jump to navigation

Calon Pengganti Honda Tiger Baru 26 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Tak terasa Honda Tiger telah malang melintang selama 2 dasa warsa di jalan-jalan Indonesia. Model Super Cruiser yang elegan, dengan cepat merebut hati ratusan ribu bikers dan kemudian diikuti oleh model Revo Cruiser yang lebih gambot. Setiap akhir pekan pada jalanan arah luar kota dengan mudah kita menemukan komunitas pencinta Honda Tiger berseliweran.

Tapi agaknya masa-masa keemasan sang macan sudah kian meredup. Angka penjualannya tidak mencapai 3000 unit perbulan, jauh menurun. Bandingkan dengan sang adik Honda Verza yang dengan mudah menggapai angka 11 ribu unit, atau Streetfire, 12000 unit. Tiger Revo telah berusia 6 tahun. Sudah saatnya diganti memang. Tapi kapankah?

Banyak blogger yang telah mendapatkan ‘bocoran halus’ bahwa Tiger baru akan dikeluarkan tahun depan. Tapi model yang mana?

Menurut penulis Honda tidak akan mengubah kubikasi dan segmen Honda Tiger baru. Apakah Tiger akan naik ke kelas 250cc seperti spekulasi beberapa blogger? Sepertinya sih tidak. Jika Tiger naik ke kelas 250cc akan terjadi kekosongan direntang 150cc dan 250cc yang mungkin akan segera dilahap oleh pesaingnya, Yamaha Scorpio.

Oleh karenanya ia akan tetap berkubikasi 200cc dan berada di segmen Medium-end sehingga dapat dilempar kepasar dengan harga psikologis sekitar Rp 25-27 juta. Oleh karenanya jangan paksa agar motor ini meloncat kelas dengan menjejalinya dengan mesin berkompresi tinggi khas motor segmen Premium dan menggendong radiator air. Tapi Tiger baru harus menganut pengabutan injeksi untuk menjamin konsumsi bbm yang cakep.

Bila beberapa blog menjagokan bahwa Tiger baru akan merupakan penjelmaan dari Honda CB300 atau (moge) Honda NC700, maka penulis lebih suka jika Tiger yang baru diambil dengan platform Honda Trigger, si pelatuk.

Menurut penulis motor ini mengandung semua nuansa dan karakteristik Honda Tiger, lekukan yang kaku yang mencerminkan kejantanan dan bukan kelenjehean, mampu berlari kencang namun relatif irit. Instrumen pengendalian kecepatan dan performa mesin semuanya digital. Motor ini telah dilengkapi  CBS (combi braking system=interlocking roda depan dan belakang dimana pengereman simultan roda depan dan belakang dapat dilakukan hanya dari pedal rem kaki) yang membuat pengereman semakin enteng namun pakem.

Aslinya Trigger berkubikasi 150cc (13.8bhp). Tentu saja bukan Tiger namanya bila kubikasinya hanya 150cc. Oleh karenanya Honda harus tetap menjejalkannya dengan mesin 200cc yang harus mampu menyemburkan tenaga  lebih dari 17PS. Tiger harus lebih kuat daripada Streetfire yang lenjeh. Demi kegagahan kaki belakangnya harus muat dijejali ban setidaknya berukuran 140/70. Namun demi keindahan mohon Honda membuang jauh-jauh velg CW 3 jari Honda Tiger Revo yang mengerikan itu dan menggantinya dengan alloy CW 6 jari yang cantik dan seimbang.

Ini dia sosoknya

Trigger150

Intrumen pengendalian yang full digital

Spidometer Trigger

Alloy wheel dengan single disc brake

Alloy Trigger

Comments»

1. Protector - 27 May 2013

Nanggung kelas 300.,setidaknya di bikin 400cc bisa berkompetitor sama Suzuki Bandit 400cc,Honda CB400cc( rame penjualan di Singapore).

2. didot88 - 3 June 2013

tiger emang motor yg selalu di tggu2….. cb ahm lebih ngerti konsumen ttg tiger pasti tiger sdh berjaya…

3. Anonymous - 23 July 2013

tiger perlu di rawat namanya.. sbgai brand legend sport honda..

4. abdul - 3 August 2013

gan ane mau nanya karbu yang cocok untuk tiger apa ya ..
thank ..

yudie - 7 September 2013

Pake karbu tiger, bro… dr pabrik dah dihitung sama engineernya. Hehehehe. Serius, karbu standar paling enak. Tinggal mainin PJ/MJ. Kalo dibutuhkan, bisa di-reamer sekalian.

5. ipanase - 7 September 2013

waduh

6. dianalfa - 23 September 2013

haddeh , pengen tiger ko cman kewujud tiger yg dri minerva, , haha, tp cukup bg9a cos keringat #sendri . .

7. Oleh-oleh dari IMOS 2014: Honda SFA | The Naked Rider - 3 November 2014

[…] dengan mengajukan Honda Trigger sebagai kandidat yang memiliki dimensi yang paling pas (lihat tulisan ini) dengan dimensi Honda Tiger. Namanya pun […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: