Yamaha Byson Produk Cacat? Ah, masak?

IMG01793-20121117-1211

Sebuah situs berita mensinyalir Byson sebagai produk cacat atau paling tidak sebagian produknya sebagai cacat. Hal ini bukan tanpa alasan, namun berdasarkan masuknya berbagai keluhan terhadap fitur2 motor ini.

Sebagai pengguna Byson tentu saja penulis ingin mengecek dan membandingkan apakah Byson penulis juga termasuk produk cacat juga. Apa saja kecacatan yang ditemukan itu. Mari kita lihat satu-satu dan lihat pula apakah Byson penulis termasuk kedalamnya?

1. Per kopling mudah patah. Byson penulis sudah dipakai sejak April 2012 sampai sekarang baik-baik saja. Tapi memang rasanya ada yang kurang benar dari kopling ini. Rasanya kok kurang mantap dan sulit memainkannya untuk mendapatkan torsi.

2. Stelan klep terlalu longgar, akibatnya tarikannya kurang yahud. Wah, nda tahu ya. Byson penulis sudah tidak standar. Sudah dikorek sedikit melalui porting polish (lihat tulisan terdahulu), sudah ganti knalpot dan CDI racing (lihat tulisan terdahulu) sehingga tidak dapat dibandingkan begitu saja dengan Byson standar pabrik

3. Rembesan oli pada tutup bak oli. Artinya oli suka merembes karena tutupnya kurang rapat. Byson penulis tidak mempunyai keluhan ini. Tutupnya rapat pat pat.

4. Rembesan oli di sok breker depan. Artinya oli di front fork keluar dan mengotori batang fork. Byson penulis mulus tanpa noda oli, berarti aman ya.

5. Sok breker depan terlalu keras. Waduh susah kalau tidak ada pembanding. Tapi sejauh ini Byson penulis fine-fine aja. Sok nya kan besar, keren dan rasanya sih cukup lembut.

Sampai saat ini (mudah-mudahan untuk bertahun-tahun kedepan) Byson penulis normal dan sesuai dengan yang dijanjikan. Produk Yamaha memang bagus dan pantes lah menggendong tekad “semakin didepan”.

Hanya ada satu yang ngeganjel di hati penulis (jadi curhat nih). Byson penulis cuman sekali saja menggelinding masuk ke bengkel resmi Yamaha. Itu pun ketika ganti oli pertama kali. Kenapa? Kayaknya (kayaknya lho) penulis merasakan keramahan atau rasa welcome dari mekanik Yamaha langsung melorot jadi kurang ramah (atau tidak seramah sebelumnya) begitu tahu Byson penulis tidak standar lagi. Kok rasanya (mudah-mudahan penulis yang salah dan terlalu sensitif) mereka nggak suka melayani motor Yamaha yang sudah dioprek dan dikorek. Padahal penuliskan bersedia membayar bila memang harus. Karena itu Byson penulis juga gak sudi menggelinding ke bengkel resmi Yamaha lagi (lha, kok ngambek?).

Published by The Naked Rider

penyuka motor naked (tanpa fairing), serta lebih suka riding daripada racing

24 thoughts on “Yamaha Byson Produk Cacat? Ah, masak?

  1. heheee…
    ane udah dari november 2010 fine2 aja tuh bro, belum ada masalah yang begitu mengusik… 😀

    tergantung perawatan kita nya aja bro 🙂

    Salam seruduk masbroo.. 😀
    joss

  2. Yang nmr 4 saya prnh ngalamin&bhkan lucunya barusan dateng dr dealer dibawa sekitar 16 km (inreyen) lah kok sudah bocor.
    Lngsung klaim hari sbtu,senin barang dateng&lngsung diganti shock yg kiri.

  3. Bro…. klo bysonnya loncat wktu di gas(wktu saya gss msih netral) & waktu loncat ad suara ledakn dri blakang(pdahal gx ad yg nabrak bro….) itu masalahnya ap bro???

    1. Saya baru kali ini dengar masalah seperti ini. Kemungkinan koplingnya nyangkut ya kalau getaran mesin meningkat. JAdi seolah2 masuk persneling. Saya curiga di koplingnya bro. Coba periksa di Yamaha terdekat. Mudah2an troublenya lekas sembuh.

  4. Salam kenal…. sy dan adik sy punya keluhan,mtr yamaha bysonnya sering mati,setelah sy check kebengkel ternyata masalahnya ada pada vacum kabiratornya lecet dan teman” sy mempunyai keluhan yg sama.mohon bantuan solusinya makasi sebelumnya

  5. salam sruduk to all byonic…byson ane jga udh 2 taon kgak napa2 tu, pd hal medan/jalan di t4 ane kagak aspal smua ada jlan krikil nya jga plus debu nya tapi si kbo biru ane fine2 aja tuh….cuman satu yg ane sesali sama sikebo……knapa kgak dr dulu2 yamaha kluarin motor yg kayak gini…hadehhhhhhh

  6. saya baru pakai 2 minggu kilometer masih 363km shock depan sebelah kanan bocor, nunggu klaim sudah hampir seminggu blm ada juga barangnya

  7. Kelemahn byson, mesin mudah panas, saat masuk andel 3,4&5 tarikan nya tidak bisa d sentak, n cendrung pembakaran nya kotor hingga kepala busi harus sering d bersihkan

    1. Coba cek setelan klep. Mungkin terlalu rapat.

      saya coba tebak apa yang dimaksudkan dengan pembakaran kotor? maksudnya ada keraknya? Mungkin bensinnya kurang bersih. Coba pakai SPBM lain masih berkerak juga?

  8. Yg gw ga suka knp untuk sparepart yamaha byson msh agak langka padahal pengguna semakin bnyk……hadeeeeeh.

  9. W ga ska byson. W ska satria fu! Kecil kecil lincah, gesit. Top speed yg w pernah coba 145km/h. Ganti CDI, karburator rx king. Hanya itu.

    1. ngak tuh, gw dulu punya satria fu dan di buat kecewa krn larinya mentok cuma 130 km dan bodynya goyang wkt di ajak lri 100 km ke atas,, makanya gw skrg ganti ninja 250 yg larinya bs smpi 200 km body mantep…mau coba

  10. tolong bro bri pengarahan motor saya yamaha byson tahun 2012 udah ngebul dan sok depan udah bocor 3 kali dan larinya pun nyanpai 110

    1. Ngebulnya seperti apa? kalau hitam gpp. Atur aja setelan udara di karburator. Kalau putih, ring piston kayaknya sudah bocor. Atau piston sudah baret. Harus diganti. Kemungkinan terbagus ganti ring piston (gak mahal). Kemungkinan terjelek ganti ringpiston, piston dan stang pistonnya plus oversize (mahal)

      kalau shock breaker udah bocor 3 kali dugaan saya bukan sealnya yang rusak tapi pipa forknya sudah baret. Saya tidak begitu paham apakah ada yang jual hanya pipanya saja. Kalau Yamaha pasti jualnya gak pisah2 tapi satu set (bulan lalu pernah saya tanya kurang lebih 1,8 juta)

      1. Bang mw tanya byson saya kalau d bwa knceng ko ada bunyi keras di sebelah kanan kondom knp ya

  11. saya juga pemakai yamaha byson sejak 2012. saya ada sedikit tips buat pengguna byson. mudah”an bermanfaat. cara bikin byson tidak ngempos dan tarikan bagus tapi tetap irit. langkah pertama adalah mengganti CDI BRT dual band. CDI bawaan byson limiter sangat rendah. ganja mentok 7000 rpm kalau jalan. langkah kedua mengganti karbu standar dengan karbu honda mega pro 2008. lho. ko punya mega pro??? biasanya kan yang lain kalau mau ganti karbu pakai pe28. ya itu tadi. biar tetap irit. mengganti aki dengan aki suzuki fu atau aki 5,3 ampre agar pengapian tetap stabil. ganti bohlam lampu depan dengan philips 100/90 watt. anda adalah penguasa malam dengan lampu itu. jangan terlalu banyak menggunakan lampu variasi yang ga ada pungsi nya. selamat mencoba bro. motor saya masih bisa di pacu hingga 125 km/jam. cukup kan. namanya juga touring. hahaha. oh ya. kalau mau ganti kampas kopling, ganti dengan punya yamaha scorpio ori. lebih murah dari pada punya byson. hanya 200rban. tapi lebih yahud tarikannya. untuk kencang ga harus bort up.

  12. Hadeuh,ad ap ninja 250 std bisa 200kpj.
    Trus mn ad yg mo ngumbar” kejelekan motor sendiri.
    Byson ganti cdi racing plus karbu jd tambah larinya,semua motor jg keles.
    Yg ane th byson tuh lemot ga sesuai sm cc nya yg pekgo jd ky mocin ,klh sm tetangga sebelah.byson Sering bermasalah di karbu,sil sok dan kelistrikan,itu yg ane th.

Leave a reply to The Naked Rider Cancel reply

COACH SAYA

untuk kinerja yang lebih unggul

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

7LeopoldRegis7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya dan anak bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities