jump to navigation

Bagaimana Memilih Sepatu Riding Yang Baik dan Benar 14 February 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Riding bermotor adalah kegiatan yang sangat berisiko. Ribuan kecelakaan terjadi setiap bulannya dan sebagian besar berakibat fatal karena pemotor tidak melindungi dirinya dengan perlengkapan keselamatan yang memadai.

Pada umumnya jika berbicara tentang alat pelindung keselamatan diri, pikiran orang langsung tertuju kepada helm pelindung kepala. Padahal selain itu terdapat pelindung lain yang tidak kalah pentingnya namun sering terlupakan, yaitu sepatu.  Saya pernah melihat riders yang menggunakan sepatu tennis bahkan sneakers (sepatu berbahan kanvas) untuk berkendara. Memang sepertinya nyaman digunakan,  namun tidak akan memberikan proteksi yang memadai bila terjadi kecelakaan.

Sepatu yang baik bukan saja memudahkan mengoper persneling, menginjak rem, tidak mudah tergelincir pada pijakan kaki dan memberikan pijakan mantap pada saat motor berhenti dan kita harus bertopang kepada 2 buah kaki kita. Sepatu yang baik juga mampu melindungi kaki dari cedera yang parah karena tergesek, terkena knalpot panas, dan tergencet.

Bagaimana kita memilih sepatu riding yang baik?

Sepatu yang baik setidak-tidaknya harus memiliki 3 kualitas yaitu:

  1. Terbuat dari kulit atau bahan lain yang kualitasnya setara kulit. Negeri kita berada di daerah khatulistiwa yang panas dan sumuk.  Oleh karenanya semua pelindung tubuh, dalam hal ini sepatu harus terbuat dari bahan yang ‘bisa bernafas’ dan memberikan ventilasi agar kaki tidak panas dan berkeringat. Kulit juga memberikan perlindungan yang baik terhadap gesekan aspal. Disamping itu kulit tidak akan lumer jika kaki kita terkena bagian motor yang panas, misalnya knalpot.
  2. Tahan air.  Selain panas, negeri kita juga sering mengalami hujan. Riders yang sering melewati kawasan puncak pasti tahu bagaimana rasanya. Untuk itu setiap riders itu perlu menggunakan sepatu pelindung yang tahan air agar kaki tetap hangat dan nyaman digunakan pada daerah becek atau ditengah hujan. Alangkah menderitanya riding dengan menggunakan sepatu yang tembus air dikala hujan dan membasahi kaus kaki.
  3. Sol Karet Tebal. Sol sepatunya hendaknya terbuat dari karet tebal, bersifat keras dan kaku. Sol karet memberikan injakan yang mantap, tidak mudah terpeleset di berbagai permukaan.  Sol yang keras memberikan proteksi yang baik jika kita dalam keadaan rebah tertimpa motor yang berat.

Sementara dari segi model, mungkin tergantung selera. Namun sepatu yang baik harus memiliki tinggi yang melebihi engkel kaki untuk memberikan proteksi yang baik terhadap kaki jika kaki kita terhimpit atau mendapat tekanan yang dapat memelintir kaki. Jika dipakai sepatu harus rapat memeluk kaki dengan mantap sehingga kaki kita bergoyang bersama sepatu, bukan bergoyang di dalam sepatu.

Sekarang banyak sekali tersedia berbagai pilihan  untuk sepatu. Range harganya mulai dari 300 ribu rupiah sampai dengan jutaan. Namun sebenarnya tidak perlu memaksakan diri membeli sepatu buatan impor yang harganya jutaan. Beberapa vendor lokal menyediakan sepatu yang baik dengan harga tak sampai 500 ribu rp.

Saya sendiri saat ini memiliki 2 sepatu yang biasa saya gunakan untuk riding. Pertama boot buatan Dr Martens model 1460. Ini sebenarnya sepatu boot biasa tapi menurut saya cukup memenuhi syarat sebagai sepatu riding. Sol karetnya fleksibel sekaligus keras. Solnya dipilih dari bahan yang tidak mudah tergelincir pada permukaan yang basah atau berminyak. Kulitnya waterproof dan nyaman sekali digunakan berkendara karena tidak panas. Namun sepatu ini sangat merepotkan bila kita harus berhenti sejenak untuk shalat misalnya. Soalnya ikatan talinya banyak. Jadi cuma dipakai riding ke kantor.

Sementara sepatu saya yang kedua buatan lokal dari vendor AHRS. Tingginya sedikit di atas mata kaki dan sedikit di bawah betis. Ukurannya 1 ukuran di atas ukuran kaki saya untuk memberikan sedikit ruang pada jari kaki. Modelnya saya pilih model yang dari depan terlihat seperti model sepatu kantoran, jadi saya bisa memakainya ke kantor. Asiknya, sepatu ini diikat dengan retsleting yang dikawal oleh sebuah kaitan velcro. Mudah sekali memakai danmembukanya.

IMG01947-20130215-1105

Sepatu

Comments»

1. grosir baju bali murah - 26 March 2013

makasinya atas artikelnya dan atas sarannya berguna sekali untuk saya

2. The Naked Rider - 26 March 2013

Sama sama masbro. Terima kasih sudah mampir

3. laki shop - 21 May 2014

kunjungi http://www.lakishop.com
untuk memiliki berbagai kebutuhan fashion spesial lelaki
sepatu bola, sepatu bikers untuk touring dan kaos tangan khusus bikers, sepau petualang/adventure, sepatu safety, sepatu cowwboy, sepatu futsal dll
jaket keren, jaket motor semua original branded
kaos original branded dengan tema vespa, online gaul dan tema khas kaos lelaki gaul
Kaos branded distro


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: