jump to navigation

Kawasaki Ninja 300 14 May 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Sejak kemunculannya beberapa tahun yang lalu Kawasaki Ninja telah mengukir prestasi dan gengsi nya sebagai motor yang memiliki power yang besar, handling yang mudah namun dengan biaya perawatan yang relatif tidak mahal. Motor ini telah melahirkan segmen penggemar khusus yang fanatik yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan pengguna motor-motor lain.

Pada saat ini di Indonesia hanya tersedia 3 varian Ninja, yakni Ninja 150, 250 dan 650 dimana varian 150 dan 250 memiliki penggemar terbanyak dan (mengingat harganya) Ninja 650 mempunyai penggemar yang sangat sangat segmented.

Namun sebenarnya ada satu varian lagi yaitu Ninja 300 yang sebenarnya bisa menjembatani pemotor yang ingin ‘naik kelas’ dari 150 cc atau 250 cc namun tidak menginginkan motor yang lebih besar dengan tingkat kesulitan handling yang relatif tinggi.

Sebenarnya penulis tidak mengetahui adakah produsen besar dunia lain yang membuat produk dengan kubikasi yang sangat spesial ini, 300 cc. Pada umumnya mereka hanya membuat kubikasi 250 cc dan 400 cc, sehingga dengan memproduksi sepedamotor berkubikasi 300 cc, Kawasaki seolah ingin membuktikan ‘kegilaan’ mereka dalam menabrak tradisi dengan menyatakan bahwa power besar tidak serta merta membutuhkan enjin yang besar pula.

Lihatlah motor cantik ini. Di India motor ini dijual dengan harga sekitar Rp. 63 juta. Dengan dimensi dan model yang nyaris identik dengan Ninja 250, motor ini mampu menyemburkan tenaga sampai dengan 39 PS pada putaran enjin 11.000 rpm dan torsi 29Nm pada 10.000 rpm yang membuat sepeda motor ini mampu berlari secepat setan begitu gasnya dipelintir.

Kawasaki Ninja 300

kawasaki-ninja-300r

Pasti seru bila KMI memasukkan motor ini ke Indonesia menyusul Pulsar 200NS.

Perbandingan antara Kawasaki Ninja 250 dan 350

Tipe mesin

4 langkah/Tak, Pendingin Air, Dua Buah Sejajar

4 langkah/Tak, Pendingin Air, Dua Buah Sejajar

Isi silinder

249 cm3

296 cm3

Diameter x Langkah

62.0 x 41.2 mm

62 x 49 mm

Perbandingan kompresi

11.3 : 1

10.6 : 1

Daya maksimum

32 PS / 11.000 rpm

39 PS / 11.000 rpm

Torsi maksimum

21.0 Nm /10.000 rpm

29.0 Nm /10.000 rpm

Sistem starter

Electric Starter

Electric Starter

Katup Sistem

DOHC, 8 valves

DOHC, 8 valves

Pengapian

Digital

TCBI digital

Sistem bahan bakar

Fuel Injection System ( 28 mm x 2 ) dengan katup Throttle Ganda

Fuel Injection System ( 32 mm x 2 ) dengan katup Throttle Ganda

Tipe Transmisi

6-speed, return shift

6-speed, return shift

Tipe rangka

tube diamond, steel

Semi-double cradle, high-tensile steel

Suspensi depan

37 mm telescopic fork

37 mm telescopic fork

Suspensi belakang

Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan

Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan

Ban depan

110/70-17 M/C (54S)

110/70-17 M/C (54S)

Ban belakang

140/70-17 M/C (66S)

140/70-17 M/C (66S)

Rem depan

tunggal disc berdiameter 290 mm dengan kaliper dual-piston

tunggal disc berdiameter 290 mm dengan kaliper dual-piston

Rem belakang

tunggal disc berdiameter 220 mm dengan kaliper dual-piston

tunggal disc berdiameter 220 mm dengan kaliper dual-piston

Panjang x Lebar x Tinggi

2.010 x 715 x 1.110 mm

 

2.014 x 714  x 1.111 mm

Kapasitas Bahan Bakar

17 liter

17 liter

Berat Kosong

172 kg

172 kg

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: