jump to navigation

Mengenal Sosok Suzuki GS150R: penerus keperkasaan Suzuki Thunder 125 16 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Pada tulisan sebelumnya penulis telah menyinggung sedikit jagoan Suzuki di kelas 150 cc, yaitu GS150R. Kayaknya gak adil kalau penulis tidak mengulas sedikit. Yak, mari kita mulai.

Dengan perbandingan bore x stroke 57,0 x 58,6, perhitungan menghasilkan kubikasi 149.5cc. Dengan perbandingan ini motor memiliki power yang lebih kuat pada putaran bawah dan menengah. Cocok untuk transportasi urban yang banyak bergerak dari satu traffic light  (TL) ke TL lainnya. Dengan tenaga sebesar 13,8bhp (Honda Verza 13bhp/13.2PS), motor ini bisa adu lari dengan motor kelas mid end seperti Honda NMP dan Yamaha Byson. Kecepatan maksimalnya sekitar 110kpj. Tubuhnya panjang (2095cm) bahkan lebih panjang dari Byson (2075) dan tinggi (1120cm) yang membuatnya cocok dikendarai pemotor dengan tinggi sedang sampai dengan tinggi besar. Mungkin dengan alasan ini fans berat Thunder akan sangat girang untuk segera memodifikasi motor ini menjadi cruiser. Ini motor hebat untuk kelasnya. Percayalah.

Mari kita lihat detilnya.

side4

Pertama perhatikan penampilan yang berlekuk aerodinamis mulai dari tangki sampai dengan pantat. Motor ini dikawal oleh satu rem cakram di depan dan tromol dibelakang. Lihat betapa shock ganda di belakang malah mempermanis lekuk penampilannya. Kursi dengan busa yang tebal menjamin kenyamanan bila riding untuk waktu yang lama. Ah, enjin nya hitam dan kelihatan sekali maskulinnya.

Lihat panel speedometer ini.

spedometer GS150

Penampakannya terdiri dari 2 bagian, sebelah kiri terdapat indikator rpm analog dan sebelah kanan indikator kecepatan digital. Paling atas kanan kita bisa melihat indikator lampu besar dan posisi gear Netral. Pada bagian digital terlihat indikator kecepatan dan mode enjin. Terdapat 3 mode yaitu mode Eco/Power/(kosong). Mode eco digunakan bila pemotor ingin berkendara dengan cara yang irit dan lampu peringatan berkedip ketika mesin melewati 4500rpm. Pada mode Power, lampu peringatan berkedip di atas 8500rpm. Pada mode (kosong) tidak ada lampu peringatan yang berkedip, digunakan bila pengemudi ingin menggunakan motor sesukanya.

Motor ini menggunakan 2 trip meter. Trip meter A (mengukur jarak total yang telah ditempuh motor dari baru) dan trip meter B (mengukur jarak motor sesuai yang telah di set pemotor). Berguna bagi penggila turing yang ingin mengetahui jarak yang telah ditempuh pada suatu perjalanan.

Pada bagian kiri terlihat indikator RPM dan petunjuk perseneling di kanan bawah. Wah, penulis yakin dengan melihat panel ini saja telah banyak yang naksir motor ini. Mari kita tengok bagian lain.

Tangki GS150

Sekarang  kita masuk ke bagian tangki. Lihat tutup tangki yang stylish dan futuristik. Tangki besar ini mampu menampung 20, ya..20 liter bbm. Byson penulis cuman 12 liter. Dengan fuel consumption sekitar 47kpl (ada yang klaim 56kpl), motor ini mampu membawa masbro setidaknya sejauh 940km. Wow. Pemotor bebek dan matik yang biasanya setiap sekitar 100 km harus isi bbm akan sangat cemburu dengan fitur ini. Oya, tulisan XTP itu singkatan dari Extra Torque Performance yang artinya tarikannya ekstra hebat.

Sekarang saksikan lampu belakang dan sein yang ‘one of the kind’, unik dan berbeda dari motor sport naked lainnya.

lampu belakang GS150

Waktu akan mengakhiri tulisan, penulis tiba-tiba berhenti sebentar dan bertanya kepada diri sendiri, bagaimana kalau perkiraan penulis salah. Bagaimana kalau Suzuki tidak pernah punya rencana mengeluarkan motor yang hebat ini. Sayang sekali kalau begitu. Ya, motor ini hebat dikelasnya. Seperti penulis bilang, ini ‘peluru’ yang bisa digunakan Suzuki Indomobil diposisikan untuk pasar entry level untuk ‘mengunyah’ Honda Verza. Jadi ‘too bad’ kalau Suzuki tidak menggunakan kesempatan menurunnya penjualan Thunder 125 dengan mengeluarkan motor ini. Ayo Suzuki, jangan telmi terus dong.

Comments»

1. suzi - 16 March 2013

kayaknya masih kurang nampol mas, kurang greget, kurang wow. hehe jelas secara tampilan msh kalah cakep dripada byson dan nmp, apalagi dibandingin ama new vixion ato cbsf. jauuuh..
lebih baik downgrade gladius yg seksi dngn rangka teralisnya, kubikasi 150 efi pasti jozzz laris manis bak fu.

2. suzi - 16 March 2013

kayaknya masih kurang nampol mas, kurang greget, kurang wow. hehe jelas secara tampilan msh kalah cakep dripada byson dan nmp, apalagi dibandingin ama new vixion ato cbsf. jauuuh..
lebih baik downgrade gladius yg seksi dngn rangka teralisnya, kubikasi 150cc efi pasti jozzz laris manis bak fu.

The Naked Rider - 17 March 2013

Walau kubikasinya sama sama 150CC ini dimaksudkan untuk pasar entry level gan, harga 16 jutaan sekelas dengan Honda Verza. Tidak satu kelas dengan new vixion, byson dan nmp yang 20 jutaan. Apalagi dengan pasar premium seperti CBR150 atau Ninja 150 yang 30 jutaan. Jauh gan.

3. suzi - 16 March 2013

haduh maap mas koneksi trouble jd double2 komen

The Naked Rider - 17 March 2013

Thanks sudah mampir gan

4. Anonymous - 17 March 2013

Bagus lagi kalo suzuki menghidupkan suzuki Bandit nya..wow>>

The Naked Rider - 17 March 2013

Suzuki Bandit kayaknya tinggal yang 1000 an cc. Untuk kubikasi kecil (150CC) IMHO berat mereka kalau masuk ke pasar mid-end yang sudah dikuasai vixi, nmp dan byson. Makanya saya lebih menjagokan masuk ke pasar entry level saja. Pasar yang masih terbuka luas. Motor batangan yang ekonomis.

5. suzi - 18 March 2013

iya bnr jg sih mas, kalo tuk head2head ama verza lumayan, utk market entry level bgus tp menurutku nanggung…
krn konsumen indonesia tu unik, terlalu mahal segmented, terlalu murah jg ga laku, idealnya di rentang hrga 20jt an, jd menurutku jgn nanggung, kalo niat masuk nyemplung sekalian total, head 2 head ama cbsf n nvl di market yg potensial.
harga bgi konsumen ga mslh ga harus murah, tp value for money nya bgus. ato sekalian bikin market baru ato yg blm ada pesaing mcm fu.

6. Lonceng Kematian Suzuki Thunder 125 | The Naked Rider - 28 April 2013

[…] pengganti Thunder saya menjagokan ini, Suzuki GS150R (lihat di sini). Pantas gak menyaingi Honda […]

7. johnmarsal - 29 April 2013

Ditunggu tuh kehadirannya diindonesia suzuki GS 150

The Naked Rider - 15 May 2013

sip

8. jhon thor - 4 May 2013

Mantap bro, kapan kira2 muncul ya? Semoga orang suzuki punya greget….hehehe

The Naked Rider - 15 May 2013

mudah2an bro. semua menantikan kelahiran thunder baru

9. aeplg - 15 July 2013

lebih keren suzuki, dan lari nya menang kencang dg byson atau vixon…….

10. widfoursix - 27 July 2013

mangstab…., semoga SIS keluarin nih motor

riders - 4 August 2013

Ini yg ditunggu. Pastinya!
Nggak laku? Coba ingat betapa larisnya thunder pada saat diluncurkan.. pasar indo memang sedikit unik

11. ipanase - 7 September 2013

belum jelass je

12. edwar - 3 January 2014

anjriiiit…keren juga neh motor…6 speed bro..mantap


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: