusahaan, 10 cabang dan 1 perwakilan internasional dan memiliki lebih dari 10,000 karyawan. Ragam produknya mencakup sepeda motor, skuter dan moped mulai dari 50cc sampai dengan 1,130cc dengan merek Qjiang, Benelli, Generic dan Keeway. Kapasitas produksi saat ini adalah 1.5 juta kendaraan roda 2 dan 2 juta enjin setiap tahun. Lebih dari 22% produknya diekspor ke 136 negara di seluruh dunia. Pada saat ini produknya dapat ditemui di semua benua kecuali Antartika. Mottonya yang terkenal adalah “disain eropa, mutu jepang dan harga China”
Luojia
6. LUOJIA HIGHLAND. Luojia Highland merupakan perusahaan yang dibentuk sebagai kerjasama antara Luoyang Northern Enterprises Group Co., Ltddan Nya Sweden Highland Motors AB pada bulan April 2005. Perusahaan ini mulai membuat sepeda motor dengan mereka Luojia sejak akhir tahun 1983. Pada tahun 1992, Luoyang Northern Enterprises Group Co., Ltd. dan Thailand Charoen Pokphand Group bekerjasama dan bentuk sebuah perusahaan patungan “Luoyang Northern Ek Chor Motorcycle Co., Ltd.” untuk memproduksi motor dengan merek “Dayang”. Dengan slogannya yang terkenal “kemarin Luojia, sekarang Dayang”, motor Dayang dengan cepat merebut hati masyarakat sehingga banyak peminatnya.
Jincheng
7. JINCHENG. Selama 30 tahun perusahaan motor Jincheng dengan pasti berkembang menjadi salah satu tulang punggung industri mocin dengan berbagai kerjasama dengan perusahaan dalam dan luar negeri. Jincheng merupakan perusahaan pertama yang mendirikan perusahaan joint venture mocin di Amerika Latin.
Dayun
8. DAYUN. Guangzhou Dayun Motorcycle adalah sebuah perusahaan yang merancang, memproduksi dan memasarkan motor dan enjin motor dengan merek Dayun. Pada saat ini rentang produk mereka mencakup lebih dari 40 buah model dan 200 tipe motor serta enjin motor. Selain untuk penggunaan di dalam negeri, mereka juga memasok untuk pembeli dari negara-negara Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Afrika. Mereka memiliki fasilitas pabrik seluas 40 hektar yang diawaki oleh 2,000 karyawan dan dilengkapi dengan 4 jalur perakitan motor, 2 jalur produksi enjin, 2 jalur pengemasan motor serta 5 jalur pengecatan. Pada saat ini mereka memiliki kapasitas produksi lebih dari 700,000 buah motor dan 500,000 enjin.
Jinshe
9. JIANSHE YAMAHA. Chongqing Jianshe Yamaha Motor Co., Ltd. adalah perusahaan joint venture antara Yamaha Motor Co. dan Pemda Kota Chongqing yang didirikan tahun 1992. Perusahaan ini memproduksi motor Yamaha secara mandiri dan menggunakan jaringan dealer dan bengkel yang juga milik sendiri.
Haojue
10. HAOJUE. Dengan kapasitas terpasang 3 juta enjin dan 3 juta motor setahun Grand River Group (induk perusahaan Haojue) merupakan salah satu produsen motor terbesar di China. Perusahaan ini dibentuk pada bulan Januari 1992 dan awalnya adalah sebagai partner terbesar dan basis ekspor produk Suzuki di China. Haojue dan Suzuki secara bersama-sama membuat motor dengan standar tinggi yang diakui secara internasional dan memiliki kualitas produk yang baik. Produk-produk mereka saat ini selain digunakan di dalam negeri China juga di ekspor ke lebih dari 70 negara, termasuk Jepang.

Comments»

1. jengky - 8 August 2013

yang paling bawah disinyalir next thunder 150 kerja sama suzuki dan hajou motor china

2. Fahmiie - 2 September 2013

Yang plg bawah, headlampnya mirip CBSF yak😀

3. ipanase - 7 September 2013

loncin sampai sini berubah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: