jump to navigation

Legenda Honda Super Cub, Legenda Honda Bebek. 10 April 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Sewaktu perhelatan otomotif kaki lima (Parjo 2) yang lalu, mata penulis terserobok dengan Honda Super Cub warna merah 70 cc tahun 1968. Bebek jaman dulu. Ini motor yang sangat legend, yang pada suatu waktu merajai setiap jalan raya di seluruh Indonesia.

The Legend, Honda Super Cub C70 (lokasi: parjo 2)

IMG02034-20130407-1414

Penulis terkenang puluhan tahun yang lalu ketika dulu ortu penulis membeli satu unit Honda Super Cub C50 warna hijau. Motor ini memiliki teknologi yang cukup canggih pada waktu itu yaitu berupa kopling otomatis, sehingga motor ini disukai oleh keluarga karena bisa dipakai oleh siapa saja. Motor ini juga memiliki semacam pelindung agar pengendara perempuan yang mengenakan rok tidak khawatir is roknya di intip laki-laki iseng. Pelindung ini juga mengamankan celana dari cipratan air di musim hujan.

Dari segi penampilan, motor ini memiliki banyak bagian yang terbuat dari plastik yang sayangnya terkesan murah. Misalnya spatbor depan, pelindung (cub) dan tempat peralatan di kiri kanan motor.

Honda Super Cub inilah oleh masyarakat disebut dengan istilah ‘honda bebek’. Sekarang istilah  ‘bebek’  merujuk kepada setiap varian motor underbone (mesin mendatar menggantung di bawah tubing chasis).

Honda Super Cub C 50

bebek 50

Honda Super  Cub ini merupakan salah satu produk Honda yang sangat legendaris dan telah diproduksi lebih dari 60 juta unit di seluruh dunia sejak tahun 1958 yang menjadikannya sebagai motor yang paling banyak diproduksi di seluruh dunia. Pada tahun 2006, saluran Discovery Channel membuat suatu seri acara berjudul The Greatest Ever yang menempatkan Honda Super Cub C50 (49cc) buatan 1958 di posisi nomor satu.

Indonesia mulai mengenal Honda Cub (kemudian berubah menjadi Super Cub pada tahun 70-an)  pada tahun 60-an dengan produksi Honda Cub C50. Pada tahun 1971, Honda Astra Motor mengeluarkan produknya yang paling laku, Honda Super Cub C70 kubikasi 70cc.

Pada pertengahan tahun 70-an Astra Honda mengeluarkan Honda Super Cub baru dengan inovasi yang sedikit berbeda dengan edisi sebelumnya. Setangnya dirancang menekuk ke atas. Di bawah setang sebelah kiri dipasang speaker kecil yang mengeluarkan bunyai ‘tittt titt’ jika lampu sein dinyalakan. Kegunaannya adalah agar pengendara tidak kelupaan mematikan lampu sein. Namun inovasi ini kemudian dihilangkan pada Honda Cub produksi berikutnya karena dianggap mengganggu.

Penulis sendiri pada paruh akhir tahun 70-an tersebut sempat dibelikan ortu Honda Super Cub 70cc edisi tanpa speaker yang menemani keluarga penulis sampai dengan tahun 1981. Pada akhir tahun 70-an atau awal tahun 80-an, Honda Super Cub meningkatkan cc nya menjadi 80 cc (C80) yang kemudian berevolusi menjadi Honda Cub 100 cc (C100) di tahun 80-an. Pada produksi tahun 80-an tersebut dan tahun-tahun selanjutnya Honda Astra meninggalkan sebutan Cub atau Super Cub dan selanjutnya hanya menggunakan istilah ‘bebek’ saja yang kemudian dikasih nama, misalnya Astrea, Supra, Revo, Kharisma dan sebagainya.

Comments»

1. Honda Cross Cub 110 | The Naked Rider - 18 June 2014

[…] Untuk kendaraan roda-2, VW kodoknya motor adalah Honda Cub yang super legend. Semenjak diproduksi pada tahun 1958 sampai dengan 31 Desember 2005 angka penjualannya di seluruh dunia jauuuuuh melebihi VW kodok, bukan 30 juta, bukan pula 40 juta namun 50 juta unit sepeda motor. Karena motor ini masih terus diproduksi dan dijual, bukannya tidak mungkin pada saat ini penjualannya sudah melebihi 60 juta unit sepeda motor. Lihat tulisan ini. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: