jump to navigation

Starter Byson Mati (bagian 1) 23 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Lucu, hari ini mobil penulis gak bisa distarter. Motor penulis juga. Cemana nih.

Mobil baru sembuh ketika montir bengkel langganan membawa aki baru kerumah. Hiks, kena 750K. Padahal aki belum 1 tahun, GS pula, bukan abal abal. Whuaaaaaaa………

Karena ini blog motor, yang dibahas motornya lah ya.

Seperti diketahui Byson dilengkapi 2 buah starter, elektrik di dekat pelintiran gas, dan kick starter di dekat pedal kaki kanan. Kalau starter elektrik mati repot, kaki penulis harus melipat pedal kaki, baru bisa start motornya.  Kurang praktis dan menyebalkan.

Baru teringat bahwa gejala starter mati telah terasa beberapa bulan yang lalu. Tapi jarang sekali. Tidak 2 minggu sekali pun, jadi gak pernah dianggep. Tiba-tiba hari ini mati total (sejak kemarin ding).

Ya sudah, bawa ke bengkel bro Akim, asli Singkawang.

Ketika konektor di handle kopling sebelah kiri dicolek-colek tau tau nyala. Tapi tak lama kemudian starternya mati lagi. Dicolek2 socket nya nyala lagi starternya.

Lubang kecil itu tadinya berisi kabel starter, persis disebelah kabel kopling

IMG01974-20130323-1503

Tapi kemudian mati lagi. Kesimpulan: harus diganti motornya kabelnya pak, kata Akim. Ya sudah, ganti aja Kim.

Ini bentuk kabelnya

IMG01975-20130323-1504

Karena Akim gak punya stock dia pergi nyari. Tidak ada, toko-toko parts juga gak ada. Yang ada punya Yamaha Scorpio. Mirip. Tapi dicoba saja daripada gak ada. Toh barangkali bisa diakali.

Kabel punya Byson punya 2 ‘kuping’, tapi punya Scorpio cuma satu. Trus socketnya beda juga. Mudah, socket yang lama dipotong dan disambung ke punya Scorpio. Pas disambungkan ternyata gak mau nempel dikonektor dekat kopling tangan kiri karena ‘1 kuping’ tidak bisa nyantol. Diakali tetep gak bisa: ya sudah.

Kiri, kabel Yamaha Scorpio, kanan, Yamaha Byson

IMG01979-20130323-1543

Pelajaran no. 1, kabel starter Scorpio tidak bisa digunakan di Yamaha Byson. Tapi begitu distarter, lho, kok bisa. Starter elektrik Byson nyala walau tanpa kabel. Kelemahannya adalah: starter elektrik tidak bisa dipakai kalau gearnya masuk. Harus netral.

Pelajaran no. 2: Tanpa kabel, starter Byson tetep nyala. Tapi jaga posisi gear Netral.

Pelajaran no. 3: Parts Yamaha memiliki kualitas yang patut ditertanyakan. Motor belum setahun kabelnya sudah rusak, sehingga Yamaha perlu mereview kembali kualitas parts yang disuply vendor-vendornya. Sekarang Byson masih belum sembuh karena kabel starternya belum ada. Mau dicari besok, siapa tahu di Yamaha dekat stasiun ada, kata Akim.

Bersambung ke bagian 2

Comments»

1. syam - 25 March 2013

wah ko bisa y.
punya ane fine2 j gan.

The Naked Rider - 25 March 2013

gak tahu tuh bro. Udah dicari di 2 beres Yamaha gak ada juga. Tp udah pesen. Tapi 3 hari. Hiks

2. Starter Byson Mati (bagian 2) | The Naked Rider - 29 March 2013

[…] Hari senin yang lalu penulis sudah pesan kabel switch yang tempo hari rusak. Katanya butuh 3 hari (lihat bagian 1). Itu kemarin, jadi hari ini kabelnya mesti […]

3. Brian Yoga - 11 May 2014

Gan, barusan coba tips nya yang utik2 konektor handle koplingnya. Bisa gan. Nyala lagi. Cuma nggak sampe ganti kabel. Makasih banget ya gaann. Kebo ane bisa idup lagii.😀

4. GohanGohan - 5 April 2016

gan,bison ane punya keluhan nih……speedometer masih nyala tapi lampu standbay(netral) ga hidup.awal kunci masuk( on ) sih lampu nyala smua(termasuk lmpu stndbay/netral),…tpi ko lmpu sndby/netral ditunggu ga nyala…(masih posisi on dan posisi gear netral) mohon pencerahanya……trims.salam kebo.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: