jump to navigation

Starter Byson Mati (bagian 2) 29 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: ,
trackback

Hari ini bro Akim, montir langganan libur. Tapi Yamaha tidak. Jadi penulis membawa si Byson ke beres Yamaha depan stasiun Bekasi. Hari senin yang lalu penulis sudah pesan kabel switch yang tempo hari rusak. Katanya butuh 3 hari (lihat bagian 1). Itu kemarin, jadi hari ini kabelnya mesti ada.

Betul, kabelnya sudah ada dan langsung dipasang.

Byson distart. Diam. Distart lagi. Diam. Montir yang satu bilang. Kayaknya dinamo starternya pak. Harus dibongkar. Cilaka!

Tapi memang pengalaman memang segalanya, memungkinkan banyak referensi semua situasi motor. Montirnya yang berpengalaman dan sudah setengah baya yang satu lagi bilang,  oh, switch starternya kotor pak. Lalu dengan cepat ia membuka panel starter elektrik di dekat plintiran gas. Murnya ada di bawah. Dibuka kemudian disemprot dengan cairan pembersih kalengan beberapa kali. Trus panel itu ditutup lagi, kemudian distart. Bruuuuuuummmmmmmmmmmm. Nyala. Alhamdulillah.

switch starter

Sekarang Byson penulis sudah sehat lagi.

Jadi mazbro fans motor naked sekalian, next time motor anda tidak bisa distarter, coba cek dan bersihkan switch starternya dulu. Akumulasi air, panas, udara dan debu mungkin membuat konektornya kotor sehingga menuntut untuk dibersihkan.

Pelajaran hari ini (jadi sok wise hehehe):

  1. Kebijaksanaan adalah segalanya. Jangan terburu nafsu bila menghadapi masalah. Amati masalah dan gunakan pengalaman sebagai sumber referensi yang terpercaya dalam menghadapi segala situasi. Seperti montir setengah baya yang semula diam saja mengamati situasi namun kemudian bisa memberikan solusi bagi penyelesaian masalah. Mungkin dari pertama Byson penulis bermasalah hanya karena switch starter yang kotor saja. Tapi keterburu-buruan dan ketidak tahuan malahan membuat kita melakukan tindakan trial-error yang kemudian menjauh dari sumber penyelesaian masalah. Kabel yang (mungkin) semula tidak rusak jadi rusak. Hiks.
  2. Bengkel resmi (beres) menyediakan montir yang terlatih dan berpengalaman. Kadang-kadang kita lebih percaya kepada bengkel non-resmi karena berbagai faktor, misalnya pertemanan dan kepercayaan. Namun seringkali mereka merupakan montir otodidak yang belajar melalui trial and error yang seringkali memiliki keterbatasan pengetahuan. Menurut saya kalau dalam satu kunjungan ke bengkel, masalah motor kita tidak selesai, segera ke bengkel resmi. Mereka lebih reliabel

Kembali ke bagian 1

Comments»

1. syam - 2 April 2013

sip

2. The Naked Rider - 2 April 2013

Thanks bro

3. LEO - 10 June 2014

mas mau nanya byson klo mau distart bunyi cetak cetek..kira2 apanya yah.aki dah diganti baru.

The Naked Rider - 13 June 2014

sebelumnya saya mau tanya dulu dimana bunyi ceteknya. sebelum starter ditekan atau sesudahnya?

The Naked Rider - 13 June 2014

kalau persis pada saat di start bunyi cetek padahal aki baru kemungkinannya ada yang gak bener di kabel starter atau di starternya. Mungkin ada yang kotor.

kemungkinan lain aki tekor karena adanya tambahan perlengkapan lain misalnya klakson tidak standar, lampu ekstra, sirine atau perlengkapan elektronik lain

4. Starter Byson Mati (bagian 1) | The Naked Rider - 16 June 2014

[…] Bersambung ke bagian 2 […]

5. JUy - 29 January 2015

Gan Btw Di persihkan nya Pake Cairan apa itu Gan ????

The Naked Rider - 30 January 2015

kayaknya semacam WD40

6. sugeng - 22 April 2015

gan.. klw byson ane skrng ini pas kontak di posisi ON itu spedometer lampunya mati dan pastinya gabisa distarter..
klw pake kick starter bisa nyala…tp head lamp nya ngedip gan…itu kenapa ya?

mahendra adiputra - 30 July 2016

Motorlu minta diganti
Ckckck

7. mudaforever - 5 June 2015

Motor Byson saya waktu dikecapatan tinggi terus pelanin karna masuk tikungan,keramayan,dan lain lain tapi pas ngegas lagi kok gak nangkap gas nya dan tidak jarang mati terus susah hidup!

MeName Taboove - 14 May 2016

itu masalah di karbu gan, silahkan cari di google thread nya mengenai karbu byson suka mati, jgn heran.. bagi pengguna byson memang itu salah satu kendalanya pd beberapa rider pengguna byson.. dan itu memang salah satu kelemahannya meski tidak semua mengalami.. tapi rata2.. hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: