jump to navigation

Coba-coba tukar Sprocket Gear Byson 18 December 2012

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: , , ,
trackback

Seperti diketahui, besar kecil sprocket gear turut menentukan tingkat responsiveness dan topspeed sebuat sepeda motor. Dengan kompresi engine 1 : 9 membuat karakter tarikan byson yang smooth.  Oleh karenanya hal yang termasuk pertama kali penulis lakukan dalam memodifikasinya adalah dengan mengubah konfigurasi sprocket gear.

Aslinya, byson menganut sprocket gear belakang 40 mata (pada satu gear terdapat 40 buah duri-duri)   dan depan 14 mata. Prinsipnya bila ingin meringankan tarikan, maka konfigurasi rasio gear depan belakang harus diubah. Semakin rendah rasionya, semakin berat beban mesin tapi semakin tinggi top speed sementara semakin tinggi rasionya, semakin ringan tarikan mesin namun semakin rendah top speed. Contoh: dengan sprocket asli byson, maka terdapat rasio konfigurasi 40/14=2.85. Bila ingin menambah tarikannya maka rasio tersebut harus diperbesar >2.85 dan bila ingin menambah top speed maka rasionya harus diperkecil <2.85. Dari perhitungan matematis, konfigurasi rasio tersebut dapat diperoleh dengan mengubah besar gear belakang dan depan.

Informasi yang penulis peroleh  dari http://universalbyson.blogspot.com/2011/09/experiment-kecil-kecilan-terhadap-rasio.html memperlihatkan hasil eksperimen terhadap variasi ukuran sprocket gear untuk mendongkrak tarikan Byson. Begini reviewnya: (awal kutipan)

1. 14 (depan) – 40 (belakang)

Ukuran standard gear byson, ato secara rasio 40/14 = 2.85, rasanya? smua pasti tau lah.. tarikannya merata, bawah, tengah ama atasnya lumayan…Kalo pake box (kyk gw: bodi + box = 80 kg), ternyata kerasa berat, apalagi kalo bawa mahluk halus di bonceng (pacar), kerasa banget ngedennya..jadi kudu ganti dengan rasio gear yg lebih besar.

2. 14-44

Gear belakang diganti sama punya si scorpio, PnP kok, 6 titik bautan, plek plek plek deh. Rasio gear jadi 44/14 = 3.14, rasanya? akselerasi manteb, kata orang sunda mah “ngajol”.. (loncat2).. padahal motor dikasih box (10kg) + mahluk halus + gw = 10 + 70 + 50 = 130 kg, motor kerasa enteng seperti ngga bawa boncengan + box dengan rasio gear standard. Tapi… napas kerasa pendek banget.. baru ngegas stengah dah pol, kudu oper gigi terus.. jadi malah capek kalo motor pas buat sendirian..

3. 14-42

Gear belakang pake punya vixion, sama jg: plek plek plek..Rasio gear jadi 42/14=3 pas. Akselerasi ngga segalak 14-44, tapi napas jadi lebih panjang, walaupun masih lebih pendek dibandingkan dengan rasio standard…Buat boncengan + box lumayan enak, ngga ngeden tapi ngga terlalu cepet habis jg nafasnya.. INI RASIO GEAR YANG PALING PAS BUAT BONCENGAN + BOX, menurut gw lho..

4. 15-42

Sekarang ganti gear depan jadi 15, pake punya mx ato pake merek TK ato yg laen, PnP kok, karena punya bison lubang bautnya cuman ada 1 (spt MX)..Rasio jadi 42/15=2.8 pas, ini rasionya lebih kecil dari standard, bisa ketebak dengan mudah, ngedennnnn abiss.. bahkan dalam kondisi motor sndiri + box doang dah kerasa ngeden.. NOT RECOMMENDED lah..

5. 15-44

Gear lama scorpio gw pasang lagi, jadi rasionya jadi 44/15=2.933333333. Buat sendirian + box = TOP MARKOTOB deh.. tenaganya jadi enteng di semua RPM, mulussss…. trus napas ngga cepet habis seperti gear rasio 3.0 (14-42)…Tapi pas buat boncengan, hmm.. agak ngeden.. not recomended kalo buat boncengan… tapi kalo boncengan ente ngga berat2 amat.. coba deh rasio ini.. manteb…

6. 13-40

kalau ini saya sendiri yang berexperimen..Gear asli depan BYSON saya copot diganti gear RK-K + pasang spi dikarenakan punya byson pakai baut untuk peganagn gear biar tidak copot dan gaear+spi harganya ga bikin kantong bolong kok kisaran 20rb. kenapa saya menggunakan gear depan 13 ??? ketimbang gear asli 14. teman pernah bilang ke saya bila ingin tarikan awal byson oke ganti aja pakai 13 karena gear depan turun satu mata itu juga = naikin gear belakan 5 mata dan kebanyang dong gimana akselerasi awalnya, mau dikasih beban segede gajah juga ga ngaruh, nah kalau dihitung2 jadi rasionya jadi 40/13 =3.076. Buat sendirian + box = kurang enak napas kerasa pendek .. baru ngegas stengah dah pol ya walaupun masih mau main di RPM 8500.(akhir kutipan)

Berdasarkan review tersebut akhirnya penulis kemudian memilih ukuran diperkirakan paling optimal yaitu 15-44 (rasio 2.93), dimana tarikan cukup ringan namun tidak terlalu banyak kehilangan top speed. Benar banget bro. Tarikan sangat ringan untuk membopong tubuh penulis yang berpostur tinggi besar 186 cm/88 kg bahkan dengan berboncengan dengan anak (185cm/95Kg). Oya, gear depan 15 memakai punyanya Yamaha MX dan belakang 44 memakai punyanya Scorpio.

Sprocket Gear Yamaha Scorpio

Gambar

Setelah porting polishing yang penulis lakukan tempo hari di BRT (baca tulisan sebelumnya), penulis tingginya kekuatan mesin sehingga tarikan terasa terlalu ringan dan napas motor jadi semakin pendek. Oleh karenanya penulis ingin memperkecil rasio gear yang ada pada saat ini. Agar napas gas semakin panjang. Apalagi penulis sedang naksir kepada gear Sinnob yang pernah terlihat sangat cantik nangkring di sebuah Honda Tiger. Cek punya cek, ternyata memang gear yang tersedia untuk byson adalah 42 mata. Jadi pas lah, kalau diganti dengan konfigurasi 42/15=2.8, hampir sebesar konfigurasi rasio awal, 2.85. Cukup berat dan pasti naik top speednya sekitar 5 kpj. Cara menghitungnya adalah (ambil saja asumsi kecepatan awal dengan gear 15/44 100kpj) yaitu 2.93/2.8 dikalikan 100=104.64. Kenaikan 4.64kpj dibulatkan 5kpj.

Sprocket Gear Sinnob Yang Cantik

Gambar

Namun ketika hendak kebengkel, penulis iseng-iseng membawa gear lama (40 mata) untuk dicobakan dengan konfigurasi 15/40. Asumsi penulis adalah kalau tarikan ternyata berat, maka ya sudah sekalian ganti Sinnob yang 42 mata.

Namun penulis sungguh terkejut mencobanya. Motor tetap mampu melonjak dan dengan cepat (gigi 3) penulis bisa mencapai 80kpj. Wow, impresif sekali. Kalau begini, tidak jadi saja mengganti dengan gear Sinnob. Ini saja sudah lebih dari cukup. Sorry Sinnob.

Begitulah, kini penulis menggunakan paduan srocket gear 15/40 dengan rasio 2,666. Dengan demikian dengan mengubah dari gear semula (15/44) menjadi 15/40, setidak-tidaknya penulis memperoleh penambahan top speed sebanyak 9.7 atau dibulatkan menjadi 10kpj. Itu dengan asumsi top speed semula 100kpj. Padahal konon kecepatan Byson standar (belum diapa-apain) yang paling lelet saja 105kpj (walau banyak sekali yang lebih, sih, bahkan blogger IWB mengklaim 116kpj). Kira-kira berapa ya top speed Byson penulis sekarang? Oya, sejauh ini modifikasi yang dilakukan adalah mengganti knalpot dengan knalpot free flow AHRS, pasang cdi racing dual band BRT, dan porting polish saluran isap dan buang di bengkel BRT.

Comments»

1. okki - 17 January 2013

Rantainya pake apa bro???

2. The Naked Rider - 28 January 2013

Rantainya pakai rantai bawaan Byson. Kalau kita pakai paduan sprocket gear 44 (belakang) dan 14 (depan), rantainya mesti disambung 2 keping pakai rantai jenis yang sama, karena rantai asli kurang panjang. Namun akibatnya rantai cenderung kendur sehingga harus dipakaikan chain puller. Sekarang pakai paduan 44/15 pakai rantai asli tanpa tambahan. Begitu, bro.

3. syam - 8 February 2013

ane pake gir depan 15 pnya mx ko bunyi kretek2 y bro.
solusinya dong bro?
(15-40)

4. okki - 14 April 2013

berapa bro harga nya?

The Naked Rider - 14 April 2013

yang original sekitar 175K. Thanks sudah mampir bro

5. Gey3ng - 20 April 2013

Yang Benar yg mana dipakai sekarang?? 15/40 apa 15/44 bro??

Tadi di akhir penulis bilang “Begitulah, kini penulis menggunakan paduan srocket gear 15/40 dengan rasio 2,666.”

The Naked Rider - 21 April 2013

Sebelum porting polish pake 15/44. Tapi setelah porting polish kok rasanya terlalu ringan dan nafasnya cepat habis. Tadinya mau diganti pakai punya vixion 42. Tapi iseng2 coba yang asli bawaannya, 40 mata. Ternyata tidak masalah. Sekarang nafasnya terasa panjang. Begitu bro. Trims udah mampir

6. R6 - 22 April 2013

jadi jika gir depan di ganti punya jupi mx top spednya nambah ya bro……. tank brow atas informasinya…..

The Naked Rider - 23 April 2013

Bro R6, secara teoritis iya. Konfigurasi gear asli byson 40/14=2,587. Kalau gear depan diganti dengan punya MX jadi 40/15=2,667. Kalau ingin menghitung berapa kecepatan yang bertambah dengan mengganti gear depan dengan punya MX, kita harus tahu dulu berapa kecepatan maksimum bila menggunakan gear asli (2,857). Kita asumsikan saja kecepatan maksimumnya 105kpj.

Dengan demikian potensi pertambahan top speed byson adalah 2,857 dibagi 2,667=105 dibagi x.

X adalah potensi top speed baru. Jadi x = 1.071 x 105= 112,48 kpj. Pertambahan topspeed= 112,48-105= 7,48kpj.

Tapi masbro, sebagai konsekwensi topspeed nambah, putaran bawah akan melambat. Begitu kira2. Thanks sudah mampir

R6 - 2 May 2013

terimakasih sekali atas penjelasanya bro….. salam

Rio - 12 December 2015

Bro mohon pencerahan’y donk,
Byson ane pas lagi jalan gear depan’y bunyi ctak2, dari jalan pelan, menengah, kwonceng, tuh bunyi terus, tapi klo pas kopling di tekep tu bunyi ilang, digas lepas kopling bunyi nongol lagi, mohon solusi’y bro,,,

denelyant - 19 January 2016

Kang,.gmn klw byson di pasang kampas kopling ninja 2tak r,,d tunggu pencerahannya

The Naked Rider - 26 January 2016

Saya belum pernah coba. Hanya pernah dengar2. Ini untuk mensiasati tarikan byson yang berkarakter slow starter.

denelyant - 26 January 2016

kang,,bener g torsi motor byson saat d ukur dynotest 7 koma sekian kw,,termasuk mumpuni g motor sekelasny…hatur nuhun pencerahannya.

The Naked Rider - 26 January 2016

Mungkin maksudnya dayanya ya, bukan torsi. Resminya sih 10,5 kW atau sebanding dengan 14 HP.

Terus terang saya belum pernah mengukur Byson saya. Tapi saya pernah mengukur Scorpio Z yang juga sering saya pakai keluar kota. REsminya Scorpio itu 18HP (13,4 kW). Tapi apa daya, hasil pengukuran Dyno test (di kota Bekasi, nama bengkelnya lupa tapi dekat bendungan gak jauh dari Metmal) hanya sekitar 14 HP (10.4 kW). Padahal mesin sehat.

Jadi kalau ada yang bilang Byson itu powernya 7 koma (mestinya sekitar 10 an) saya kira itu ada benarnya.

denelyant - 26 January 2016

ide g kn hbis kang slama qt msh berkreatifitas hanya zeda sja,,wjarlah.mgkin bsa diadakn rubrix tnya jwb sputar otomotif krn blog akang ni bnyak pgunjungny,,skalian sy pgin pncerahan lg kang,,mklum sy msh awam otomotif,apakah performa byson d lapangan (std) bsa menyaingi at mgkin lbh dgn mtor sekelasny misal vixi old at new,mx,at cb150r,,pgalaman sy d jlanan ma 3 mtor td kecuali cb150,,balapan bs menang trek lurus,,ma cb150 blm prnah jajal kang,blm ktmu az,,,

The Naked Rider - 26 January 2016

Mungkin maksudnya dayanya ya, bukan torsi. Resminya sih 10,5 kW atau sebanding dengan 14 HP.

Terus terang saya belum pernah mengukur Byson saya. Tapi saya pernah mengukur Scorpio Z yang juga sering saya pakai keluar kota. REsminya Scorpio itu 18HP (13,4 kW). Tapi apa daya, hasil pengukuran Dyno test (di kota Bekasi, nama bengkelnya lupa tapi dekat bendungan gak jauh dari Metmal) hanya sekitar 14 HP (10.4 kW). Padahal mesin sehat.

Jadi kalau ada yang bilang Byson itu powernya 7 koma (mestinya sekitar 10 an) saya kira itu ada benarny

denelyant - 29 January 2016

kang mohon pencerahan..klw byson pake cdi brt dual max apakh karbu di setting ulang g,,smua std kcuali cdi(pake brt)..

denelyant - 29 January 2016

kang mohon pencerahan..klw byson pake cdi brt dual max apakh karbu di setting ulang g,,smua std kcuali cdi(pake brt)..spuyer perlu d perbesar g..makasih.

The Naked Rider - 29 January 2016

Penggunaan CDI racing (seperti BRT) adalah manipulasi terhadap kelistrikan sehingga putaran mesin bisa >9000 RPM. Menurut saya tidak perlu menggunakan spuyer yang lebih besar (misalnya dengan menggunakan spuyer Scorpio) karena pembesaran spuyer adalah manipulasi terhadap asupan BBM. Kalau mau memanipulasi asupan BBM sehingga perlu ganti spuyer maka yang diubah adalah ruang bakar (misalnya dengan bore up, stroke up dan polish port) ataupun ganti karbu dengan karbu non-vacuum (karbu skep).

7. Cara meningkatkan tarikan Byson | The Naked Rider - 17 June 2013

[…] dengan punyanya Yamaha Jupiter (15 mata) dan gear belakang dengan 44 mata punya Yamaha Scorpio (lihat tulisan ini). Ditanggung motor anda akan lebih responsif pada putaran rendah namun top speed akan berkurang. […]

8. Herinda Prasta - 9 August 2013

jd klo mesin standar gear belakang ganti punya vixi depan ori ban belakang 150-60.tambah.bokjln.datar.boncengan.kadang2!6~”‘_!6’

9. Herinda Prasta - 9 August 2013

nambah gan knalpot udah ganti yg freeflow buatan i-one

10. mad - 10 August 2013

kLo pake settingan 15 – 40 tetep rante standar ya bro?

11. ipanase - 7 September 2013

wah mantebhh

12. Anonymous - 17 October 2013

jadi udah pakeie semua bro…
Kira2 brpa km/ jam…? Bro.
Emi rcg batu bara

13. viki - 8 December 2013

bison oh bison kapan kau jadi milikku..hhh

14. Enam Cara Menambah Tarikan Motor Tanpa Mengubah Enjin | The Naked Rider - 17 June 2014

[…] 1. Gearing. Bagi masyarakat komuter yang tinggal dipinggiran Jakarta tarikan pada putaran bawah sangat penting. Jalur jalan seringkali dipenuhi truk-truk atau bus-bus besar yang menyesaki jalan. Oleh karenanya kemampuan untuk menyelap nyelip diantara kendaraan tersebut ataupun mendahuluinya seringkali merupakan faktor yang sangat penting dalam berkendara. Namun kemampuan menyalip kendaraan besar dapat menjadi perkara besar bahkan mengundang kecelakaan bila motor kita lemot sehingga selalu dalam posisi ‘tanggung’ bila akan menyalip. Kita dapat memperingan beban enjin dan menambah tarikan awal motor dengan mengganti gear baik depan atau belakang. Gear adalah tempat meletakkan rantai penggerak roda belakang. Gear dibuat dengan berbagai ukuran. Byson misalnya, memiliki gear depan 14 mata dan belakang 40 mata. Dengan mengganti gear belakang dengan punya Vixion (42 mata) maka tarikan akan terasa lebih ringan sehingga semakin mudah melibas kendaraan-kendaraan besar, terutama di tanjakan. Namun penggantian ini akan membuat top speed menurun. Lihat tulisan ini. […]

15. wahyuekos - 17 October 2014

bro numpang tanya dong, klo kombinasi gear depan 15 dan gear belakang 44 gimana bro?? buat tanjakan kaya di puncak gimana ya kira2?? ngeden ga yaa.. mohon pencerahan maklum saya masih baru untuk nyoba kombinasi gear.

The Naked Rider - 17 October 2014

Bro Wahyu, sekarang suka ngeden atau tidak? Kalau ngeden coba periksa kondisi kopling> Bila normal coba atur setelan angin.

Tentang gear, menurut hemat saya begini.

Rasio gear asli dpn 14 mata belakang 40 mata adalah 2,86. Mengingat karakter Byson (antara bore dan stroke seimbang) yang tarikan merata baik diputaran rendah maupun tinggi maka menurut saya rasionya harus dinaikkan sedikit supaya putaran bawah terasa lebih kuat. Putaran bawah yang kuat perlu bila kita hendak melewati kendaraan berat atau kita berada di daerah perbukitan.

Kita memperingan putaran bawah dengan memperbesar rasio gear (>2,86). Untuk itu kita dapat menggunakan gear dpn 14 serta mengganti belakang dengan 41 (rasio 2,93). Karena gear 41 sulit didapatkan maka dengan menukar gear depan dari 14 ke 15 dan menukar belakang dari 41 ke 44 didapatkan juga rasio yang sama 2,93, sehingga tarikan bawah akan lebih ringan.

Selamat bereksperimen.

The Naked Rider - 17 October 2014

maaf, maksud saya setelan angin adalah setelan udara di karburator

wahyuekos - 17 October 2014

oke siap bro , selama ini siih ga pernah ngeden motornya.. nah klo pake kombinasi 15/44 itu tarikan diatasnya gimana ya?? apa berkurang??

16. Anonymous - 30 October 2014

mas, numpang tanya…byson saya keluaran tahun 2012 warna hitam…ban belakang saya ganti jadi 140-70..dan akhir2 ini sering bunyi kretek kretek di bagian sproket depan…kira2 saya harus ganti sproket depan dan belakang gag, mas?

The Naked Rider - 30 October 2014

Asumsi: rantai normal tidak berkarat, tidak aus.

Kalau bunyinya kretek2 pas menurunkan kecepatan, tapi hilang sewaktu menaikkan kecepatan ada beberapa kemungkinan:
1. Gearnya kotor karena banyak kotoran dan sisa gemuk yang menumpuk jadi lumpur di situ. Kalau males bukanya semprot saja dengan pembersih karbu atau WD 40 biar lumpurnya mengalir keluar.
2. Mata di gear depan ada yang ompong karena gesekan selama ini, harus diganti
3. Gear depan sudah oblak jadi putarannya tidak rata, harus diganti

Kalau masih bunyi juga coba cek sprocket gear belakang, mungkin mengalami seperti yang di atas. Atau (saya pernah mengalami) ada baut gear yang kendur.

Mudah-mudahan bisa membantu

17. Anonymous - 30 October 2014

rantai berkarat sudah 2 tahunan sejak beli belum pernah diganti begitu juga dengan gear depan belakang..hehe…
kira kombinasi gear yang bagus apa ya mas?…saya gag doyan ngebut…14-42 cocok ya buat ban belakang saya yg 140-70?

18. The Naked Rider - 30 October 2014

hehehe biasanya setelah beberapa waktu rantainya akan melar sehingga kepanjangan. Dari pada potong lebih baik ganti bro.

Kalau tentang gear yang cocok, 14-42 kayaknya terlalu ringan ya. Lebih baik pakai standarnya 14-40, berasa mantep. Ringan di semua putaran mesin.

Anonymous - 30 October 2014

ok terima kasih banyak atas infonya…tapi saya sudah terlanjur pesan sinnob premium byson 14-42, mas..hehe..

Anonymous - 30 October 2014

ok terima kasih atas infonya…tapi saya sudah terlanjur pesan sinnob premium byson 14-42..hehe

19. Anonymous - 30 October 2014

oke terima kasih atas infonya,mas…tapi saya sudah terlanjur pesan sinnob premium byson 14-42..hehe

The Naked Rider - 31 October 2014

hehehe

20. Anonymous - 14 November 2014

mantap pake 42 punya vixion

21. wahyuekos - 25 January 2015

Kok saya pake 15/44 harus nambah rante sih, -_-

The Naked Rider - 26 January 2015

Rantai asli kurang panjang untuk gear 44 mata karena gear Byson cuma mata

The Naked Rider - 26 January 2015

maksud saya Byson cuma 40 mata

22. wahyuekos - 26 January 2015

owh gitu, nah skrg pertanyaan saya kan byson saya pake penyambung rante nih seri 428H kira2 kuat ga ya? atau ganti rante yg lebih panjang?

23. wahyuekos - 28 January 2015

akhirnya saya putus hubungan dg Sproket 15/44 krn mengganggu pendengaran, berisik bgt.. trs minang SINNOB dan hasilnya lebih menjajikan.. Maknyuuuuussss. napas panjang tarikan dapet atas bawah.

The Naked Rider - 28 January 2015

hehehe Sinnob mahallll

24. asep - 26 June 2015

Permisi.. Mau nanya kalo ban ukuran 14/70-17 pke gear nya ukuran brp??
Makasih

25. denelyant - 20 November 2015

kang,,klw pake sproket gear r15 di byson qu bgmana y performanya..

The Naked Rider - 26 January 2016

Saya belum pernah coba.

26. denelyant - 20 November 2015

mohon jwbanny kang,,,byonic tangerang.

wahyuekos - 29 January 2016

pagi bro, ane mau jawab pertanyaan “byson pake kampas ninja 2tak”, ane pake byson & kampas kopling Ninja 2tak + rumah kopling per6, hasilnya motor makin jos gandos bro.. tarikan makin enak makin lari. klo mau enak lg ya harus berani boreup / strokeup bro, mainin noken as juga dijamin ngacir..

The Naked Rider - 29 January 2016

Thanks sharingnya

denelyant - 29 January 2016

Byson sy mo pke spt tu kang cm un rumah kopling per 6 tu pnp g,after market at substitusi kang biar saya g salah pasang..di tunggu uraianny..thanks for all

denelyant - 29 January 2016

Mlm bro..mohon uraianny klw byson pake rmh kopling per6 pnp g trus pke yg aftermarket at substitusi…byionic tangerang

denelyant - 29 January 2016

bro wahyu uraianny sy tunggu ni,mengenai rumah kopling per6, substitusi at aftermarket

27. wahyuekos - 1 February 2016

iiyaa bro, pake rumah kopling per6 merk HBM aja yg pnp byson, sama sekali gak ada rubahan, paling nambah baut yg buat ngunci per nya kan bawaan byson cuma 4..

denelyant - 10 February 2016

bro wahyu at byionic smuany ad yg prnh gnti velg jari2 g di bysonny,,sy prnh pke velg jari2 tp speedo meter ko jd g jalan y nol trus,,ad yg pny solusi???

28. dika1802 - 21 March 2016

Bray saya dika daripalembang. Mo tanya byson saya kan pake arm banana nah kalo diganti gear set ory nya byson langsung coplok apa bakal nyambung rante lgi ya bray? Tolong pencerahannya…

denelyant - 21 March 2016

Arm banana ap bro

dika1802 - 22 March 2016

Swing arm banana

29. paidjoss - 14 April 2016

Bro, klo buat perjalanan jauh antar propinsi enaknya pakai kombinasi gear yg berapa ya?? saran dong., buat persiapan mudik ni😀 thanks sbelumnya

denelyant - 14 April 2016

Penting un d ketahui byionic smua..sproket gear yg pas n bertenaga apalgi perjalanan jauh pke yg std bwaan at klw mau pke sproket gear sinnob khusus byson..plus oliny super sport,filter udara bersih d jamin ngaciiir…..

30. aleh - 22 April 2016

Byson q pke gear 43/15 top speed 111kpj…kira2 brp y top speednya klo q gnti 40/15

denelyant - 22 April 2016

klw pke asli bawaan bisa lbh dr sgitu bro n napas lbh pnjang

31. aleh - 22 April 2016

Nmpang nanya mz bro
Byson ane pke gear 43/15 tarikan lmyan enteng nfas jg lmyan pjg…tp kok top speed y cm tmbus 111 kpj

Apakah tenaga byson ane tergolong msh NORMAL???

aleh - 22 April 2016

Denelyant@ thanks mz bro atas saran y
Brpa top speed byson std dg gear bwaan???

denelyant - 22 April 2016

ratio gear 43/15 bearti d perbesar jd 2,86 bda tpis dgn std 40/15 hsil 2,85..43/15 torsi naik dkit topspeed trun,,byson nt msh normal.nt bs lht speed per gigi brp d speedo ny..topspeed byson std mncapai 107 kpj on gps at 113kpj on speedo tp ad yg berbeda jg wlw motorny sama tergantung perawatan n part yg d pke…byson sy keluaran pertama 2009 di lapangan biasa trip luar kota topspeed 120 tercapai n d buktikan lg ma tmn pke bysonqu td hsl sama 120kpj tercapai

Fendik - 8 June 2016

Bore up aj bro, lbh mntp, ban blkng d gede in dikit, biar tambah sangar,, 😍😍

Jengger gombong - 26 July 2016

Bulan lalu ane test di jalan selatan kebumen jogja topspeed dpt 124kpj, msh pake bawaan pbrik, dgn kondisi ban baik dan tekanan ban pas

32. Abi - 11 May 2016

Pak bro, klo pake 15/44 apa benar berisik? Ttus rantainya ganti apa? Pake scorpio?

33. wahyuekos - 12 May 2016

berisik krn rantenya panjang bro (nambah), ane udh pernah nyoba ga enak d kuping -_-

34. YudhaArNug - 27 June 2016

Bro, klo byson pake gear set orinya vixion bisa ga ya?

35. Joe - 21 July 2016

Ane pk cdi brt pilot dan main jet di naikin per kopling pake TDR knalpot free flow dah ckup jos 120 kpj

36. Joe - 21 July 2016

Plus gir 15/40 dah mantep itu kondisi angin bertiup cukup kencang klo normal bs lebih dr 120 kpj

37. Anonymous - 23 July 2016

gan skrg ane pake gear untuk byson ane 46/15 tp motor pd tarikan atas terasa berat…klo ane ganti 46/16 apa akan terasa ringan pada tarikan atas..thanx gan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: