jump to navigation

Cara meningkatkan tarikan Byson 17 June 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: ,
trackback

Pembaca yang budiman. Salah satu tulisan saya sebelum ini mendapatkan pertanyaan dari bro Bobby yang ingin mendapatkan masukan tentang bagaimana meningkatkan tarikan Yamaha Bysonnya. Mengingat tema ini mungkin menarik bagi pembaca blog ini, jawaban saya kepada bro Bobby saya angkat sebagai bahan tulisan ini. Semoga bermanfaat.

———————————————————————————————-

Menurut penulis tarikan Byson walaupun cukup memadai (14dk) tapi belum cukup kuat memacu adrenalin pemakainya. Apalagi bila kita tinggal di pinggir kota yang banyak truk dan bis-bis sehingga tarikan motor yang responsif dalam mendahului kendaraan besar tersebut seringkali turut menentukan keselamatan kita.

bysonku

Tapi mari kita definisikan dulu apa yang dimaksudkan dengan tarikan responsif.

Secara umum tarikan ditentukan oleh power (sering diukur dengan satuan dk, bhp, hp atau ps) yang maksudnya keluaran tenaga murni dan menentukan kecepatan motor serta torsi yang maksudnya daya puntir yang mempengaruhi daya akselerasi motor.

Jadi untuk meningkatkan tarikan kita bisa meningkatkan power dan torsi motor atau mengurangi beban tarikan.

Kalau kita hanya ingin mengurangi beban tarikan dan agar tarikan pertama motor agar lebih responsif, cukup kurangi beban tarikan dengan mengoptimalkan torsi. Perumpamaan yang mudah adalah seperti mengayuh sepeda. Perhatikan pada sepeda ada gear belakang dan gear depan. Biasanya pada tanjakan para goweser akan mengubah komposisi gearnya, misalnya menurunkan jadi gigi 1, (rantai diarahkan mencari gear belakang yang paling besar) atau sekedar menurunkan gear depan ke gear lebih kecil. Pada motor berlaku pula prinsip demikian. Bila ingin motor lebih responsif pada putaran rendah dan tarikan pertama, ganti sprocket gear belakang dengan ukuran 42 mata (punya Vixion) atau ganti gear depan dengan punyanya Yamaha Jupiter (15 mata) dan gear belakang dengan 44 mata punya Yamaha Scorpio (lihat tulisan ini). Ditanggung motor anda akan lebih responsif pada putaran rendah namun top speed akan berkurang. Bila anda bukan tukang ngebut dan sudah puas bila motor mampu berlari 100 kpj gunakan cara ini. Namun bila anda masih kurang puas, gunakan cara lain.

Cara paling cepat dan ekstrim menaikkan power dan torsi adalah dengan menaikkan volume silinder (bore-up) dan menaikkan kompresi (stroke up). Untuk bore up, diameter silinder enjin diperlebar agar muat dijejali piston yang lebih besar. Kapasitas mesin Byson bisa dinaikkan sampai 160 cc (piston Mega Pro), 200 cc (piston Tiger) dan yang paling ekstrim pakai piston Scorpio (225 cc). Peningkatan kompresi dilakukan dengan memperpendek jarak titik mati atas dan titik mati bawah piston. Kompresi bisa dinaikkan dengan mengganti noken as, stang piston dan menggunakan piston yang cembung atau menjendol (Mega Pro lama pakai yang ini). Bore up dan stroke up mampu menaikkan performa Byson setidaknya sekitar 3-4 dk.

Bore up dan stroke up spontan menaikkan power dan torsi sehingga speed dan tarikan akan meningkat jauh. Tapi bore up dan stroke up menaikkan temperatur enjin sehingga parts lebih lekas aus. Disamping itu tentu saja menambahan volume silinder akan membutuhkan pembakaran bbm yang lebih banyak. Singkat kata konsekwensi bore up pemakaian parts dan bbm yang lebih boros.

Boleh-boleh saja anda hendak mem bore up enjin Byson anda, tapi coba fikir-fikir dulu. Menurut penulis tindakan ini kurang cocok bila motor kita cuma satu dan kita pakai sehari-hari. Sayang bros. Tapi bila motor kita motor simpanan dan hanya sekali2 dipakai, silakan melakukan langkah ini.

Untuk itu terdapat beberapa cara lain yang juga dapat meningkatkan power enjin sebesar 1-2 dk, tidak mengubah karakteristik enjin dan motor aman untuk digunakan sehari-hari:
1. Mengganti knalpot dengan yang free flow. Knalpot standar byson telah disesuaikan dengan standar emisi buang internasional sehingga sangat ramah lingkungan. Untuk itu diterapkan catalitic converter berupa penyaring berliku2 yang menyaring zat racun sehingga gas buang yang dihasilkan sangat eco-friendly. Namun banyaknya hambatan yang disebabkan saringan ini mengakibatkan gas buang terhambat jalan keluarnya. Seperti kita lagi pilek, tidak leluasa membuang nafas. Dan hambatan ini mempengaruhi tenaga enjin. Untuk itu, bila eco-friendly bukanlah prioritas anda dalam berkendara, gantilah knalpotnya dengan knalpot freeflow. Knalpot freeflow memungkinkan gas buang langsung keluar tanpa hambatan dan ini bisa menambah performa sampai dengan 0,25 dk. Namun kelemahannya adalah gas buang menjadi lebih beracun serta suara knalpot yang dihasilkan menjadi lebih berisik.

2. Mengganti CDI. CDI Byson dirancang membatasi putaran enjin sekitar 9000 putaran per menit. Putaran enjin yang tertahan tentu saja akan menahan kecepatan maksimum. Di pasar banyak beredar CDI yang diklaim tidak menggunakan limiter, artinya putaran enjin bisa mencapai 11000 putaran permenit yang tentu saja akan menaikkan kecepatan. Namun dalam mengganti CDI ada beberapa hal yang harus diperhatikan. CDI dalam mengatur waktu pengapian busi berkaitan erat dengan koil sebagai penambah tegangan arus. Sebagian CDI aftermarket cukup menggunakan koil standar Byson. Namun sebagian CDI aftermarket lain membutuhkan penggantian koil juga. Jadi tanyakan hal ini kepada penjual sebelum memilih dan mengadopsi sebuah CDI unlimiter aftermarket.

3. Mengganti karburator Byson dengan karburator skep. Karburator Byson (diameter 26) menganut sistim vakum (constant velocity carburettor) yang efisien namun mendistribusikan uap bensin yang kurang spontan. Hal ini disebabkan bensin hanya disemprotkan bila terjadi kevakuman di dalam karburator yang disebabkan putaran piston. Beda dengan karburator skep biasa yang bensin disemprotkan begitu gas dipuntir, walaupun mesin mati dan piston tidak bekerja. Oleh karenanya karburator skep biasa menghasilkan letupan mesin yang lebih responsif. Jenis-jenis karburator skep yang biasa dipakai oleh modifikator Byson adalah karburator dengan diameter 28 mm misalnya Keihin PE 28 (diameter 28 punya Honda NSR) atau karbunya Yamaha RX King.

Tapi dalam mengganti karburator ini penulis punya beberapa hal untuk dipertimbangkan. Mengganti karburator ini agak tricky mengingat beberapa hal yakni, pertama karbu ini adalah karbu enjin 2-tak, kedua, ukuran venturi berbeda dengan asli sehingga mengadopsi karburator ini memerlukan banyak penyesuaian. Penulis sendiri pernah mencoba dan tidak berhasil (lihat tulisan sebelumnya) dan sekarang memutuskan tidak akan mencoba lagi. Deg deg an nya itu yang gak tahan. Pertama, karburator asli tak terjangkau (3,5 jutaan) sehingga penulis cuma sanggup membeli karburator KW yang mutunya cuman Tuhan saja yang tahu. Disamping itu tidak ada satupun kabel gas yang bisa langsung digunakan plug an play, harus dipotong dan dibuat sumbu/sangkutan buatan untuk menyangkutkan ke skep karburator.  Menurut penulis, gak sebanding manfaat tarikan walau yahud sekalipun dengan deg degan nya (takut tiba-tiba rusak, berebet atau kabel putus di jalan waktu turing dan jauh dari bengkel). Tapi bagi  yang suka kecepatan dan memiliki syaraf baja silakan mencoba mengganti karbu ini dan rasakan tarikan enjin yang spontan. Kelemahannya, walaupun powernya meningkat (karena meningkat pula asupan bbm), penggantian karburator akan menyebabkan konsumsi bbm bertambah atau boros bbm.

4. Memperbesar lubang masuk dan keluar udara yang disebut dengan porting polish. Disini port (muara) saluran udara masuk dan keluar (tertutup dan terbukanya saluran udara dikendalikan oleh klep) diperbesar dengan cara dipolish (digosok) agar lalu lintas udara menjadi lebih plong dan lancar. Cara ini adalah cara yang paling sulit dan lebih baik jangan dilakukan sendiri atau oleh bengkel tidak jelas (lihat tulisan sebelumnya). Serahkan hanya kepada montir bengkel yang sudah mendapatkan referensi dari sesama pengguna Byson. Salah polish, misalnya terlalu besar atau terlalu kecil, terlalu halus atau terlalu kasar malahan mesin jadi mengempos dan kehilangan tenaga.

5. Mengurangi berat beban. Di awal tulisan penulis telah mengatakan bahwa tarikan ditentukan oleh besarnya power dan torsi. Namun kedua hal tersebut dipengaruhi beban dan bobot kendaraan. Bila dibandingkan dengan motor sekelasnya Byson lebih berat 10 kg. Oleh karenanya, hindari menggunakan aksesori tambahan yang menambah beban kendaraan, misalnya menggunakan bracket dan box bagasi serta penggunaan velg dan ban diluar spek standar. Penggunaan bracket dan box dapat menambah bobot kosong sekitar 3 kg yang memperberat kinerja enjin. Sedangkan semakin besar velg dan ban yang digunakan akan memperbesar beban kinerja enjin.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan tarikan Byson yang dapat dilakukan. Selamat mencoba.

Comments»

1. FX. Syuralpha - 22 July 2013

bro, saya pemilik byson juga dan masih asli. belum saya ganti apa pun karena butuh informasi pengalaman seperti yang sudah anda lakukan. nah saran anda apa mengenai rencana perubahan yang ingin saya lakukan terhadap byson saya, seperti :
1. ganti ban menjadi F 110/70 dan R 140/70
2. bobok kenalpot asli byson(exhaust yang muter-muter menyerupai kotak hitam di bawah karbu dicopot dan disambung langsung ke knalpot)
3. pasang Rear disk break ( ada saran merk dan apakah harus ganti pelek bawaan byson?)

thanks bro..itu saja yang hendak ditanya..

semoga dibantu jawabkan..

The Naked Rider - 15 September 2014

Byson saya juga standar dan selama ini tidak ada problem. Tapi memang sudah ada beberapa modifikasi kecil untuk mengantisipasikan beban berat (tubuh 90kg lebih dan ban gambot),
1. Ganti ban 110/70 dan 140/70 sangat bisa di lakukan, sesuai dengan standar FZ di India. Byson saya sekarang 120/70 dan 140/70, tarikannya sangat normal. Kalau memilih ban gunakan merek yang terekomendasi. Sesuai kantong tentunya. Tapi kalau bujet yang jadi kendala, menurut saya IRC seri RX-01 standar Byson sangat layak dan save. Saya tidak berani menyarankan merek yang belum pernah saya pakai. Tapi kalau mau cari merek lain, pastikan bersifat soft compound yang aman digunakan waktu jalan kering maupun basah. Saya pernah pakai produk luar untuk ban belakang yang ternyata hard compound yang hanya cocok untuk jalan kering. Tapi begitu ketemu jalan becek di dekat Cilegon selip berkali2.
2. Exhaust muter2 serupa kotak hitam itu namanya catalytic converter untuk mengurangi polusi yang dihasilkan knalpot. Mestinya kalau dicopot (saya belum pernah lihat dan dengar) tarikan akan lebih yahud. Tapi apakah bunyinya lebih bagus atau tidak saya belum tahu. Saran saya beli knalpot racing dr produsen yang jelas (misalnya Nobi dan R9), lebih aman dan ada garansi power akan naik. Saya sendiri pakai AHRS. Bagus.
3. Ini jawaban yang sangat subyektif ya. Mungkin orang lain tidak setuju. Saya punya 3 kali pengalaman pasang disk brake, pertama pasang disk brake Nissin eks satria lama di Byson. Tapi kok saya kurang puas ya, walaupun pakem tapi mesti diinjak agak keras. yang kedua saya pindah ke Ride-it untuk bebek revo dan ternyata produk yang sangat bagus. kemudian ketiga untuk Scorpio saya tidak ragu lagi pakai Ride-it dan ternyata sangat memuaskan.

Mudah2an membantu

The Naked Rider - 15 September 2014

oya, dalam memasang pakai bengkel yang sudah direkomendasi ama teman yang pernah memakai. Jangan pakai bengkel yang ngaku2, kalau salah ukur dan tidak center/miring masangnya jadi bermasalah

2. ipanase - 7 September 2013

thanks suhu😀

3. andar - 8 September 2013

Bro, mau tanya tentang ukuran PJ dan MJ byson stelah ganti knalpot racing dan CDI racing BRT sebenernya yg ideal brp ya,, yg naik jd 17,5 – 115 atau 42 – 112,, mohon sarannya,,
Thanks

The Naked Rider - 15 September 2014

tanya di bengkel spuyer PJ/MJ scorpio bro

4. Anonymous - 17 November 2013

bro gmna nih biyson ane ber asap

The Naked Rider - 15 September 2014

berasap warnanya apa? kalau hitam normal, setelan bensin terlalu banyak. Kurangi. Caranya nyalakan motor, putar gas sedikit, tahan, putar setelan udara kekanan sampai motornya hampir mati, kemudian putar lagi kekiri kurang lebih 1,5 putaran sampai rpm naik dan hafal tempat dimana rpm berputar paling tinggi. Ini adalah setelan kaya bensin, kemudian putar sedikit kekanan sehingga rpm turun (sedikit saja), ini setelan kaya udara. Udah setop sampai disini. Gas lagi, pastikan raungan mesin normal dan tidak batuk2. Kemudian kembalikan mesin stasioner, cek masih ada asap hitam atau tidak. Kalau masih ada ulangi prosedur diatas tapi setelah mencapai setelan kaya mesin, setel kekanan agak banyakan dari sebelumnya (pakai feeling).

kalau asap putih, berarti stang seher sudah kurang normal atau ada baret di piston sehingga oli mesin di bawah naik keruang bakar dan terbakar. Itu yang menyebabkan asap putih

5. yandri - 30 November 2013

kalau yang punya byson badanya sebesar gaya, berarti tidak boloh pakai byson …kan tambah beban berlebihan.

6. Anonymous - 2 February 2014

stroke up imho adalah memperpanjang langkah piston tujuannya utk memperbesar cc juga sama halnya dengan bore up. jadi menurut saya tidak sama dng menaikkan kompresi walaupun cara dan komponen yang diganti ada yg sama.
thx

7. adet - 14 March 2014

tulisannya ngawur bro. belajar dulu ttg mesin.
struk up itu memanjangkan langkah.ng ada hubungannya ma naikin kompresi

naikin kompresi tu dgn memperkecil volume ruang bakar

pake piston megapro dan tiger cc nya jd 186 cc. megapro ma tiger ukuran pistonya sama

The Naked Rider - 15 September 2014

Saya tidak mengklaim ahli mesin tapi sepengetahuan saya stroke dalam bahasa indonesianya adalah langkah. Jadi kalau stroke up adalah memperpanjang langkah sehingga menaikkan kompresi, baik dengan mengganti stang piston atau mengadopsi piston jenong, sehingga volume cc jadi bertambah sedikit Tapi berbeda dengan bore up. Bore up adalah mengganti piston dengan piston lain yang berdiameter yang lebih besar sehingga volume cc jadi jauh lebih besar. Terima kasih kritikannya, saya jadi terdorong membaca dan bereksperimen lagi.

Anonymous - 17 November 2014

mengganti stang seher tidak akan memperpanjang langkah dan tidak akan menambah CC mesin. silahkan baca-baca lagi

8. Anonymous - 2 July 2014

byson aku bru ganti knlpot racing ja, tarikany udh joz, vixion lama sm cb 150. bs kalah.

The Naked Rider - 15 September 2014

sip. Ganti knalpot racing/free flow yang bagus bisa naikin power sampai dengan 1,5 dk

9. Anonymous - 15 August 2014

klo tarikan nya sering ngmpos trus g bsa di tarik lagi gas nya itu kendala nya apa mas bro…
thnks….

The Naked Rider - 15 September 2014

Mungkin asupan bensin kurang kaya. Periksa saluran bensin, lancar tidak. Kemudian cek kopling, normal tidak. Kalau semua normal, mesti setelan angin di karburator. Tapi kalau engine udah diubah, misalnya sudah aplikasi knalpot freeflow mungkin spuyer PJ/MJ minta naik. Pakai punyanya Scorpio saja.

10. Anonymous - 15 September 2014

Byson sya tarikan x lemah…lari x 120 saja…. itupun msk tertinggl dengan yamaha jupiter mx

The Naked Rider - 15 September 2014

hehehe untuk Byson 120 km/j itu top bro.

11. arif santoso - 16 September 2014

Aslkm pak,

Saya barusan ganti ban menjadi F 110/70 dan R 140/70 dan sudah ganti knalpot R9, yang jadi pertanyaan : Apakah harus ganti gear/sproket utk mendapatkan tambahan power ( top speed ) nya ?

Trim`s
Arif MCSG Gresik

The Naked Rider - 16 September 2014

Saya sudah bereksperimen dengan gonta ganti gear belakang dan gear depan, Ini pengalaman saya. Kondisi mesin Byson saya secara umum standar. Mengganti gear belakang dengan yang lebih besar (42 kepunyaan Vixion) meningkatkan power ditarikan pertama di putaran bawah. Ini cocok bagi bikers yang mementingkan kemampuan mesin ditanjakan atau menyalip kendaraan besar. Tapi kalau ingin menambah speed dengan (sedikit) mengurangi tarikan bawah bisa mengganti gear depan 15 mata (punya Jupiter) dan belakang 42. Kalau belakang diganti dengan 40 menurut saya terlalu banyak tarikan bawah yang dikorbankan.

Tapi setelah evaluasi beberapa lama ternyata Yamaha benar. Yang terbaik adalah aslinya, depan 14 mata, belakang 40. Sekarang gear motor saya kembali ke standar.

arif santoso - 18 September 2014

Terima kasih masukkannya … apakah pengaruhnya terhadap mesin bila memakai gear standar sedangkan ban sudah ganti naik 1🙂

12. The Naked Rider - 18 September 2014

menurut hemat saya dengan velg standar dan ban belakang hanya naik sampai 140/70 tidak berpengaruh karena sesuai dengan standar di India

Al sby - 19 October 2014

suhu…..
ane mau tnya …

klo hanya sekedar ganti CDI tanpa ganti karbu bisa nggak??
apakah bakal mghambat performa mesin???
mohon pencerahanya….

The Naked Rider - 20 October 2014

Bisa. Ganti CDI nya pakai punya BRT atau Rextor yang meningkatkan optimalisasi mesin karena RPM bisa meningkat s/d di atas 10 ribu RPM (diatas limiter RPM bawaan pabrik)

13. Hafid Bahtiar - 13 November 2014

Velg belakang bys0n yang udah ada dudukan cakram nya. Ada g br0. Ltw ada merk apa
Thx

The Naked Rider - 18 November 2014

kurang tahu bro. Kalau byson saya pakai adaptor cakram, jadi pakai velg yang bawaan byson aja.

14. iimvixby - 21 December 2014

Ban maksimal untuk velg standart byson berapa ya? Depan ga mentok spakbor, belakang ga mepet arm

The Naked Rider - 5 January 2015

Untuk depan saya pernah memakai 120/60 dan 110/70. Untuk belakang maksimum yang saya pernah pakai 140/70 masih ada space. Perkiraan saya masih bisa pakai 150/60 tanpa mentok. Tapi mungkin ban agak membulat dan daya pijak ban sudah kurang save.

15. fernandes - 5 January 2015

Gannn byson klo pke knalpot akrapovic
tarikan nya bisa lebihh ga ya??

The Naked Rider - 5 January 2015

Pasti lebih bagus tarikannya. Paling nanti minta naik PJ/MJ satu step pakai punya Scorpio. Tapi bensin jadi lebih boros.

16. lutfie - 16 April 2015

Kang kalo harga r9 sama karbu samaCDI yg bagus supaya kenceng tarikan nya berapa ya kira kira .soal nya mtr saya tarikan nya pelan .tolong saran nya
Mkasih

17. denelyant - 9 February 2016

kang,,byson sy sempet pke velg jari2 tp knp y speedometre ny jd g jln..nol trus saat d kendarai,,ap mmang g da yg co2k velg jari2 di motor byson,,,d tunggu solusiny kang

18. Anonymous - 29 February 2016

bro, byson saya udah pake karbu pe 28 tapi lumayan boros, harus di apainlagi ya biar gak boros, apa harus nokn as’a di bubut biar pembakaran’a stabil, apa harus di gimanaain lgya biar stabil pembakarannya,

The Naked Rider - 29 February 2016

Sebelum saya membahasnya perlu dicamkan bahwa dalam modifikasi enjin, semakin besar power yang dihasilkan berbanding lurus dengan konsumsi BBM.

Kelebihan karburator vacum bawaan Byson adalah bensin hanya dikucurkan bila terjadi kevacuman membran karena ruang bakar membutuhkan semprotan kabut bensin. Sementara karburator skep konvensional (misalnya PE28) menyemprotkan kabut bensin setiap kali gas ditarik. Artinya karbu vacum lebih efisien dan lebih irit. Karbu skep boros. Namun banyak biker kurang suka karbu vacum dan lebih suka karbu skep karena lebih spontan (bensin disemprotkan setiap kali gas ditarik). Kesimpulan: karbu skep menyebabkan motor lebih boros.

Mengubah kem (camshaft/noken as)adalah mengubah timing pengapian. Kalau dilakukan oleh ahli bubut yang pengalaman bisa membuat irit BBM tanpa mengorbankan napas tarikan per persnelling. Kalau kurang presisi bubutannya klep jadi brisik dan tarikan tidak berubah banyak. Disamping itu pengalaman saya efeknya motor susah start diengkol (kick starter). Berat dan keras. Jadi jaga agar aki tetap fit sehingga mudah distarter pakai elektrik starter. Pengubahan kem ini pengalaman saya memang bisa mengirit bensin sampai dengan 5-10%. tergantung napsu tarik gas.

Cara mengirit lainnya sudah pernah saya bahas dalam blog saya:
1. Mengubah gaya berkendara. Tahan impuls utk menarik gas sekeras2nya. Jaga rpm sekitar 2000 sd 3000 rpm dengan mengatur/ubah persneling.
2. Hindari knalpot free flow (ini susah, karena ngapain ganti PE 28 kalau gak pakai free flow)
3. Polish port ruang bakar (porting polish, lihat artikel di blog saya sebelumnya).
4. Kalau enjin sudah diubah (terutama bila kompresi sudah ditambah) gunakan bensin oktan tinggi. Bensin oktan rendah mudah terbakar sehingga cepat habis (boros).

4. Atur setelan udara di karbu. Banyakin udara dibandingkan bensin (istilah perbengkelannya adalah setelan kering)

Tapi ya itu…..irit BBM artinya powernya akan melorot lagi.

19. andi - 7 May 2016

Byson ane smua standar. Ane cuma mendekin manipol… ganti filter pkek filter alfamarket sama ganti gear size 44/15T alhasil akselerasi atas bawah juuuoooozzzzz buanget. Bbm ttp uuiiiiiiriiit rit rit riiiiiitt.

sig A kelompok 10 - 24 July 2016

Kalo byson di ganti cdi sma koil efek jangka panjangnya ngerusak mesinnya apa gak om? Trs saran kalo mau ningkatin performa byson yg aman yg bkin mesin tetep awet itu yg kyk gimna om?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: