jump to navigation

Seberapa Perlu Engine Cover Untuk Yamaha Byson 17 May 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Engine cover yang penulis maksudkan adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada penutup mesin.  Kadang-kadang ada juga yang lebih suka menyebutkannya dengan engine guard walaupun kurang tepat sebenarnya. Maksudnya adalah bagian dari fairing motor yang menutupi bagian bawah mesin yang biasanya terbuat dari plastik, fiber glass atau carbon fiber.

IMG01982-20130324-1616

Sekarang balik ke pertanyaan diatas. Perlu gak Byson menyandang engine cover. Menurut penulis, engine cover diperlukan oleh setiap motor Byson dengan alasan sebagai berikut.

Pertama, adalah alasan performance. Engine cover adalah asesoris yang bertujuan membuang arus angin ke samping dan kebawah dan mengurangi tahanan aerodinamis ketika motor dipacu dalam kecepatan tinggi. Efeknya, motor bisa dipacu dan mencapai kecepatannya tertinggi. Ini cocok untuk mengurangi tahanan angin dan membantu Byson mencapai kecepatan optimum.

Kedua, alasan keindahan. Berbeda dengan badannya yang bongsor, Byson hanya dilengkapi enjin sebesar 150cc yang menyebabkan banyaknya ruang yang tersisa di bawah kebongsoran bodynya. Ruang mesinnya kelihatan sangat kosong sehingga penambahan engine cover akan membuat enjinnya kelihatan kekar dan cakep. Membentuk ilusi bahwa ini adalah motor besar.

Ketiga alasan keselamatan. Tahu sendiri bagaimana kondisi jalan di negeri kita  ini. Penuh gelombang dan lubang dimana mana. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran oli mesin yang kemudian dapat menetes ke jalan dan membuat jalan jadi licin. Jalan yang licin sangat membahayakan pengendara motor lainnya. Apalagi bila jalan tersebut agak menikung. Engine cover dapat menampung dan menahan sementara agar oli tidak berceceran di jalan.

Oleh karenanya saya sangat menyarankan agar perlengkapi Byson masbro sekalian dengan engine cover. Tersedia berbagai model di toko toko asesoris besar, dari yang paling murah sampai yang mahal.

Comments»

1. bandit7suzuki - 18 May 2013

sip mantep om, tp mesin jd panas, kan sohc tanpa water cooled soalnya
beda ma nvl, jngnkan engine cover, ketutup full fairing jg ga mslh.
hehe tp keren koq om.
shock dpn ganti usd wuih jozz
wkwkwk

The Naked Rider - 22 May 2013

hehehe saya jadi kepikiran juga. Apa bener jadi tambah panas

2. zaki - 22 May 2013

aero dinamis ? justru malah tekanan angin makin besar karena seharusnya kosong malah di isi
egine panas itu sangat jelas
cakep ? belum tentu, karena semua dilihat dari keseluruhan, matcing atau enggak, yang ada malah norak dan lebay
terahir mesin kotornya gak langsung, tapi justru jarang dibersihkan sampai sela2, ketika beso dicopot mesin kotornya jadi “permanen”

3. The Naked Rider - 22 May 2013

sebenarnya cover engine itu diciptakan untuk aerodinamis sehingga kalau disainnya malahan tahanan angin semakin besar, berarti rancangannya yang kurang sempurna.

Masalah hasilnya jadi cakep, lebay atau gak matching itu masalah selera. Dan kalau soal selera, semua orang punya selera masing2 dan semuanya benar. Contoh (agak diluar konteks) saya pernah lihat tiger, scorpio dan nmp pakai lampu byson. Menurut saya jelek dan gak matching. Tapi kalau yang punya motornya senang kan gak bisa disalahin dan itu adalah bagian dari kreatifitas dia yang mesti dihargain.

Kalau soal panas, bisa ya bisa tidak. Jika disain memungkinkan panas keluar (udara panas cenderung naik keatas) dan tidak tertutup menurut pendapat saya tidak mempengaruhi panas engine.

Masalah kotor. Saya setuju dan memang gak kepikiran tentang hal itu waktu menulis artikel ini. Mestinya saya juga bahas hal-hal negatif yang mungkin bisa timbul bila memasang cover engine.

Thanks bro Zaki atas masukannya. Salam.

4. raditya - 27 July 2013

mengurangi cipratan😀

5. Rangga Irawan - 18 August 2013

Ia lumayan ngurangin cepretan pas lewat genangan air. coz klo ga pakai engine cover nyiprat nya ampe paha ane neh “kebo”. klo masalah kotoran, itu emang paling ga msti d bongkar pas nyuci, ane mang lebih suka mandiin neh kebo sendiri ketimbang ke steam motor yg cuma asal semprot doang, alhasil neh “kebo” bisa bersih bersinar (ala ala iklan sunlight)!! Hehehehe

6. Rak Tas Gantung - 27 November 2015

Hello, I think your blog might be having browser compatibility issues.

When I look at your blog site in Firefox, it looks fine but when opening
in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you
a quick heads up! Other then that, terrific blog!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: