jump to navigation

Empat Fakta Gila Yang Kita Tidak Nyadar 23 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Paling tidak ada 4 fakta yang gilanya kita pura-pura tidak tahu atau menganggap enteng.

1. Motor adalah kendaraan terkencang di darat.

ngebut

diambil dari kaskus

Ketika penulis baru beli motor (bebek 110cc) beberapa tahun yang lalu, pertama kali yang penulis fikirkan adalah bagaimana agar motor itu memiliki torsi yang besar dan bisa lari lebih dari 100kpj. Odometer belum lagi mencapai 1000km, motor itu sudah dibongkar dan didedel-dedel mesinnya, dinaikkan volume langkahnya, dinaikkan kompresinya demi tujuan torsi dan speed. Sekali lagi speed. Penulis suka kekuatan dan kecepatan.

Bacalah blog-blog otomotif  yang isinya adalah artikel dan komentar-komentar dari orang-orang yang speed-freak. Begitu banyak tukang ngebut dan gila balap di jalan raya.

Sampai ketika kemarin sore penulis browsing-browsing untuk cari bahan tulisan, penulis terserobok dengan gambar sebuah bebek yang tergeletak, yang tampaknya habis menabrak sebuah mobil minibus hijau di latar belakang. Disebelah bebek terlihat kolam darah dan didekatnya terbaring seorang laki-laki dengan posisi tubuh aneh yang bergelimang darah. Di kaki laki-laki tersebut berjongkok seorang anak perempuan yang meraung sepertinya sedang menggoyang-goyangkan kaki laki-laki tersebut menyuruhnya bangun. Tiba-tiba air mata penulis menggenang. Bagaimana jika laki-laki itu penulis dan anak perempuan itu Annisa, anak penulis? Alangkah tragisnya nasib anak itu seumur hidup akan mengingat kejadian ketika melihat bapaknya tergeletak di kolam berisi darahnya sendiri.

Masbro sekalian. Sadarkah bahwa motor adalah kendaraan terkencang di darat? Dengan mobil sekali pun di jalan tol menuju bandung, lari 120kpj serasa terbang, sementara di banyak blog para komentator ribut memamerkan motornya yang bisa lari sampai 160kpj. Artinya jika sebuah Ninja 250 (berat 170kg) berlari kencang sampai dengan 160kpj maka speed to weight rationya adalah 0,94. Sementara sebuah sedan (berat 1500kg) ngebut sampai 160kpj maka speed to weight rationya Cuma 0,10. Mobil itu baru bisa menyamai speed to weight ratio Ninja itu kalau mampu berlari lebih dari 1400kpj yang mana tidak mungkin. Sepakatkan bahwa motor adalah kendaraan terkencang di darat?

Kalau di mobil kita dilindungi oleh body metal/kevlar, seat belt, air bag dan berbagai fitur keselamatan maka di motor, dengan kecepatan sekencang itu praktis tidak ada yang melindungi. Masih ingat eksekutif permotor yang kecelakaan di Sudirman dengan Ducati 1000 dan tetap tewas walau memakai body dan head protective yang mahal?

Artinya? Kalau mau ngebut jangan di jalan raya. Stop pamerin kehebatan motor kira di jalan raya. Kalau mau ngebut, pergilah ke sentul.

2. Pengendara mobil paling benci sama kita, pemotor.

Apa boleh buat. Ini benar. Sudah tidak terhitung kali penulis sengaja dipersulit pengendara mobil/angkot dan dipermainkan dengan menyempitkan ruang lintas di jalan raya agar penulis kelabakan. Kemarin dulu malahan mobil di jalur berlawanan meng gas mobilnya ketika melihat penulis akan mendahului sebuah mobil yang sudah memberikan jalan. Coba iseng-iseng tanya kawan anda yang bawa mobil apa yang paling mereka benci. Pemotor! Bukan metro bukan taksi. Kalau naik taksi iseng-iseng tanya pula supir taksi siapa yang mereka paling benci di jalan raya. Pemotor! Coba tanya supir metro siapa yang mereka paling benci. Pemotor! Terlepas dari ada alasan bahwa sebagian (kecil) pemotor itu merupakan makhluk paling egois didunia tapi terima lah kenyataan bahwa sekarang motor lah yang paling dibenci di jalan.

motor-dan-angkot1

foto: rosso99.wordpress.com

Jadi pahamilah ini ketika melihat/mendengar kabar sebuah motor dilindas busway, disenggol truk gandeng atau diserempet angkot maka itu mungkin bukan kecelakaan tapi kesengajaan.
Artinya? Jangan anggap enteng dan take it for granted kalau anda minta jalan, pengendara mobil/bus/truk akan memberi. Play safe brothers (and sisses). Kalau ragu mendingan tunggu dan jangan ambil.

3. Jaket malah bikin paru-paru sakit .

jaket motor

Banyak yang bilang pakai jaket kalau naik motor supaya tidak sakit paru-paru. Maka terlihatlah ribuan orang aneh di jalan yang pakai jaket tebal (bahkan jaket standar turing) sewaktu matahari sedang bersinar panas terik. Bukan jaket kain atau jins yang menyerap keringat. Jaket plastik, setengah plastik, tekstil imitasi, kulit imitasi, sampai yang canggih seperti cordura, kevlar, ballistic nylon yang a’udzubillah panas sekali. Di tulisan terdahulu penulis pernah tulis pagi-pagi riding ke Bandung rasanya sudah gerah sehingga jaket penulis dipakai tapi tidak dikancingkan. Saking panasnya. Apalagi bila dipakai siang hari bolong sekarang. Akhir-akhir ini Jakarta dan sekitarnya panas sekali kalau siang. Matahari menusuk sampai tulang.

Padahal menurut keterangan dokter, pakai jaket panas siang hari malahan bikin sakit.
Keringat kita yang tidak bisa keluar dan terperangkap diantara jaket dan kulit kita akan menyebabkan sakit paru-paru. Baca tulisan di majalah online motorplus http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/07/07/321143/53/14/Waspada-Penahan-Angin-Bisa-Mengundang-Bahaya

Artinya? Jaket tetap dipakai bro. Tapi terbuat dari kain atau jins. Atau kemeja yang agak tebal. Karena ngeri juga membayangkan kulit kita langsung bersentuhan dengan aspal kalau kita jatuh.

4. Helm menyelamatkan nyawa.

bonek1

foto: cetakata.blogspot.com

Kalau mas bro sekalian tinggal di daerah Bekasi lihatlah ribuan orang yang jalan-jalan makan angin setiap sore atau malam dengan anak dan isteri tanpa memakai helm. Anak penulis saja sering protes karena penulis paksa pakai helm walau naik motor dalam jarak dekat karena mendapat contoh ribuan orang dewasa yang naik motor tanpa helm.

Sampai satu ketika Lebaran 2 tahun yl. tatkala kami sekeluarga naik mobil mau nyekar dan mobil terhambat oleh macet karena keriaan orang merayakan hari besar. Tiba-tiba ada angkot mau mendahului dan mengambil jalur berlawanan arah menyengggol sebuah bebek berisi 1 keluarga yang dari pakaiannya tampak mau bersilaturahmi dengan keluarga. Bapaknya menyetir (tanpa helm), di depannya duduk seorang anak laki-laki (tanpa helm), dibelakangnya duduk satu anak laki-laki lagi (tanpa helm). Baru dibelakang sekali duduk ibunya hampir tersundul ke belakang (tanpa helm juga). Apa yang terjadi? Akibat senggolan angkot itu motor si bapak tersungkur, kepalanya mencium beton (jalanan aspal sekarang banyak digantikan beton yang banyak tonjolan tak ratanya) dia dengan sia sia berusaha bangkit dan mengangkat kepalanya yang tiba-tiba menyucurkan darah seperti keran. Dia tidak pernah mampu mengangkat kepala nya lagi.

Penulis tidak berdaya menolong. Jalanan sedang macet (ah alasan!). Penulis ngeri menolong orang yang darahnya mengucur bukan mengalir, tapi memancur. Ampun. Memancur. Penulis ngeri sekali bro.

Peristiwa itu tak habis-habisnya jadi topik pembicaraan kami sekeluarga sampai berhari-hari dan berminggu-minggu sehingga ketika kali berikutnya anak penulis naik motor walau cuman beli pecel lele di dalam komplek ia tanpa disuruh memakai helm nya.

Artinya? Janganlah naik motor pakai helm karena di ujung jalan selalu ada polisi. Pakailah helm karena kesadaran bahwa kepala anda itu sangat berharga namun mudah rusak bila terbentur atau tergores.

Stay safe mas broz. Drive safely.

Comments»

1. Indra Gumilar K - 26 March 2014

Thank My bro atas catatannya dan saya sangat senang dan terharu karena tulisana🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: