jump to navigation

Ride Safely: Mengenal Blind Spot 8 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Berita detik.com kemarin (7/3/13): Jakarta (detik.com) – Seorang pengendara Yamaha Jupiter meregang nyawa di Jl Daan Mogot, Jakarta Barat. Upayanya untuk mendahului truk kontainer malah berujung maut…(deleted) ………Lokasi kejadian berada di Jl Daan Mogot KM 10, Pesing. Atau tepatnya di depan pom bensin Istana Darat. Menurut seorang satpam yang melihat kejadian, Budiman, kecelakaan nahas tersebut bermula ketika si pengendara motor hendak mendahului truk. Dua kendaraan tersebut sama-sama melaju ke arah Grogol. Si pengendara motor mencoba mengambil dari sisi kanan. Nah di sisi ini, dia diapit truk di sisi kiri dan pembatas jalan di sisi kanan. Celahnya cukup rapat. “Karena maksain masuk, dia menabrak pembatas jalan dan terjatuh. Terus terlindas,” ujar Budiman di lokasi.

Ini adalah contoh klasik dari blindspot. Supir kontainer tidak dapat melihat si pengendara motor yang mau mendahului dari celah yang sempit sehingga tidak memberi jalan bahkan mungkin tak sengaja mempersempit jalan sehingga terjadi kecelakaan fatal.

Blind spot atau Titik Buta adalah area disekeliling kendaraan yang tidak terlihat oleh pengendara mobil baik langsung maupun melalui kaca spion karena terhalang banyak hal.

Walaupun pada umumnya pengendara mempunyai pandangan lebih dari 180% didepannya namun ada bagian-bagian yang tidak terlihat, misalnya persis di depan hidung (bonnet) mobil (truk), bagian yang terhalang ‘tiang’ kendaraan, terhalang sandaran kepala dan terhalang muatan atau penumpang dan terhalang tempat duduk belakang.  Sementara blind spot di belakang kendaraan lebih banyak lagi. Hanya sedikit area yang dapat dilihat dari spion mulai dari satu meter disamping kendaraan dan puluhan meter disamping belakang.

Berbagai Macam Situasi Blind Spot

Mobil oranye terlihat di kaca spion, tapi mobil kuning tidak terlihat. Mobil kuning berada di dalam blind spot mobil merah

Blind spot 3

Area Kuning adalah area yang terhalang ‘tiang’ mobil

Blind spot 2

Bila Kaca Spion Diubah, ada blank spot berbentuk lajur putih. Motor yang masuk area itu tidak akan kelihatan oleh mobil hijau

Blind spot 5

Truk hitam sedang berjalan ke kanan. Jalur hijau di depan dan belakang truk adalah blank spot. Jalur kuning juga blank spot.

Blind spot 4

PENTING: JANGAN BERADA DALAM BLIND SPOT PENGENDARA LAIN.

Sebagai pemotor kita menanggung risiko yang terbesar bila terjadi kecelakaan. Masih segar dalam ingatan kita tentang kejadian beberapa waktu yang lalu mobil yang akan melipir kekiri menurunkan penumpang di Jalan Sudirman, tidak melihat seorang pemotor kencang mengendarai Ducati 1000CC, karena berada didalam area blind spotnya, si pemotor berusaha menghindari tabrakan, kehilangan keseimbangan dan menabrak trotoar. Sipemotor terus meluncur dan kepala nya menabrak keras pot tanaman yang terbuat dari semen. Helmnya utuh namun si pemotor menderita cedera leher dan kepala parah yang kemudian merenggut nyawanya.

Apa Yang Harus Kita Waspadai?

  1. Identifikasilah blind spot kendaraan di sekitar anda dan anda wajib was was jika anda berkendara di dalam blind spot mobil tersebut. Hindari berada dalam blind spot kendaraan lain. TERUTAMA TRUK DAN TRUK GANDENG yang mempunyai blindspot TERBESAR. Kendaraan mereka besar dan tinggi, pandangan terhalang bonnet depan dan bak/box dibelakang. Apalagi banyak kendaraan yang kebiasaan pindah jalur tanpa menyalakan lampu sen. Beritahu keberadaan anda dengan mengklakson atau menyalakan lampu dim. Jaga jarak bila anda tidak yakin supir truk dapat melihat anda.
  2. Identifikasi dan waspadai blind spot anda sendiri. Biasanya untuk perjalanan yang jauh kita menggunakan helm full face yang sisinya menutupi bawah dan samping pandangan anda.
  3. Jangan hanya mengandalkan kaca spion. Bahkan Byson saya yang memiliki kaca standar (cukup lebar) mempunyai view yang terhalang tangan. Jadi saya selalu menolehkan kepala untuk melihat bila akan berpindah jalur atau belok. Better safe than sorry, bros.
  4. Gunakan spion yang baik. Lebih luas jangkauan pandangannya lebih baik. Stop menggunakan kaca spion ala racing yang runcing dan mempunyai pandangan yang sangat terbatas. Biasakan menengok ke kaca spion kiri kanan setidaknya setiap 5-8 detik. Begitu saja saya sangat sering surprise, sebuah skutik yang tiba-tiba muncul disebelah saya padahal 2 detik lalu tidak terlihat di kaca spion.
  5. Modifikasi knalpot motor anda. Knalpot-knalpot motor sekarang ini sudah menganut berbagai konverter agar senyap dan tidak brisik. Namun memiliki sisi negatif, karena kendaraan seringkali tidak menyadari ada kendaraan disebelahnya karena tidak terlihat di kaca spion dan tidak terdengar bunyinya. Akan berabe kalau kendaraan tersebut tiba-tiba pindah jalur atau membelok. Tadi malam setengah detik sebelum saya mau pindah jalur dan bermanuver diantara kendaraan dalam kecepatan 70kpj tiba-tiba muncul motor disebelah kiri, sangat mengagetkan karena tak terdengar bunyinya. Jadi buatlah knalpot anda berbunyi agak keras agar kehadiran anda diketahui. Tapi UU lalu lintas mengatur tentang ini jadi pastikan bunyinya tidak melewati ambang batas yang diperbolehkan.

Ride safely friends.

Selanjutnya saya rekomendasikan tulisan ini

Comments»

1. marci - 12 March 2013

malah ada yg copot spion dgn alasan agar lebih keren,prihatin

The Naked Rider - 12 March 2013

copot spion, dan herannya kalau malam lampunya ternyata mati. Abis itu ngebut. Wassalam deh. Thanks udah mampir marci


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: