jump to navigation

Menebak Siapa Jagonya Yamaha di Kelas 250cc 27 February 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Saat ini masing-masing merek besar sepeda motor di Indonesia punya jagonya masing-masing di kelas 250CC. Produk terbaru dikeluarkan Kawasaki tahun lalu yang meluncurkan Kawasaki Ninja 250 yang dilanjutkan bulan lalu dengan variannya, Z250. Suzuki yang lama tidak menghiraukan pasar 250cc setelah menelantarkan GS250 selama bertahun-tahun pun tergiur masuk kepasar dengan meluncurkan produk anyarnya GW250. Sebelumnya Honda telah meluncurkan motor sport single cylinder CBR250. Tinggal Yamaha yang membuat penggemarnya gemas dengan sikapnya penuh keraguan yang diam seribu bahasa dan sok cool walau penjualan New Scorpio Z tahun lalu terbilang lesu dibandingkan dengan pernjualan Vixion dan Byson.

Muncul pertanyaan pendasar, perlu kah Yamaha Masuk ke segmen 250 CC?

Sebagai produsen motor besar, tag linenya yang terkenal “semakin di depan” akan terasa omong kosong kalau tidak berani masuk ke segmen 250cc. Bahkan Suzuki yang bukan pemain jago di segmen motorsport percaya diri meluncurkan produk teranyarnya GW 250. Masak Yamaha gak berani? Ini masalah gengsi sebagai “raja” motor sport dengan penjualan rata-rata 35.000 unit perbulan tahun 2012 yang lalu. Jadi Yamaha memang perlu masuk ke segmen 250 CC.

Sekarang masalahnya segmen mana yang dituju? Mid end atau high end?

250CC Salah satu pilihan adalah dengan memperluas pasar mid-end Scorpio Z dengan menaikkannya ke kelas 250CC dengan mengeliminasi si Pio dan dan memproduksi Fazer 250.

Yamaha Fazer 250

2011-yamaha-fazer-250-india

Namun ada risikonya membuat motor yang lebih besar namun modelnya beda-beda tipis dengan model yang lebih kecil (antara si Pio dan Fazer sangat mirip)  yaitu suka atau tidak suka. Kalau suka tidak ada masalah. Tapi kalau market tidak suka, mereka akan beralih ke Pulsar yang setia menggarap pasar 220CC dan Yamaha akan kehilangan pasar niche >200CC<250CC yang unik. Kesalahan strategi akan menjadi perkara yang besar mengingat ukuran pasar 250CC tidak terlalu besar, hanya berkisar 25000-30000 unit setahun. Bahkan Scorpio sendirian tidak kesulitan mencapai mencapai angka penjualan separuh dari itu tahun lalu.

Menurut penulis, sayang jika Yamaha meninggalkan pasar niche tersebut, apalagi prestasi jualan si Pio tidak jelek-jelek amat. Jualannya malahan jauh lebih bagus dari Suzuki yang sendirian mengangkangi motorsport di kelas 125CC. Jadi Si Pio tak perlu dieliminasi.

Oleh karenanya lebih baik Yamaha berjibaku masuk ke pasar high end dengan memproduksi motor kelas premium. Ini cocok dengan berita pertengahan Desember yang lalu dimana CEO Yamaha India Hiroyuki Suzuki telah mengamini bahwa Yamaha akan segera memproduksi motor kelas 250CC terutama untuk pasar ekspor di tahun 2014. Bahkan tahun lalu telah mulai mengirim versi fairing Yamaha Vixion, yaitu Yamaha YZF-R15 ke Jepang untuk tes pasar.

Yamaha YZF-R15

yamaha-r15-v1-0

Bro Taufik dari TMCblog bahkan jauh-jauh hari telah membocorkan kelahiran YZF250R, yang diposisikan untuk melawan Ninja 250. Mungkin benar, inilah jagoan Yamaha itu. Sebagai turunan langsung moge Yamaha R1 dan R6, YZF 250R memiliki diferensiasi yang membedakannya dengan motor-motor premium yang lain. Motor ini mengadopsi double disc brake untuk roda depan (Kawasaki Ninja dan Honda CBR menganut single disc) untuk lebih menjamin kualitas pengereman. Disamping itu mesin twin cylindernya diperkirakan akan menyemburkan tenaga sampai dengan 35PS yang walau hanya beda tipis dengan pesaingnya tadi (dihitung dari power to weight ratio) namun memiliki efek psikologis yang sangat besar, yaitu “motor gue powernya lebih gede dari Ninja dan CBR”.

Yamaha YZF-250R

9c53e05e-929d-63ee-aeee-6ffedad18214

Kalau begitu mari kita lihat apa yang akan dilakukan Yamaha Indonesia tahun ini. Setelah tahun lalu kalah telak di pasar skutik dengan Honda strategi apa yang akan mereka gunakan agar tetap menjadi pemimpin pasar di segmen motor sport. Apakah tahun 2013 ini akan melakukan tes pasar dengan meluncurkan Vixion YZF R15 dengan fairing? Jika ya, besar kemungkinan YZF-250R lah jagoan baru Yamaha di tahun 2014. Mari kita tunggu.

Comments»

1. Yamaha Byson 250cc? | The Naked Rider - 27 March 2013

[…] ini. Tahun depan Yamaha masih akan berkonsentrasi menggarap ‘mainan barunya’ motorsport 250cc (lihat tulisan terdahulu) untuk menghadang laju Kawasaki Ninja 250 dan Honda […]

2. hateyamaha - 1 April 2013

Yamaha indonesia cemen…tong kosong nyaring bunyinya!

The Naked Rider - 2 April 2013

Mohon jangan menyebar kebencian di blog saya. Terima kasih

3. Yamaha YZF R25 Penghadang Laju Kawasaki Ninja 250R | The Naked Rider - 2 May 2014

[…] kedatangan pengganti Scorpio yakni YZF R25 yang sesuai perkiraan akan datang tahun ini juga (lihat tulisan ini). Kehebohan kedatangan motor baru ini mengundang berbagai spekulasi tentang features dan speknya. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: