jump to navigation

Lonceng Kematian Suzuki Thunder 125 15 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Sebenarnya kematian si Thunder ini sudah diramalkan sejak 2009-2010 ketika penjualannya melorot dari skala ribuan unit perbulan menjadi di bawah 1000 unit. Ketika Suzuki Indomobil melakukan facelift kecil di pertengahan tahun 2011 sempat terjadi lonjakan penjualan yang cukup berkesan. Namun kebelakang penjualan semakin turun drastis. Januari 2012 penjualannya telah jauh menurun menjadi sekitar 500 unit sebulan.

Agaknya veteran ini sudah kepayahan menghadapi gempuran pesaing-pesaingnya yang bukan hanya dari jenis motor sport. Penampilannya yang ala sepeda motor akhir tahun 80-an dengan ciri khas lampu bulat dan indikator analog agaknya membuatnya kurang menarik lagi. Indikator berikut adalah rendahnya harga jual Thunder bekas dimana setelah 1 tahun harganya bisa nyungsep sampai 5 juta. Apalagi majunya teknologi dan disain sepeda motor sekarang membuat skutik yang beberapa tahun yl dipandang dengan sinis malah kini kelihatan sangat menarik. Apalagi sekarang muncul pula versi injeksi yang ramah bbm dan ramah kantong.

Terakhir, pukulan keras Honda Verza di awal tahun dengan harga yang hanya berselisih 500 ribu rupiah dari si Thunder namun dengan fitur dan disain yang jauh lebih menarik menjadi pukulan terakhir sehingga membuat si Thunder terkapar dan tak mampu bangkit kembali. Penjualan Januari 2013 menyentuh angka di bawah 200 unit. Sedih, mengingat riwayat panjang Thunder sebagai motor perkasa walau kubikasinya hanya 125cc.

Agaknya sudah saatnya Suzuki melepaskan pasar 125cc dan meninggalkan kubikasi ini untuk bebek dan matik saja.  Selanjutnya ada baiknya memperbesar kubikasi dan menjelajah pasar 150cc entry level, untuk menghajar balik Honda  Verza yang merebut kembali (bekas) fans berat Thunder yang ingin ganti motor baru, atau pernah lari ke Skutik/bebek 125 dan ke motor sport lainnya.

Mengapa entry level, bukan mid-end? Agaknya sulit bagi Suzuki yang divisi motor sportnya sangat terpuruk belakangan ini menghadapi pasar mid end yang telah dikuasai oleh Vixion, NMP dan Byson.

Untuk pengganti Thunder saya menjagokan ini, Suzuki GS150R (lihat di sini). Pantas gak menyaingi Honda Verza?

Suzuki GS 150R

Gambar

Comments»

1. suzi - 16 March 2013

kalo menurut saya jika SIS men discontinue Thunder, kyknya bakal mencederai ribuan fans dan club Thunder yg slama ini loyal dan setia. lebih baik jika Thunder di facelift lg. tidak perlu total cukup sektor body, shock depan besar(byson), blakang tabung, swingarm besar, tapak lebar serta injeksi serupa sperti gsx 1400cc. untuk kelas 150cc streetfighter lebih baik menambahkan line up baru (mini gladius) dan 250cc fairing (mini gixxer).

2. The Naked Rider - 17 March 2013

Menurut saya Thunder telah menuai sejarah dan mempunyai fans dan komunitas sendiri. Makanya nama Thunder dilekatkan saja ke Suzuki GS150R menjadi Suzuki Thunder 150 sehingga fans berat Thunder yang ingin ganti motor bisa membeli ini. Mengapa tidak? Kubikasi lebih besar, power lebih gede, spido meter seperti motor mahal, panjang seperti Ninja 250? Mudah dimodif. SEmentara harga cuma dinaikkan 500 ribu atau 1 juta (sekarang thunder 125 sekitar 15.5juta). Wow, IMHO ini adalah opsi yang bagus baik bagi Suzuki Indomobil Sales dan fans setia Thunder

3. suzi - 19 March 2013

ok dah mas, wait n see ajah, tp kalo jd brojolin gs150r menurutku bkal nyungsep lg kyk lets dan inazuma dan jd bahan olok2an para fans boys h dan y.

The Naked Rider - 29 March 2013

hehehe mudah2an enggak. Tinggal dia tambahin apa tuh kayak sayap yang biasanya dipasang deket tangki? Shudder? tahu deh namanya. Verza dan tiger pake itu

4. Mengenal Sosok Suzuki GS150R: penerus keperkasaan Suzuki Thunder 125 | The Naked Rider - 23 March 2013

[…] Pada tulisan sebelumnya penulis telah menyinggung sedikit jagoan Suzuki di kelas 150 cc, yaitu GS150R. Kayaknya gak adil kalau penulis tidak mengulas sedikit. Yak, mari kita mulai. […]

5. muhammad rizky - 27 April 2013

Thunder motor tercepat di class 125 cc dan power lebih besar,dan irit BBM,andai thunder pakai 150cc dan irit BBM memiliki 6speed dan sudah DOHC injeksi dan di tambah desain serperti motor balap
Pasti bnyak orang yang membeli motor itu karena harga yg murah dan keren

The Naked Rider - 28 April 2013
6. R6 - 2 May 2013

sebaiknya satria fu di buatin body batangan pasti keyen dah….. swerrr

The Naked Rider - 15 May 2013

ide yang bagus. Dibuat ringan dan langsing seperti vixion. Wah bakalan rame tuh

7. Anonymous - 11 June 2013

Pantes dong

8. ipanase - 7 September 2013

teng


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: