jump to navigation

Modifikasi Minimalis Mempercantik Byson 30 January 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: , , ,
trackback

Menurut penulis Byson memang motor yang gagah dan ganteng. Tapi tidak ganteng-ganteng amat. Jadi perlu ada sentuhan agar penampilannya agak lebih baik. Namun tidak semua pemotor Byson memiliki uang yang berlebih untuk mempercantik Bysonnya. Penulis sendiri memodifikasi Byson dengan cara seirit mungkin. Berikut ini adalah sentuhan yang bisa dilakukan agar Byson kita lebih ganteng lagi dengan dana yang minimalis. Modifikasi ini dilakukan dengan (sesuai preferensi penulis) tidak mengubah karakter Byson sebagai motor naked sport atau touring.

Byson-Hitam

IMG01918-20130124-1553

IMG01913-20130124-1551

  1. Lampunya besar seperti orang yang mukanya kebesaran. Kurang enak dilihat. Rupanya lis nya yang berwarna putih turut memberi kesan muka yang lebar. Untuk itu perlu diberikan sedikit aksen agar penampilannya lebih baik. Penambahan sedikit stiker berwarna hitam pada bagian samping lampu ternyata bisa membuat lampunya terkesan mengecil.
  2. Front forknya ternyata berukuran terbesar dari semua motor yang diproduksi di Indonesia. Namun penyepuhan chrome pada bagian atasnya membuatnya terkesan mengecil. Untuk itu penulis menutup bagian tersebut dengan stiker berwarna hitam. Hmm, lumayan hasilnya.
  3. Body yang besar mestinya ditunjang oleh mesin yang besar pula. Apa daya, mesin byson kecil saja. Oleh karenanya mesin tersebut harus ditunjang oleh aksesoris tambahan agar memberikan efek besar dan gagah. Untuk itu pemakaian teralis ala Ducati seharga 100 ribu bisa ditambahkan, plus penutup mesin. Khusus penutup mesin terdapat banyak pilihan di toko-toko aksesoris. Namun penulis memilih yang paling murah, hanya 80 ribu dan terbuat dari plastik. Sementara teralis ala Ducati yang penulis peroleh sangat jelek sekali, berwarna hitam dof dengan sambungan las yang sangat kasar buatannya sehingga harus didempul ulang dan di pilox dengan cat mengkilap. Ada yang senang warna merah supaya mirip betul dengan Ducati. Tapi penulis lebih suka warna hitam agar karakter Bysonnya tetap kental melekat.
  4. Salah satu bagian tubuh Byson yang paling penulis benci adalah stripingnya dan bagian samping sampai pantat belakang. Stripingnya sangat ramai seperti pasar malam. Penulis mencopot semua dan menggantinya dengan tulisan YAMAHA ditangki. Bodi samping dan pantat belakang yang aerodinamis tapi terkesan berbentuk feminin pun penulis copot. Sekarang terlihat lis bodynya. Kelihatan kekar dan gagah.
  5. Modifikasi lain adalah spatbor depan ala Ninja 250 dan bracket besi tempat menaruh tas kalau turing. Khusus spatbor mungkin bagi yang suka saja, karena spatbor byson sudah cantik. Penulis sendiri memakai yang produk KW seharga 80 ribu. Namun pemasangan bracket besi dibelakang (100 ribu) dirasa perlu karena handel besi bawaan byson terlihat buruk jika bagian pantat belakang dicopot.

Begitulah, dengan modal tidak sampai 400 ribu, penampilan Byson sudah banyak berubah dan (sangat subyektif) lebih ganteng.

Jika nanti punya uang lagi, baru ditambah dengan hand guard, tuas rem/kompling yang bisa disetel dan rear disc brake. Bertahap saja mas bro.

Comments»

1. Punya Byson: Apa yang dimodifikasikan duluan? Mesin atau Body? | The Naked Rider - 23 March 2013

[…] body. Untuk itu sebenarnya bisa dilakukan dengan budget yang minimalis (under 500K, lihat tulisan terdahulu) atau maksimalis dengan mengaplikasikan perangkat fibre glass yang banyak dijual di toko online. […]

2. hacka - 30 December 2013

bro mau tanya, beli breket yang sejajar dengan jok itu beli dimna?

The Naked Rider - 17 April 2014

beli di Slamet, dekat SMP 1 Bekasi

3. Anonymous - 4 August 2015

RDB gak dihitung bro? :3


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: