jump to navigation

Tank Bag, alternatif tas praktis ketika riding 19 February 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Mas bro, bikers sekalian. Pada saat sekarang ini, sulit sekali kita membayangkan pergi kemana-mana tanpa membawa barang-barang yang esensial bagi kebutuhan kita sehari-hari. Misalnya: tablet/smart phone, ekstra HP, charger, agenda catatan, berkas kerjaan, dan dompet. Hal ini berlaku pula bila kita harus bergerak bersama motor. Sulit membayangkan menyesakkan semua items itu pada kantong celana dan baju kita. Untuk menyimpannya ada yang membawa tas selempang atau back pack bila semakin banyak yang hendak kita bawa.

Menggunakan tas selempang memiliki beberapa kendala yaitu agak mengganggu keseimbangan bila kita harus bermanufer diantara kendaraan2. Sementara kendala klasik dari backpack adalah rasa panas dan sumuk di punggung. Disamping itu bila berkendara dalam waktu yang relatif lama akan menimbulkan rasa pegal dipundak dan punggung.

Salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menyimpan dan membawa barang-barang kita adalah tankbag. Penggunaan tank bag sangat praktis karena dekat sekali dengan jangkauan tangan sehingga dapat mengambil dan meletakkan barang-barang dengan cepat. Tank bag bukan hanya untuk menyimpan barang yang kecil-kecil. Ukuran tank bag bahkan cukup besar untuk menyimpan pakaian ganti bila kita akan traveling dan harus bermalam.

Pengertian umum tank bag adalah tas yang ditempatkan di atas tangki sepeda motor laki2. Permukaannya biasanya terbuat dari plastik tempat menyelipkan peta atau dokumen perjalanan. Di dalamnya terdapat satu atau lebih kompartemen untuk penyimpanan. Tankbag saya malahan memiliki kompartemen disamping tas yang dapat dilepaskan dan dikatkan dipinggang seperti tas pinggang. Tank bag umumnya menggunakan beberapa buah magnit yang menempel erat di tangki sebagai pengikat. Namun dengan mulai diproduksinya motor dengan tangki kondom (misalnya Yamaha Byson), maka kemudian dibuatlah tank bag dengan strap sebagai pengikat. Pengikat magnet atau strap memungkinkan tank bag nangkring dengan aman tanpa bergoyang dan mengganggu keseimbangan pengendaraan.

Ada beberapa konsiderans dalam menggunakan tank bag:

  1. Tankbag Magnetik:
    1. Kelebihannya: adalah bahwa tankbag relatif mudah digunakan pada berbagai jenis motor. Disamping itu praktis sekali, sangat mudah dipasang dan dilepaskan
    2. Kekurangannya: tentu saja kekurangan yang utama adalah tidak bisa digunakan pada tangki kondom. Disamping itu magnetnya jika terlalu kuat dapat merusak pita magnetik kartu ATM atau Kartu Kredit. Saya tidak menyarankan menyimpan dompet di tank bag tipe ini. Kita pun harus rajin membersihkannya karena permukaan pada lapisan magnet kalau tidak rajin dibersihkan dapat menyimpan kotoran yang dapat menggores cat tangki. Terakhir kekurangannya adalah mengingat kepraktisannya, tankbag ini mudah dicuri.
    3. Tankbag Strap:
      1. Kelebihannya: Kuat dan stabil karena diikat dengan strap yang kokoh.
      2. Kekurangan: agak repot memasang dan melepaskan. Sebagai contoh, tankbag saya memiliki 4 strap dan 2 ritsleting. Disamping itu ujung stranya walau dari plastik bila kita sembarangan membukanya dapat menggores cat tangki.

Sayangnya walau pun tankbag biasanya dilengkapi dengan penutup hujan, kebanyakan tank bag tidak 100% waterproof. Walau cukup memadai untuk menghadapi hujan sedang, namun selalu menyediakan lapisan ekstra plastik pelindung di dalam bila anda berkendara dalam kondisi hujan lebat.

tankbag

Comments»

1. syam - 20 February 2013

harganya brp mazbro wat kebo

2. The Naked Rider - 20 February 2013

Di pasaran cuman ada satu bro Syam. Buatan 7 Gear Bandung. Nemunya di bikershop persis sebelah jalan masuk Lubang Buaya. (namanya lupa). Harganya 350K.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: