jump to navigation

Yamaha Akan Membuat Motor Termurah Di Dunia 15 May 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Demi mengurangi tekanan terhadap APBN 20113 dengan mengurangi subsidi BBM yang secara teoritis akan meroket menjadi mendekati Rp. 300 triliun bila tidak dikendalikan, mau tidak mau kita harus menerima kenyataan bahwa BBM harus naik dan daya beli masyarakat akan menurun, sementara harga-harga barang kebutuhan akan melonjak naik.

Sejalan dengan semakin tidak terjangkaunya biaya transpor bagi rakyat kecil saat ini, sebenarnya motor merupakan salah satu pilihan utama masyarakat kecil untuk ‘mengirit’ biaya transportnya. Namun sayangnya harga motor makin lama semakin mahal dan kian tak terjangkau. Apalagi dengan turunnya kebijakan Bank Indonesia yang menaikkan nilai uang muka jika ingin membeli motor secara kredit. Harga motor kian tak terjangkau bagi rakyat kecil. Saat ini motor termurah berada pada kelas bebek dan skutik yang berkisar antara 12-13 juta yang bagi rakyat kecil tetap saja sangat mahal.

Sekitar 10 tahun yang lalu memang kita pernah dibanjiri motor yang murah, motor yang kemudian disebut dengan mocin, atau motor china. Namun rendahnya pengendalian mutu saat diproduksi membuat motor ini tak tahan lama dan sama sekali tidak dapat diandalkan, sehingga kini mocin diasosiasikan sebagai motor yang bermutu rendah. Mocin kehilangan peminat.

Namun kebutuhan akan motor murah namun bermutu tinggi masih sangat dibutuhkan saat ini. Sampai saat ini belum terlihat upaya nyata produsen motor di Indonesia untuk mulai memikirkan bagaimana agar harga motor dapat ditekan sehingga dapat terjangkau oleh berbagai kalangan.

Tapi di India beda bro.

India telah lama mengembangkan motor murah yang diharapkan dapat dijangkau oleh masyarakat miskin negara itu. Saat ini motor termurah di India adalah CD Dawn buatan Hero MotoCorp seharga Rs 34.500 (senilai USD 630 atau sekitar Rp 6 juta).

Namun terbetik kabar bahwa Yamaha India saat ini sedang mengembangkan motor yang lebih murah lagi. Motor ini akan menjadi motor termurah di dunia. Harganya diperkirakan hanya sekitar USD 500. Tak sampai Rp 5 juta.

Hiroyuki Suzuki, CEO India Yamaha Motor mengatakan bahwa motor ini sengaja dikembangkan di India karena India memiliki kelebihan yakni biaya produksi yang sangat murah sehingga harga jualnya akan murah pula. Targetnya kami adalah mengembangkan motor termurah dengan harga sekitar USD500 untuk pasar India dan pasar ekspor, ujar Toshikazu Kobayashi, manajer senior riset dan pengembangan Yamaha.

Selanjutnya Suzuki mengatakan bahwa produk yang digunakan sebagai benchmark adalah Yamaha YBR 110 dan Crux, namun dengan harga yang jauh lebih murah untuk menyasar segmen bawah seperti di Afrika. “Saya yakin motor semacam ini akan sangat digemari di Afrika dan juga di India,” tandas Suzuki, dengan penuh percaya diri.

Yamaha Crux, basis motor murah Yamaha
yamaha-crux_560x420
Oleh karena itu nantinya motor ini selain dijual di India dan kemudian akan diekspor ke Afrika, Amerika Selatan, dan China.

Para pengamat menilai bahwa ini adalah upaya Yamaha untuk menyasar target pasar para pekerja komuter (pekerja yang tinggal dipinggir/luar kota namun bekerja dipusat kota-kota besar) pengguna motor yang kian mementingkan harga yang ekonomis daripada penampilan dan kinerja enjin.

Mari kita lihat saja apakah motor ini benar-benar diproduksi dan siapa tahu kelak akan dimasukkan ke dalam jajaran produksi Yamaha Indonesia agar masyarakat bawah mempunyai lebih banyak pilihan dalam membeli sepeda motor yang walau murah namun bermutu tinggi.

Comments»

1. bandit7suzuki - 17 May 2013

katanya yamaha ga minat brojolin motor murah om, gengsi kali, malah mw lounching r15 ato yzf250 tuh, motor premium smua.
orng sini aneh c om, kalo terlalu murah dibilang motor cina kualitas meragukan bla.. bla.. bla
kalo trlalu mahal overpret, ga value for money, ga ini itu dll jd segmented dah.

The Naked Rider - 17 May 2013

hehe perlu diketahui di daerah2, di kampung2 terutama luar jawa, di perkebunan2, mocin itu laku sekali. Karena murahnya. Dipakai untuk angkut macam2 atau heavy duty. Sekarang pasar itu masih terbuka lebar karena mocin sudah habis (kayaknya, CMIIW). Ini kesempatan bagi siapa saja. Suzuki, Honda atau siapa saja untuk masuk.

Kawasaki aja ada produk murah untuk motor heavy duty (namanya Kawasaki Barako II) kubikasi 175 cc yang modelnya mirip Binter Merzy tapi dengan jok yang lebih panjang (untuk boncengan plus barang) yang sok breker belakang aja ada 4 biji. Kalau KMI mau masukin ke Indonesia, pasti laku di daerah. Motor ini kekar sekali dan bisa dijejali macam macam barang.

2. bandit7suzuki - 18 May 2013

mksd juragan mocin yg ada bak belakang mcm karya ato viar itu ya?
hmm disini jg sering liat om wlau gak bnyk amat, yg matic jg ada lho haha bru tau ane.
btw artikel juragan bgus2 lho, ane ja ngikutin terus. tp koq sepi ya gak kyk sbelah

The Naked Rider - 22 May 2013

Bukan yang itu. Kalau yang Viar itu kayaknya cukup laku dan imagenya cukup bagus. Maksud saya mocin bebek murah yang mereknya Jialing dan yang macem2 itu, yang sekarang sudah gak ada lagi. Bebek kan bisa jadi motor serbaguna. ALangkah bagus nya kalau kalangan daerah bisa dapet motor bebek atau motor batangan yang bagus dan bermutu tapi harganya murah.

Trims bro pujiannya.

3. ipanase - 7 September 2013

katanya ga minat kalau di indoensia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: