jump to navigation

Mengubah Kebiasaan Diri Agar Motor Makin Irit 13 February 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

fuel

Baru-baru ini Honda menelurkan motor naked terbarunya, Honda Verza 150 dengan sistim injeksi BBM. Motor yang cukup tampan dan sekilas mirip New Megapro yang lebih dulu lahir. Motor ini irit sekali dengan harga yang amat terjangkau, Cuma 16 jeti saja. Konsumsi BBMnya konon 123 kpl (http://otomotif.kompas.com/read/2013/02/09/6550/Honda.Verza.150.Butuh.154.CC.Bensin.Menempuh.Jarak.19.km?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kotwp) bahkan 162kpl (http://oto.detik.com/read/2013/02/10/170348/2166095/1208/konsumsi-bbm-honda-verza-capai-162-km-liter?o991102638).

Nah terlepas dari akurasi peliputan tersebut yang memang sangat ‘wow’ sekali, dan bila hasil tersebut dianggap terlalu dibesar-besarkan dan hasil liputan tersebut dibagi 2, maka ketemu angka 61kpl dan 81 kpl yang tentu saja masih irit sekali.

Untuk itu kita mesti lihat apa yang membuat Honda Verza irit. Pertama, motor ini tidak menganut pengabutan karburator, tapi injeksi bbm. Ada sensor injeksi yang dirangkai menjadi suatu sistem yang dinamakan PGM-FI (Programmed Fuel Injection), artinya sensor itu tahu kapan harus menyemburkan kabut bensin, dan kapan harus menyetopnya sehingga motor sangat efisien, hanya menyemburkan bbm bila perlu saja. Beda dengan motor lain yang non injeksi yang bensin selalu tersembur jika gas dipelintir terlepas dari mesin membutuhkan tambahan bensin atau tidak. Honda Versa memiliki noken as yang lebih pendek agar cepat membuka klepnya. Akibatnya tarikan pada putaran bawah dan tengah lebih ringan sehingga pengendara tidak perlu membuka gas dalam-dalam hanya untuk mendapatkan tarikan. Rupanya ini yang membuat irit. Honda Versa memastikan mesinnya menggunakan bensin dengan bijak.

Tentu saja bagi sebagian kita, pemotor yang terlanjur membeli motor yang  bukan Verza, ‘boros’ pula, ingin motornya lebih irit. Tapi motor kita bukan Honda Verza. Bagaimana dong?

Kalau motor kita tidak bisa menggunakan bbm dengan bijak, kita yang harus bijak.

Bagaimana bersikap bijak? yakni dengan menghilangkan beberapa kebiasaan berkendara yang berakibat motor lebih ‘haus’ bbm:

  1. Kebiasaan memanteng gas putaran tinggi pada saat pemanasan di pagi hari. Mesin dengan teknologi sekarang tidak perlu pemanasan yang lama. Cukup dinyalakan stasioner selama kurang lebih 1 menit, mesin siap untuk diajak pergi.
  2. Biasakan menaikkan gas pelan-pelan secara bertahap bila ingin menaikkan kecepatan, jangan sekaligus. Ingat, penambahan power dan kecepatan yang tiba-tiba berbanding lurus dengan konsumsi bbm.
  3. Jaga kecepatan jangan terlalu kencang dan tidak terlalu pelan agar mengurangi kemungkinan harus mengerem tiba-tiba atau menekan gas tiba-tiba. Salah satu sumber penulis mengatakan kecepatan ideal adalah di bawah 60 kpj namun di atas 40 kpj. Ingat, semua yang dilakukan tiba-tiba akan memboroskan bensin.
  4. Tingkatkan konsentrasi. Jangan melakukan kegiatan lain sambil mengemudi, misalnya merokok, membaca/mengirim sms/bbm, membetulkan pakaian/helm atau apa saja yang membuat konsentrasi anda terganggu dan sulit melakukan antisipasi atas berbagai kejadian di jalan. Antisipasi yang terganggu membuat anda dapat tiba-tiba mengerem atau menambah gas yang mengakibatkan boros bensin.
  5. Sekarang kemacetan sudah terjadi dalam skala masif. Termasuk kemacetan yang disebabkan traffic light. Kemarin di Margahayu Bandung, penulis bertemu dengan lampu merah yang mematok angka tunggu 300 detik. 5 menit, jack. Bila bertemu kemacetan parah atau lampu merah parah, matikan mesin.
  6. Selalu keep in mind, anda sedang mengendarai motor dengan efisien sehingga tidak akan terpancing jika ada yang ‘nantang’ untuk tarik-tarikan atau mengebut. Sabar, bro. Tarik-tarikan hanya boleh di trek Sentul.
  7. Pilihlah rute dengan cermat. Pilihlah rute perjalanan yang memiliki jarak tempuh yang paling dekat atau paling lekas sampai. Kegagalan memilih rute dengan cermat hanya membuat anda berputar-putar atau terjebak kemacetan yang mengakibat hilangnya kesempatan mengirit bbm.
  8. Rajin meminyaki motor agar semua bearing, rantai dan roda dapat berputar berputar sempurna. Mutlak untuk membiasakan meminyaki setelah motor dicuci.
  9. Jaga agar motor kita selalu bersih dan mengkilap. Motor yang bersih memberikan perasaan segar kepada pengendara dan segan untuk melakukan kegiatan (misalnya ngebut) yang dapat mengakibatkan motor kotor.

Comments»

1. bandit7suzuki - 17 May 2013

nice tips om. keep posting…

The Naked Rider - 6 October 2014

Thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: