jump to navigation

Strategi Pemasaran KMI dalam peluncuran Kawasaki Pulsar P200NS 25 June 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Peluncuran Kawasaki Pulsar 200 NS (KP200NS) sungguh sungguh membuat para pengamat termasuk penulis menggeleng-gelengkan kepala. Betapa tidak? Di Indonesia, dalam strategi pemasarannya, PT Kawasaki Motors Indonesia (KMI) telah tersohor sekali sebagai produsen yang menempatkan diferensiasi sebagai strategi utamanya.

Di pasar motor yang silang sengkarut dan jenuh dengan penawaran yang serupa atau mirip sehingga produsen seringkali nekad perang harga dan diskon untuk memenangkan hati pelanggan, KMI menemukan segmen sendiri yang sangat menguntungkan di pasar motor premium dengan memasarkan motor dengan fitur dan spek yang berbeda dari yang ada. Begitulah, Kawasaki Ninja 150R dan 250R dijual dengan harga berapa pun tetap laris manis dibeli oleh para penggemarnya sehingga kemudian Honda kemudian dengan tergopoh-gopoh segera melemparkan produk yang serupa.

P200NS
Oleh karenanya ketika mereka kemudian sangat percaya diri meluncurkan produk anyar mereka KBP200NS, sebuah produk yang penuh dijejali teknologi automotif terkini dengan harga yang justru di bawah Honda Tiger yang masih diproduksi dengan teknologi tahun 1990-an sungguh menjadi hal yang luar biasa.

Memang, dalam perspektif strategi pasar yang generik dari Michael Porter, memang kurang lazim bagi suatu pemasar dengan menggunakan 2 strategi sekaligus (hybrid strategy) untuk memasarkan produknya, misalnya menggunakan strategi price leadership (sebagaimana strategi pasar KMI dalam memasarkan KBP200NS) dan strategi diferensiasi (sebagaimana strategi KMI dalam memasarkan Kawasaki Ninja 150R dan 250R).

Penggunaan hybrid strategy secara fundamental dianggap akan merugikan. Hal ini dapat dimengerti dari pemahaman sederhana saja bahwa strategi differensi yang memberikan fitur atau service yang melimpah untuk menimbulkan perbedaan dengan produk lain tentu saja akan berbenturan dengan filosofi ‘low cost’ yang menjadi dasar penggunaan strategi price leadership.

Hasil sementara yang dapat dipantau selama PRJ ini ternyata KBP200NS laris manis dengan mencatat angka penjualan harian sebesar 10-18 motor sehari (terus meningkat) yang mungkin saja akan membuat KMI akan mencapai target awalnya yakni penjualan 1000 unit perbulan pada bulan-bulan pertama ini.

Mengapa strategi hybrid ini dapat dijalankan oleh PT KMI walau secara teoritis saling berbenturan? Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Pertama agaknya KMI menetapkan bahwa seri Kawasaki Ninja dan Kawasaki BP200NS diproduksi oleh 2 SBU (strategic business unit) yang berbeda sehingga benturan kepentingan bisa dikurangi. Kedua, biaya produksi KBP200NS sebagai motor India memang sangat murah. Ketiga, memang KBP200NS dijual rugi untuk menaikkan level of trust masyarakat terhadap produk Bajaj terkait ‘kecurigaan’ Bajaj Indonesia akan gulung tikar. Keempat, KBP200NS dijual semurah mungkin untuk menaikkan ‘image’ produk Bajaj sebagai produk unggul (oleh karenanya dijual oleh produsen Kawasaki yang kredibel) di mata masyarakat Indonesia yang selama ini hanya terpukau oleh produsen motor Jepang.

Bila ternyata angka penjualan KBP200NS tersebut konsisten atau malahan terus naik, maka pencapaian KMI ini akan masuk ke dalam studi kasus dalam setiap kajian strategi pasar mata kuliah Manajemen Pemasaran di Universitas-universitas sebagai contoh penerapan strategi hybrid yang berhasil di Indonesia.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: