jump to navigation

Berapa sih top speed byson? 7 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Iseng-iseng browsing ingin tahu berapa sih top speed Byson standar?  Standar lho ya. Banyak data yang tersedia di internet tapi data yang mendekati kebenaran rasanya adalah sebagai berikut:

  1. 107 kpj (pengukuran GPS), Iwan Banararan http://iwanbanaran.com/2011/09/16/top-speed-yamaha-byson-setara-dengan-107kmjam-gps/
  2. 104 kpj, Yayang Ardian http://yayang125.wordpress.com/2012/03/21/top-speed-yamaha-byson-104-kmjam/
  3. 105 kpj, Herizt http://forum.yamaholigan.com/showthread.php?82-Bison-produk-gagal-yamaha

Kira-kira dibulatkan 105 kpj saja. Lupakan klaim pabrik yang mengatakan Byson sanggup digeber sampai dengan 115kpj. Mungkin ridernya beratnya di bawah 40 kg.

Untuk menambah kecepatan Byson kita dapat meningkatkan efisiensi kerja enjin dengan melakukan porting polish di ruang bakar (mengefisienkan masuk keluar udara) dan mengganti knalpot ala catalitic converter dengan yang free flow (agar ‘napas’ byson lega). Terakhir mengganti CDI bawaan pabrik. Untuk diketahui, motor-motor semacam Byson di ‘lock’ sehingga mesinnya sulit berputar melebihi 9500RPM. CDI racing semacam produksi BRT mempunyai limiter yang lebih tinggi agar mesin dapat berputar di atas sampai 11000RPM yang tentu saja akan mengangkat top speed. Dengan porting polish, power mesin dapat terangkat sampai 10 – 20 % (kita ambil 15% saja). Dengan demikian, penambahan top speed adalah sekitar 15 kpj. Dengan mengganti knalpot dan CDI (dan mungkin bagi yang desperate banget, ganti karbu PE 28) diperkirakan bisa menambah speed maksimum sampai dengan 5-10kpj. Jadi total penambahan yang di dapat adalah 20-25kpj. Kita ambil angka pesimis saja, 20kpj

Dengan demikian top speed Byson yang realistis dengan dimensi langkah standar, tidak ada bore up dan stroke up (namun edisi setelah dikorek) adalah 105 + 15 + 5 = 125 kpj. Tentu saja ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berat pengendara, dorongan angin, tingkat kemiringan arena dll.

Di Youtube kita bisa menemukan Byson yang lari sampai dengan 124kpj.  Kurang lebih cocok kan?

Gambar

Comments»

1. yogi - 24 April 2013

masa sih, kecepatan bysonnya cuman segitu, byson ane bisa sampe 115km/jam. buat boncengan lagi, berat bb ane 63kg, temen sekitar 55kg, agak lbih kurus, tapi ini kecepatan hitungan manual sih dari speedometernya sendiri, tapi ga tau juga lah kalo pake gps, biasa orang awammmm

The Naked Rider - 24 April 2013

Wah berarti Bysonnya bagus tuh. Trims sudah mampir.

2. poltergeisth13 - 16 May 2013

byson ane buat sendiri ato boncengan cuma dapat 106 bang. ane mau tanya, tu cover mesin byson beli dimana?

The Naked Rider - 16 May 2013

cover mesin banyak yang jual kok. Gak sampai 100 ribu. Itu dari plastik. Coba cari di Otista

poltergeisth13 - 16 May 2013

di gombong belum nemu nih ane,haha

The Naked Rider - 16 May 2013

Oh, tinggal di gombong. Dimana alamat? kirim email alamat lengkap ke hendrasly@yahoo.com. Nanti saya beliin dan kirim aja pakai TIKI bro. Tapi gak bisa cepat karena waktu kosong cuma sabtu minggu dan sabtu minggu ini saya ada di luar kota

poltergeisth13 - 16 May 2013

wah g ush bro,mlh ngerepotin,kpn2 cr di jogja aj lh,he. . . .

The Naked Rider - 16 May 2013

hehe gpp sih. Tapi kalau mau nyari sendiri mestinya di Jogja ada

3. reinz - 12 January 2015

Gw udh pernah coba di jalan jalibar malang, Jatim. Byson standard lari sampe 119 kmh.

4. rudi - 29 August 2015

gpp masbro tops speed standar tembus 115kpj kurang puas ??? tp kan standart tinggal tambahin part racing, punya ane juga ngacirrrrrrrr cuma aga sedikit berat di ban nya kali ya ,,, hee GEDE buanget,,,
salam seruduk !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: