jump to navigation

Yamaha SZ-R: lawan potensial Honda Verza 1 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Persaingan antara Yamaha dan Honda semakin panas. Berhasil menaklukkan Yamaha dan mengokohkan posisi sebagai raja skutik, Honda agaknya ingin Yamaha keok di semua kelas, termasuk kelas motor sport. Nyaris mereka mengadu semua produk motor sport Yamaha dengan produk mereka. Yamaha Byson, ditantang New Mega Pro. Yamaha Vixion, penerus legenda road racer RX King, yang selama bertahun petantang petenteng sendirian tiba-tiba dihadap-hadapkan dengan Honda CB150R. Bahkan Honda sangat percaya diri dan tidak perlu menaikkan kelas dengan menghadapkan Honda Tiger dengan Yamaha Scorpio.

Honda bahkan mengeluarkan kelas motor sport baru di kelas entry level, Honda Versa 150 yang tampan. Sungguh gebrakan yang tidak disangka-sangka. Pada kelas ini Honda Versa (16 juta otr) melaju sendirian, pelan-pelan menggerogoti pasar Suzuki Thunder 125 dan (mungkin) Yamaha Byson.

Akankah Yamaha membiarkan tantangan ini begitu saja? Kira-kira siapa produk Yamaha yang layak dijadikan jagoan?

Sungguh malu-maluin bagi Yamaha yang bertekat “semakin didepan” bila tantangan ini dibiarkan begitu saja, karena sebenarnya ada produknya yang potensial menghadang laju Verza.

Namanya Yamaha SZ-R.

Di India sepeda motor ini memang dirancang untuk menghancurkan pasar Bajaj Pulsar 135 dan sepeda motor entry level di kelas 150cc. Nah cocok kan?

Gambar

Gambar

Kedua motor ini sama tampannya dan sekilas terlihat sangat mirip dan memiliki dimensi yang mirip pula walaupun SZ-R lebih tinggi 5 cm dan lebih berat 5 kg dari rivalnya ini. Penampilannya pun mirip. Cuma SZ-R lebih berani bermain dengan paduan warna sehingga kelihatan lebih dinamis dibandingkan Verza yang cenderung monotonik. Disamping itu Yamaha menyelipkan visor bening yang mencuri perhatian.

SPESIFIKASI
Honda Verza Yamaha SZ-R
Panjang X lebar X tinggi 2.056 x 742 x 1.054 mm 2050 x 730 x 1100 mm
Jarak Sumbu Roda 1.318 mm 1,320mm
Jarak terendah ke tanah 156 mm 165mm
Berat kosong 129 kg 134 Kg
Tipe rangka Diamond Steel Diamond Steel
Tipe suspensi depan Teleskopik Teleskopik
Tipe suspensi belakang Suspensi Ganda Suspensi Ganda
Ukuran ban depan 80/100 – 17 M/C 46P (Tubless) 2.75- 17 41P
Ukuran ban belakang 100/90 – 17 M/C 55P (Tubeless) 100/90-17 55P
Rem depan Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang Tromol Tromol
Kapasitas tangki bbm 12,2 liter 14 liter
Tipe mesin 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal, 2 Katub 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal, 2 Katub
Pengabutan Injeksi PGM FI Karburator
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm 58.0 X 57.9mm
Volume langkah 149,2 cm3 153 cc
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1 9.5:1
Daya Maksimum 13,2 PS/ 8.500 rpm 12.1PS/7500rpm
Torsi Maksimum 12,7 Nm (1,29 kgf.m)/ 6.000 rpm 12.8Nm/4500rpm
Kapasitas Oli Mesin 1,0 Liter pada Penggantian Periodik 1.2 Liter
Kopling Manual, multi pelat basah Manual, multi pelat basah
Gigi Transmsi 5-Kecepatan 5-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Starter Starter Kaki & Starter Elektrik Starter Kaki & Starter Elektrik
Aki 12V – 3,5 Ah 12V,5 AH(10H)

Namun diantara berbagai kemiripan tersebut terdapat satu perbedaan yang menyolok yakni tentang sistim pengabutan. Sementara Verza telah menganut sistim pengabutan bensin dengan menggunakan sistim injeksi, namun SZ-R masih menganut sistim pengabutan manual dengan menggunakan karburator. Secara teroritis Verza lebih irit karena injeksi itu, namun dari hasil review ternyata fuel consumption SZ-R tidak terlalu mengecewakan, user review mencatat angka 55-60kpl yang mana sangat bagus untuk ukuran motor sport.

Di atas kertas power Verza lebih unggul 1PS yang secara teoritis akan membawa laju maksimum 110kpj, sementara SZ-R diklaim memiliki top speed 105kpj. Verza unggul sedikit, namun untuk pemakaian commuter urban tidak menjadi masalah karena pada jam-jam kerja siapa yang bisa melaju lebih dari 100kpj dijalanan padat kota besar?

Nah, sekarang beranikah Yamaha menjawab tantangan Honda dengan mengeluarkan Yamaha SZ-R? Dengan edisi injeksi mungkin?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: