jump to navigation

Mungkinkah Mencangkokkan mesin 250cc ke Yamaha Byson? 28 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Menurut penulis ratusan ribu pengguna Byson mengakui bahwa untuk ukuran bodynya yang bongsor, Byson agaknya memiliki enjin yang kekecilan. Ketika para pesaingnya berbobot sekitar 126 kg (NMP, NVL dan CBSF) Byson dengan percaya diri memanggul body 10 kg lebih berat.  Hal ini langsung terasa dari beratnya beban enjin yang hanya 150cc untuk mengikuti semua maunya biker Byson. Namun Yamaha bukannya tidak menyadari hal tersebut. Makanya mereka merancang struktur enjin yang imbang antara bore dan strokenya dengan kompresi tidak terlalu tinggi agar power mesin merata baik di putaran bawah, menengah atau putaran tinggi.

Namun kayaknya sudah saatnya diakui bahwa alangkah baiknya enjin Byson ditingkatkan 1 atau 2 tingkat lebih tinggi dengan menaikkannya ke 200cc atau ke 250cc agar sepadan dengan posturnya.

Sampai saat ini belum ada tanda-tandanya bahwa YMI akan mengeluarkan Byson 250cc. Namun itu gak berarti penggemar fanatik Byson yang desperate hanya bisa nunggu saja. Bagaimana kalau cangkokkan saja enjin 250cc di motor anda? Seperti yang dilakukan oleh salah seorang mas bro dari India?

Di India Byson dikenal juga dengan Yamaha FZ16 atau FZS. Tersebutlah seorang biker bernama Sanjay Chadha  (@Lavs) yang membuat satu thread di forum diskusi automotif Team-BHP.com.

Dengan berani bro Sanjay membeli motor FZ16 kinyis kinyis, lalu mengimport enjin motor baru dari China dan sendirian membongkar enjin FZ nya dan menggantinya dengan enjin 250cc tersebut. Enjin baru tersebut merupakan enjin model DB170MM buatan Lifan Group yang dirancang untuk Dongben Motorcycle, sebuah enjin versi China dari Honda MD21E yang biasanya digunakan untuk Honda AX-1 dan NX250.

Proses swap enjin ini sangat sulit dan menghabiskan waktu 6 bulan. Enjin baru itu tidak serta merta bisa didudukkan pada chassis FZnya karena memiliki engine mounting yang tidak simetris dengan dudukan mesin sehingga perlu diakali.

Karena enjinnya diubah, penggeraknya harus diubah pula. Rantai yang lama dibuang dan diganti dengan rantai baru yang lebih besar namun dengan sprocket gear yang lebih kecil (14/39) kepunyaan Bajaj Avenger, motor cruiser berkubikasi 220cc. Lihat hasilnya. Sangat keren.

Kini motornya memiliki 6-kecepatan, enjin 250cc, 4 katub, DOHC, radiator air, dengan pengabut karbu 34mm (aslinya Mikuni BS26mm) mampu mendongkrak power hingga 25PS dgn torsi 21.5 nm. Ajib bener dah.

Terlepas dari posisi radiator yang agak maksa (karena tempat terbatas), Bro Sanjay hebat bener, motornya jadi tambah gagah dan beautiful.

Namun bro Sanjay, ada beberapa hal yang mesti diperhatiin. Pertama kualitas. Kita tahu bahwa kualitas dan reliabilitas enjin motor dari China kurang terjamin. Buktinya banyak merek motor China di Indonesia rontok seperti bunga jambu di musim hujan karena ini. Kedua, Besar kemungkinan kalau motor anda butuh ganti parts (kemungkinan segera !! karena kualitas tadi) maka anda akan manyun nyari. Atau mudah2 an bisa dibuat sendiri. Pasti mekanik di India sama jagonya dengan mekanik/tukang bubut di marih yang jago bikin parts.

Nah, mungkin setelah melihat hasil kerjanya bro Sanjay ini, ada kawan-kawan Bysoners yang tergerak melakukan hal yang sama? Monggo.

Byson 250a

Byson 250b

Byson 250c

Comments»

1. syam - 2 April 2013

ngeri 25 ps.

ane mo bore up g jd bro.coz kata bengkel langganan klu mtr udh di boreup pasti banyak kendalanya.
menurut sampean gmn bro.?

The Naked Rider - 2 April 2013

Ya gitu deh. Mendingan optimalkan saja dengan apa yang ada. Ganti knalpot free flow, ganti cdi BRT, porting polish dan ganti PE28. Yang penting awet motornya.

2. Anonymous - 23 May 2013

Kalo di kita (indonesia) kenapa ga kita swap pake mesin scorpio z….hmmmmmmm….bisa ga yah….

3. Ariq Rifki Aziz - 19 October 2013

pake piston tiger ajadah bro, 250 kegedan kali yaa?? hahaa

4. keselmesinbysonkecil - 8 January 2014

ganti koil, pake busi iridium,pake koil booster,pake accu utk moge,pake stabiliser strum accu,dijamin ngacir cir

5. ekobleduk - 18 July 2014

bisakah bro bson pake enjin tander250


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: