jump to navigation

Pemasaran Setengah Hati: Menebak Nasib Suzuki Inazuma GW250 13 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

IMG01757-20121103-1445

Suzuki Inazuma GW 250 di pameran sepeda motor Oktober lalu

Sebagai bekas pemakai salah satu produk legendaris seri GT, yaitu GT250 (sewaktu masih menjadi mahasiswa di tahun 80-an) yang luar biasa, penulis memiliki kaitan emosional terhadap produk Suzuki. Dalam persepsi penulis, Suzuki adalah produsen motor yang hebat. Namun apa yang terjadi 10 tahun belakangan ini?

Masih jelas terbayang ‘pengkhianatan’ Suzuki terhadap Suzuki Thunder GS250. Minim publikasi, strategi marketing yang kurang fokus dan kurang percaya diri dan buru-buru meninggalkan pasar 250 CC pada tahun 2005 ketika menganggap penjualan Thunder 250 flop. Suatu blunder besar dimana Suzuki hanya bisa gigit jari ketika pasar yang menggiurkan tersebut (25000-35000unit setahun) kemudian dilahap seorang diri oleh ‘pendatang baru’ Kawasaki dengan produknya yang fenomenal Kawasaki Ninja 250. Alih-alih mengevaluasi dan memperbaiki GS250, Susuki Indomobil malah lari meninggalkan gelanggang dan meninggalkan nama buruk. Sekarang positioningnya di benak konsumen adalah sebagai produsen motor yang harga partsnya sangat mahal.

Strategi setengah hati ini menimbulkan kerusakan yang besar dalam bentuk brand image yang buruk di Indonesia. Cobalah meminta seorang pemotor mengurutkan merek motor yang dipersepsikan sebagai yang terbaik di Indonesia. Pastilah Suzuki disebutkan belakangan setelah Honda, Yamaha, dan Kawasaki. Walaupun Suzuki telah menelurkan enjin hebat yang dilekatkan pada Satria FU, tetap saja Suzuki dianggap merek gak keren. Padahal di dunia, brand image Suzuki sangat bagus dan bergengsi sebagai produsen motor terkencang didunia yaitu Hayabusa.

Setelah sekian lama telmi agaknya Suzuki kembali ‘latah’ masuk ke pasar 250CC dengan produk anyarnya Suzuki GW250 yang disebut Inazuma. Mengapa penulis mengatakan ‘latah’? Agaknya keputusan untuk melepas Inazuma hanya sekedar gengsi sebagai produsen kelas dunia masak tidak mempunyai produk 250CC yang bergengsi. Dari segi disain, pemilihan model yang ala jadul, bentuk lampu depan yang mengerikan serta spatbor depan yang jelek bukanlah tanda-tanda bahwa Suzuki Indonesia telah mengevaluasi kegagalan Thunder 250 dengan baik. Pemilihan twin cylinder engine yang hanya menghasilkan 26HP bukanlah dari jenis enjin Suzuki yang terbaik dan performanya jauh dibawah power Kawasaki Z250 (lihat tulisan terdahulu) yang 32HP padahal Inazuma lebih berat 15kg lebih.

Agaknya bahkan manajemen Suzuki sendiri tidak begitu pede dengan Inazuma dan khawatir nasibnya akan sama seperti ‘abangnya’ Suzuki Thunder GS250. Seperti yang dikutip Majalah Otomotif Online dapur pacu.com setahun yang lalu, untuk tahap pertama Suzuki hanya akan memasukkan 200 unit Inazuma saja. Artinya Suzuki hendak bermain aman dengan memasukkan sesedikit mungkin. Jadi kalau tidak laku cepat-cepat banting stir untuk menjual produk mainstream saja yaitu underbone dan skutik.

Dengan strategi setengah hati ini bisa ditebak bagaimana nasib Inazuma. Sementara penulis sudah melihat Kawasaki Z250 lalu lalang di jalan, sampai saat ini penulis belum pernah sekalipun menjumpai Inazuma di jalan, padahal sewaktu pameran sepeda motor nasional Oktober tahun lalu konon Inazuma sudah terjual 200 unit lebih. Bagaimana nih Suzuki?

Suzuki-GW250_BLK_L3
Suzuki Inazuma GW250
suzuki-gw250

Mengapa Suzuki GW 250 Tidak Mencontek Disain Suzuki GSR Yang Cantik Ini

Comments»

1. Jual Sepatu Futsal - 13 March 2013

Wow Sudah terjual 200 Unit (y)

2. The Naked Rider - 13 March 2013

agaknya klaim Suzuki Indomobil bahwa Inazuma telah terjual 200an (http://otomotif.kompas.com/read/2012/10/12/4728/Suzuki.Inazuma.Sudah.Terpesan.211.Unit) agaknya agak dilebih-lebihkan. Data penjualan tahun lalu ternyata tidak sampai 50 unit. Padahal rencana semula mau nyetok 1.100 unit di Desember 2012 (http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/344546-suzuki-inazuma-mulai-banjir-pesanan). Sementara data bulan januari menunjukkan baru terjual 23 unit http://proud2rideblog.com/2013/02/16/ngenes-liat-jualan-suzuki-butuh-terobosan-model-model-baru-aisi-januari-2013. Agaknya Suzuki Indomobil mulai menuai hasil kerja yang buruk. Kalau benar mereka telah menyetok 1.100 unit agaknya kecil kemungkinan mereka bisa menghabiskannya setahun kedepan. Kecuali mereka mengubah strategi. Menurunkan harga sampai ke harga psikologis Suzuki Inazuma, Di India, GW250 dijual Rs 100.000 yang setara dengan kurang lebih Rp. 17.5 juta. JAdi kalau disini dijual dibawah 30 juta, Suzuki mungkin tidak rugi, namun dijamin laris manis *mimpi kali ye*

3. suzi - 16 March 2013

suzuki lagi2 salah langkah. kasian inazuma kyknya bkal madesu. jika SiS mau men-downgrade gixxer menjadi GsxR 250 mungkin bkal lebih baik dripada downgrade B-king.

4. Anonymous - 3 April 2013

bener mas, kecewa nih ma suzuki.. suzuki indo sekarang ga ky dulu, ga berani bikin gebrakan……

The Naked Rider - 4 April 2013

Pendapat saya sama mas. Bagi saya Suzuki itu produsen motor yang luar biasa. Tapi entah mengapa di Indonesia kok begitu. Saya tidak habis heran kok membiarkan saja pasar 250cc direbut oleh produsen lain padahal dia yang pertama memproduksi dan melempar ke pasar, jauh sebelum produsen lain melirik pasar tersebut. Agaknya mereka punya departemen riset marketing dan product development yang “jauh panggang dari api” Trims udah mampir

5. Suzuki Inazuma Fairing Nanggung (Half-faired) | The Naked Rider - 5 April 2013

[…] terdengar kabar bahwa Suzuki akan segera mengeluarkan Suzuki Inazuma GW250 edisi fairing nanggung (half-faired). Diharapkan debut pertamanya akan berlangsung di Auto Shanghai […]

6. Strategi Pemasaran Suzuki untuk Inazuma 250 | Berlandio - Rider and Researcher - 14 May 2013

[…] “Masih jelas terbayang ‘pengkhianatan’ Suzuki terhadap Suzuki Thunder GS250. Minim publikasi, strategi marketing yang kurang fokus dan kurang percaya diri dan buru-buru meninggalkan pasar 250 CC pada tahun 2005 ketika menganggap penjualan Thunder 250 flop. Suatu blunder besar dimana Suzuki hanya bisa gigit jari ketika pasar yang menggiurkan tersebut (25000-35000unit setahun) kemudian dilahap seorang diri oleh ‘pendatang baru’ Kawasaki dengan produknya yang fenomenal Kawasaki Ninja 250. Alih-alih mengevaluasi dan memperbaiki GS250, Suzuki Indomobil malah lari meninggalkan gelanggang dan meninggalkan nama buruk. Sekarang positioningnya di benak konsumen adalah sebagai produsen motor yang harga partsnya sangat mahal. – “https://thenakedrider.wordpress.com/2013/03/13/pemasaran-setengah-hati-menebak-nasib-suzuki-inazuma-g… […]

7. ali - 17 May 2013

Bro,suzuki buka jual tampang,tapi jual kualitas.
Cba ane tanya sma sampeyan.
Mslah ujia ketahanan,keawetan n kebandelan mesin siapa yg paling berani diantara honda,yamaha,suzuki,kawasaki.
Jls suzuki bro.
Ane lihat suzuki hanya lemah dimarketing aj dipasar indonesia.
Klo ane perhatikan.
Justru suzuki lh pabrikan otomotif yg mampu menghasil kn engine luar biasa didunia dibidang sepeda motor.
Contohnya Hayabusa.
Klo dri pandangan saya.
Kawasaki adalah produsen motor gede termurah didunia.
Silahkan monggo dicek aj ya bro.
Contoh kecilnya dri segi motor trailnya aj.
Cuma kawasaki yg mampu jual trail 250cc dgn harga 65juta.
Pabrikan lain terutama suzuki.
Trail ny?
RMZ,DRZ,Dsb smwa ny adalah trail mahal dgn kualitas engine luar biasa.
Bahkan bro tau sendiri kn legenda trail tanaha air it motor ap.
Suzuki TS125

roni - 12 August 2013

ah jangan gitu bro,saya jadi gak enak.saya punya thunder 125 tahun 2005.mesinya rapuh..onderdil lemah,kabel body lembek…udah pernah kebakar.karbu udah rusak harus ganti baru.aki baru dibeliin udah drop lagi,spul udah pernah kebakar,cuma menang irit

A - 16 September 2013

Motor kagak laku aja banyak Bacotss….Mana buktinya ???
Gak berani ikut MotoGP….Kalah bin Mampusss di IndoPrix…
Loser Suziku SEMAKIN PECUNDANG..!!!!

A - 16 September 2013

Loser Suziku…
Pretzzz….
Mana berani di MotoGP & Indoprix…PECUNDANG
Motor gak laku

A - 16 September 2013

Pretzz…
Motor PECUNDANG….
Gak berani tampil di MotoGP…
Mampusss di Indoprix…
SUZIKU SEMAKIN PECUNDANG…!!!

8. Green RG - 17 June 2013

Keenakan jualan FU… ya udahlah gw pke RGR aja dlu. Yamaha udah mau ngaspal dgn sport fairing 2 cylindernya yg 250 cc. ckckckck

9. Inazuma Lovers - 6 July 2013

he he he, sy setuju dg penulis dg ” setengah hati “nya diatas. sbg pemakai inazuma sy malah senang kl motor ini jarang berkeliaran di jalan ( eman g pernah papasan ) jd exclusive khan ?!! he he he
terus terang ini motor terbaik yg pernah sy milik ; disain, performa, dimensi & motor ini tidak diperuntukan buat harian buat joy ridding, wah nikmat dahhhh untuk motor cc terbesar yg boleh bebas keliaran di jalan.
defeat the arogance sensasi yg g ada di motor2 sebelumnya

A - 16 September 2013

lUAR BIASA MOTOR PECUNDANG….!!!
1. Buktinya gak berani ikut MotoGP…
2. Gak nongol di Indoprix…
Dasar Loser Suziku…SEMAKIN PECUNDANG

hery wong - 4 November 2013

hehe,walau saya belum punya(lagi nabung dikiiit lagi)diantara semua motor yg diperdebatkan diatas,semua tidak bisa menandingi kenyamanan inazuma,karena saya pinjam punya teman,terus depan rumah pake z250,enak juga sih,tapi sekali lagi begitu duit ngumpul saya ambil inazuma,semua aspek,semua desain,kenyamanan,prestis apalah bahasanya,saya kasih nilai 10/10 buat inazuma,buat yg membabi buta membela merek tertentu,coba dulu deh inazuma

Ninjeritsu - 2 December 2013

ane mantan pemakai ninja 250…setelah ane coba pakai inazuma,langsung jual tuh ninja…

10. Harun - 6 July 2013

Mantab masbro..
saya sudah lihat wujud asli Inazuma 250.
Gagah, elegan, mewah, dan gak seperti yang ada di foto.

dan memang nyaman motor ini.
kalau orang melihat, kesannya Inazuma itu ekslusif.

yang berani beli Inazuma 250 pasti orang yang sudah mapan dan khusus pehobi saja.

coba deh gan kenapa milyuner Indonesia harusnya bisa beli Bugatti veyron. kenapa mereka malah milih Marcedez benz ?

yuph, karena kenyamanan bro.
naik Marcedes S class jauh lebih nyaman daripada naik Ferrari maupun Bugatti sekalipun.

itulah alasan kenapa pehobi yang udah mapan milih Inazuma 250.
yuph jawabannya karena elegan , dan kenyamanan yang maknyusss..

Harga 48 juta akan terbayar setelah anda merasakan sensasi Inazuma 250 yang lain daripada yang lain.

soal Part..
tenang saja, suzuki ternyata mendukung penuh part Inazuma 250 dan harga part yang katanya mahal, ternyata memang berkualitas dan gak ABAL ABAL.

bisa dibuktikan.

A - 16 September 2013

pRETTZZZ….
LOSER SUZUKI !!!
GEDE BACOTSSS…

hery wong - 4 November 2013

hehe,walau saya belum punya(lagi nabung dikiiit lagi)diantara semua motor yg diperdebatkan diatas,semua tidak bisa menandingi kenyamanan inazuma,karena saya pinjam punya teman,terus depan rumah pake z250,enak juga sih,tapi sekali lagi begitu duit ngumpul saya ambil inazuma,semua aspek,semua desain,kenyamanan,prestis apalah bahasanya,saya kasih nilai 10/10 buat inazuma,buat yg membabi buta membela merek tertentu,coba dulu deh inazuma

11. Inazuma Lovers - 6 July 2013

rupanya ketemu inazumer sejati disini, masbro Harun, salam sejahtera brother dan Bro Rider sejati lainnya. hormat !
sebelumnya sy jg nyemplak motor persis bro The Naked Rider, cmn kenapa harus 150cc ? sy lirik sudaranya yg 200cc malah dimensinya lebih imut terpaksa sy lego ke adik, ganti matik. sampai iseng2 nemu inazuma pertama kali rilis di indonesia, seperti jatuh cinta pd pandangan pertama …
sy langsung datangi dealer terdekatnya tentu mereka kaget karena dealer daerah sendiri cuman memegang satu brosur & melihat di pameran. salutnya, mereka mau usaha mendatangkan unit itu dr dealer besar di Bandung sehingga sy tidak perlu inden lama he he he ( penyakit ) padahal saat itu lg gencar2nya ninin 250 dg rem absnya.
jawaban klasik yg sering sy katakan : “… mas kl sy nyemplak ninin para cewek abg pd nglirik ntar, berabe khan ?! … he he he ” efektif
ok` smpai ketemu di Inazuma Lovers Facebook

Anonymous - 11 July 2013

Hehehe..saya nih suzuki lover…mulai fr80, gt250, shogun, rgr, satria trus nex..naksir sih sama gw250..cuma belum ketemu dijalanan jadi nunggu komentar dari si mas bro semua….soal mesin memang bagus..setuju..salam..akung

Ary - 14 July 2013

Cuman mau nimbrung – saya umur 42th dan telah 6 bulan mengendarai Inazuma as “my daily use motorbike” dengan jarak tempuh 124 km PP. Terlepas dari brand lain yang sampai saat ini mengeluarkan 250 cc di Indnesia ==> saya pribadi setuju, Suzuki Inazuma 250 cc is > comfortable motorbike for a good rider.

hery wong - 4 November 2013

hehe,walau saya belum punya(lagi nabung dikiiit lagi)diantara semua motor yg diperdebatkan diatas,semua tidak bisa menandingi kenyamanan inazuma,karena saya pinjam punya teman,terus depan rumah pake z250,enak juga sih,tapi sekali lagi begitu duit ngumpul saya ambil inazuma,semua aspek,semua desain,kenyamanan,prestis apalah bahasanya,saya kasih nilai 10/10 buat inazuma,buat yg membabi buta membela merek tertentu,coba dulu deh inazuma

12. zul fauzi - 14 July 2013

mungkin emang sebaiknya Suzuki memakai desain dari Suzuki GSX-R 600 atau GSR 750 untuk sport 250 cc🙂

seperti yang udah dilakukan sama Kawasaki dengan Ninja 250 fi nya
yang terbukti laris manis

http://zulfauzi.blogspot.com/2013/07/panduan-lengkap-bisnis-cara-bikin.html

13. Anonymous - 19 July 2013

Inazuma mantap…

14. Anonymous - 22 July 2013

Inazuma bukan sembarang motor..ini motor ternyaman yg pernah saya pakai khususnya utk touring,,sejauh 1500km memng nyaman banget,,inazuma motor terbaik..handlingnya mantap banget..tidak sia2 aku nunggu satu tahun empat bulan bro..

15. hafiz saputra - 30 August 2013

Saya dr thn 2007 sudah mulai kecewa dgn suzuki semenjak mengeluarkan suzuki arasi.. Mengapa tdk meniru bodi satria ru yg main monoshock.. Malah mengeluarkan arasi,shogun yg mana pembelipun enggan untuk melirik.. Kualitas mesin masih saya akui suzuki masih no1 di banding kompetitor yg lain.. Tp soal disegn melirik pun mgkn konsumen agak enggan..kalo bagian disegn suzuki tdk bs lebih bagus mendingan dipensiunkan saja.. Cari orang2 yg jauh profesional di bidangnya.. Saya sampai saat ini msh kecewa soal diseng suzuki.. Dan malah saya ragu dgn keluaran satria fu150 injeksi skrg.. Dimana bodynya jauh lbh keren dr lama drpd yg skrng.. Mudah2an ini bahan pertimbangan buat suzuki.

A - 16 September 2013

mOTOR LOSER IS SUZIKU…
gede bacotsss doang…
Gak bukti prestasi di MotoGP & Indoprix…

tyansyah - 28 September 2013

Ini kayanya ada yang di pecat jadi sales suzuki dendam amat komentnya…

hery wong - 4 November 2013

hehe,walau saya belum punya(lagi nabung dikiiit lagi)diantara semua motor yg diperdebatkan diatas,semua tidak bisa menandingi kenyamanan inazuma,karena saya pinjam punya teman,terus depan rumah pake z250,enak juga sih,tapi sekali lagi begitu duit ngumpul saya ambil inazuma,semua aspek,semua desain,kenyamanan,prestis apalah bahasanya,saya kasih nilai 10/10 buat inazuma,buat yg membabi buta membela merek tertentu,coba dulu deh inazuma

16. ipanase - 7 September 2013

hiks

17. max - 25 November 2013

Pengen sizumi tp ra due duet ,, tumbaske tah !!!!!

18. wendy saputra - 15 January 2014

saya punya inazuma dan sayapun bekerja di suzuki indomobil motor..saya akui bahwa kami memprioritaskan kehebatan,kenyamanan dan keawetan engine tp tak pelak itu semua demi kepuasan konsumen.bro and sis berhak memilih antara ketangguhan mesin apa ke desain visual?

19. Iskandar - 17 June 2014

Aneh dengan komentar yang semuanya di ukur oleh speed !! kalau kalah speed berarti elek ?!! absurd. inazuma diciptakan buat kenyamanan bro…kalau masalah speed trek lurus inazuma standard memang sedikit kalah tapi coba bawa ke puncak…pasti motor2 speed itu pada ngeden semua dan di saat yang sama inazuma melahap setiap tanjakan seperti jalan datar. peace

kelebihan dan kekurangan suzuki inazuma > http://dealermotorsuzuki.com/mengapa-inazuma-dealer-motor-suzuki/dealer-motor-suzuki-jakarta

20. surya putra - 14 August 2014

Bentuk body nya jadul..gmna mau laku.

21. Suzuki Inazuma, motor turing terbaik dengan strategi marketing yang parah | The Naked Rider - 3 January 2015

[…] belum menjatuhkan pilihan. Buatlah Inazuma di dalam negeri, buatlah product improvement sedikit (yang harus diimprove ada dalam tulisan ini) kemudian rangkullah komunitas motor […]

22. air - 29 April 2015

Klo msalah design tnggal modif aj bro.
Kya anak baru knal motor aj.
Ngga mampu beli kali trus ngejelek jelekin.

Anonymous - 29 April 2015

Kalau anda tidak mampu membedakan antara kritik membangun dan menjelek-jelekkan, kayaknya anda belum pantas memanggil saya bro.

Jika browse nama saya di internet akan terlihat apa background saya. Baru setelah itu anda menilai apakah saya mampu atau tidak membeli motor mahal.

Saya bukan orang yang bersembunyi dibalik nama palsu lalu menghina orang seenaknya.

Anonymous - 29 April 2015

Kalau anda tidak mampu membedakan antara kritik membangun dan menjelek-jelekkan, kayaknya anda belum pantas memanggil saya bro.

Jika browse nama saya di internet akan terlihat apa background saya. Baru setelah itu anda menilai apakah saya mampu atau tidak membeli motor mahal.

Saya bukan orang yang bersembunyi dibalik nama palsu lalu menghina orang seenaknya.

Anonymous - 29 April 2015

maaf, nama saya tidak keluar walaupun sudah login ke wordpress. Saya ulang lagi.

Kalau anda tidak mampu membedakan antara kritik membangun dan menjelek-jelekkan, kayaknya anda belum pantas memanggil saya bro.

Jika browse nama saya di internet akan terlihat apa background saya. Baru setelah itu anda menilai apakah saya mampu atau tidak membeli motor mahal.

Saya bukan orang yang bersembunyi dibalik nama palsu lalu menghina orang seenaknya.

regards/Hendrasly


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: