jump to navigation

Yamaha Byson dan Karburator PE 28 (KW), gagal total 13 December 2012

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: , ,
trackback

Sejalan dengan semakin mahalnya bbm, para pembuat sepeda motor juga berlomba-lomba membuat sepeda motor yang lebih hemat bbm agar motor bikinannya menjadi lebih diinginkan konsumen. Misalnya dengan aplikasi karburator tipe vakum. Berbeda dengan karbu konvensional yang langsung menyemburkan udara dan bensin begitu gas dipuntir, karbu vakum hanya menyemprotkan bensin bila terjadi kevakuman di dalam silindernya. Artinya, suplai bensin hanya terjadi jika dibutuhkan. Efeknya adalah pemakaian bbm yang hemat dan efisien. Namun akibatnya, pembakaran terjadi kurang spontan yang mengakibatkan tarikan mesin juga smooth, alias kurang responsif.

Oleh karenanya sudah  beberapa lama saya saya ingin (lihat tulisan ini) mengaplikasikan karbu tipe lawas, Keihin PE28, karbu konvensional agar tarikan Bysonnya jauh lebih responsif. Ini sebenarnya keinginan yang genit saja disertai rasa ingin tahu yang besar karena secara fungsional tidak ada masalah dengan performa Byson penulis. Tapi siapa tahu tarikannya memang bisa tambah greng lagi.

Di pasaran banyak ditawarkan karbu ini. Kebanyakan adalah KW alias tiruannya. Namun, KW ini pun terdiri dari berbagai jenis. Dari yang 300 ribuan sampai dengan 900 ribuan. Namun, karena tiruan, kita tidak pernah tahu mana yang bagus dan mana yang jelek. Pada produk tiruan, tidak selalu harga  berbanding lurus dengan mutu, karena terpulang kembali kepada kejujuran penjual ataupun pembuatnya.

Oleh karena itu setelah sempat diwanti-wanti untuk tidak membeli sendiri, saya kemudian memasrahkan pembelian sekaligus pemasangannya kepada montir bengkel dekat rumah.

Ada beberapa penyesuaian yang dilakukan. Pertama kabel gas. Kabel gas yang lama tidak kompatibel dengan karbu PE oleh karenanya mesti diganti. Berbagai kabel dicoba. Kabel-kabel gas bebek, bahkan vespa dicoba. Kurang sesuai. Namun akhirnya ketemu kabel yang cukup panjang. Kabel gas Scorpio. Dipotong sedikit dan disimpul ujungnya dengan gulungan benang yang dilem, sebagai pengganti bandul timahnya untuk pengait di skep silindernya.

Sementara ukuran saluran outlet karbu PE tidak sama ukurannya dengan selang yang ada sehingga harus diganti dengan bahan lain. Browsing kesana kemari menyarankan menggunakan selang karet radioator mobil yang kemudian diklem. Mengingat ukuran karbu PE yang sedikit lebih mungil dari karbu bawaannya, selang filter mesti ditarik sedikit ke depan dan posisi tabung filter dimajukan sedikit sekira 1 cm.

Gambar

Hasil

Motor bisa dihidupkan dan berjalan lansam pada putaran rendah. Tarikan dirasakan sangat responsif pada putaran rendah dan sedang. Namun menyentuh 6000rpm ke atas, mesin terbatuk-batuk dan kehilangan tenaga. Berbagai penyesuaian dilakukan. Misalnya membuka saringan udara ataupun penyetelan pasokan udara. Namun sulit sekali mencapai rpm tinggi. Akhirnya Karbunya tidak jadi digunakan.

Analisa

Dari analisa bodoh-bodohan yang saya lakukan ada beberapa sebab yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Pertama, karbu yang diperoleh memiliki kualitas yang jelek. Namun pendapat ini sedikit banyaknya dipatahkan karena setelah karbu tersebut dicobakan ke Yamaha Mio terbukti berfungsi bagus.

Kedua, spuyer PJ dan MJ nya kurang cocok (kekecilan atau kebesaran). Berbagai ukuran PJ dan MJ tidak bisa dicoba karena keterbatasan inventory bengkel tersebut. Secara teoritis PJ dan MJ bawaan PE tersebut sebenarnya tidak perlu diganti, namun penulis perkirakan, dengan porting dan polishing yang dilakukan tempo hari membuat konfigurasi PJ dan MJ harus diubah.

Penutup

Rasanya penulis harus sekali lagi mencoba dengan variasi PJ dan MJ yang lebih kecil atau besar. Opsi terakhir adalah menggunakan karbu Keihin PE 28 yang asli yang sangat mahal. Beli gak ya? Amat berisiko jika ternyata tidak cocok lagi. Jadi penulis masih pikir-pikir. Sementara ini harus puas dulu dengan karbu bawaan Byson yang asli. Atau PE 28 Daytona? Hemmm.

Comments»

1. dr - 24 December 2012

biaya porting polis di brt brp bos?

2. adoot@yahoo.com - 19 January 2013

ganti bengkel mas, aku ma temen2 pake pe28 gampang kok, yang jelas sambungan beli karet intake jupit mx yg baru, kalo rpm atas tersendat2 ganti mj 110/112/115. tp kalo pe yg kw ng usah diganti mj jg bisa dipake

The Naked Rider - 4 March 2013

Thanks bro masukannya

3. The Naked Rider - 28 January 2013

Untuk bro dr, biaya porting polish kena 450K. Mahal sekali. Tapi sebanding dengan hasilnya.

4. The Naked Rider - 28 January 2013

Thanks bro Adoot masukannya. PE yang tempohari tidak jadi saya bayarin, pas dicobain ke Mio kok larinya kuenceng banget, jadi dibayarin ama yang punya Mio :)). Sekarang masih pake karbu bawaannya byson.

5. manusia.iseng - 3 March 2013

yah bkin bingung lah mbro. wong mio bawaan karbunya ga pake tps. ane coba byson pake karbu king, pj mj bawaan byson. langsam jos, cuman, torsi ga seenak karbu ori. karena pengapian berubah. tadinya ada tps, kemudian tps dicopot.

ane coba tps dicopot dr karbu ori, kemudian dipasang, selagi pake karbu king. lbh enak, ada tapinya juga, ntu tps kan bergeraknya sesuai dengan katup kupu2, jadinya cuman bisa dipatok di 1 titik. bawah sedang atau atas.

klo pake karbu konvensional. mesti pake cdi yg ga ada kabel bwt colokan tps ke karbu. biar jd motor standar sperti yg lain.

sedih ya, mio aja pake karbu konvesional bisa jos, byson gara2 tps jadi dodol.

The Naked Rider - 4 March 2013

Thanks masukannya bro.

The Naked Rider - 4 March 2013

Thanks masukannya bro

6. reisai - 26 March 2013

wah… kasusnya sama kyk ane.. tp ane brhasil jettingnya, sampe skrg lancar jaya. wkwkwk…
langkah prtama hrs ganti jarumnya dl boz. trus baru setting pj mj nya.. karbu pe 28 KW biasanya jarumnya ga presisi. gendut diatas n tipis bgt dibawah. trus kadang jg ga lurus. nah jarumnya bisa dibeli skalian sepaket karbu kit TDR utk pe 28 harga 150rb.
nah utk jettingnya, bisa liad dulu ukuran pj mj di karbu vakum ente. jadi misal karbu vakum ente merk mikuni n cocoknya ukuran mj 110, brarti klo dikonversi ke karbu keihin jd 125.. tabel lengkapnya bisa di google aja boz.. nah dr situ patokannya, jd klo mo naek ato turun lbh gampang..
btw, motor ane pulsar 135… utk setting awal, mending jgn pake filter dl, tar klo dh ktemu pj mj yg cocok br coba pk filter. semoga bs membantu🙂

reisai - 26 March 2013

eh iya lupa… lubang oli sampingnya karbu ditutup ya…biar nyetelnya lbh mudah.

The Naked Rider - 29 March 2013

Iya, karbu itu kan untuk motor 2-tak, jadi ada saluran yang maksudnya untuk oli samping. Thanks udah mampir bro

The Naked Rider - 29 March 2013

Wah, terima kasih pencerahannya. Saya juga udah curiga bahwa ini karena masalah pj/mj nya. Ada kali 5 hari nyetel2 tanpa hasil. Nanti kalau ada waktu dan duit dicoba lagi. Thanks boz

7. Anonymous - 12 April 2013

Cukup settingan 1 1/4 putaran

The Naked Rider - 14 April 2013

Thanks bro.

8. arya - 20 April 2013

Salam sejahtera ombro…mao tanya dikit ni..knp byson sy (dh gk std lagi)ada suara kaya bersin dr karbu kaya pembakarannya bocor..kata nya c wajar aja kalo aplikasi pe28..speknya:cdi brt dual band,karbu pe28 copotan nsr 118/38 bukaan ±1 1/2,lobang intake dh dbubut sukuran karbu pe,karet intakenya pake honda pcx(pas ukurannya,kalo bocor dr situ kayanya gk),open filter,koil 5bp scorpio,busi ganti ngk iridium…larinya asoy ombro dr std nya….maaf ombro sebelumnya..sama numpang buka lapak…cakram belakang ex byson sy: kaliper ori scorpio + breket gk ush las or ngebor di arm,master ori fu 150,slang rem tdr + bonus per kopling tdr byson + koil blue thunder..600k ajah..081210020790 minat bisa cod…makasi ombro…tolong sy dberi pencerahan dr bersin2nya

The Naked Rider - 21 April 2013

tarikannya wajar tidak? Kalau ya kemungkinan tidak apa apa. Kemungkinan besar suaranya keluar dari arah filter yang (hampir) tidak kesaring. Sebagai konsekwensi open filter, karbunya harus rajin dibersihin. Supaya tetep josss.

Thanks sudah mampir bro

abdy - 12 April 2014

Ass, Kebo punya saya udh pake karbu pe28, pj 42, mj 115, tarikan aman, tp ada suara bangkis nya, gmn tu,..
Tolong bantu akang2,..

9. arya - 21 April 2013

Tarikan mantab abis ombro..pernah sy tes sama ninja RR…tarikan awal smp naek gigi 3 bisa ngasepin baru dh kesono nya sy yg diasepin…hehehehe…gear msh std..tapi kalo cdi nya yg dual band sy aktifin kira2 bisa X ya ngasepin(ngarep)…makasi ombro atas infonya…skalian mao tanya filternya yg pas pake apa ya?..soalnya mentok sama rangkanya ni..awal bli koso(gk kepake)…makasi ombro

The Naked Rider - 23 April 2013

Tarikan bawah memang bagus. Tapi biasanya tarikan atas teriak karena diasepin Ninja.Ninja, 2-tak, kompresi tinggi, ringan dan aerodinamis. Bukan lawan kita masbro dalam hal kecepatan. Apaboleh buat.

Thanks sudah mampir

10. tombiez - 25 April 2013
The Naked Rider - 25 April 2013

Wah keren sekali motornya. Thanks bro

11. amin - 3 May 2013

Menurut ane,
Sensor tps e gak difungsikan jadi rpm 6000 batuk2, karena cdi byson ada setingan saklar rpm rendah dan tinggi

The Naked Rider - 30 May 2013

thanks masukannya bro

12. aazie baie - 28 May 2013

sy kecewa dengan byson ku, sudah bolak balik hampir tiap minggu ke bengkel resmi yamaha tetep aja kalo udah jarak jauh mesin panas suka ngadat, kalo ngurangin gigi tekan kopling eh ga bisa narik malah ngebrebet jd khawatir kecelakaan ditabrak orang.
Apakah benar byson adalah produk gagal????saya pengen tahu jawaban dari Yamahanya,,,,trs perawatan yang baek dimana, semua bengkel resmi Yamaha bisa dipercaya tidak, sy pngen kepuasan hasil.

13. The Naked Rider - 30 May 2013

Bro aazie, saya baru denger ada keluhan semacam ini terhadap Byson yang saya kategorikan sbg motor baru.

Saya coba kasih saran. Saran ini dengan asumsi bahwa kondisi mesin standar, belum dibore up dan/atau di stroke up, kompresi mesin normal dan masih bagus dan kondisi ring piston bagus.

Tentang:

1) Kalau panas mesinnya ngadat.Cek busi. Kotor tidak? kalau setelah dingin motor bisa dinyalakan berarti businya oke. Tapi kalau setelah dingin juga sulit dinyalakan mungkin kotor atau kemungkinan ujung businya terlalu jarang dan sulit membuat arus dengan kepala busi. Coba ketuk sedikit agar lebih rapat, tapi jangan sampai menempel. Kalau ternyata busi nya oke, dugaan berikutnya di koil. Kalau saya inget2 dulu sekali dengan motor lama saya (Suzuki GT 250 2 tak), biasanya kalau mogok karena koilnya panas, jadi saya kompres dulu dengan lap basah (waktu itu tahunya begitu). Jadi cek koilnya. Panas tidak? Kalau ya berarti masalahnya ada di situ. Yang terakhir cek cdi nya. Godaan terbesar Bysoners adalah segera ingin mengganti cdi bawaan pabrik dengan produk after market yang limiternya lebih tinggi. Tentang ini saya pernah ngobrol dengan rekan sesama Bysoners bahkan cdi after market yang mahal dan buatan produsen terkenal ternyata juga mudah rusak. Coba cek cdi nya.

2) bahwa apakah Byson produk gagal pernah saya bahas dalam tulisan saya beberapa bulan lalu. Silakan dibrowse.

Mudah2an bysonnya lekas sembuh. Salam bikers brotherhood

14. Jun - 15 June 2013

Numpang nanya gan,..byson ane sering mati2an,..jadi pas rpm rendah digas tambah mati,..jadi solusi semntara ane chock biar g mati,..uda ane servis karbu di manapun,..ttp aja,..ato mgkn ada masalah di sensor karburator n kelistrikannya,..mohon pencerahan suhu suhu gan,..

The Naked Rider - 15 June 2013

Kayaknya problemnya di karburator. Mungkin ruang bakar atau saluran buang pernah dimodif tapi karburatornya tidak diutak atik. Kalau putaran rendah problem sering mati mungkin jarum Pilot Jet (PJ) nya kekecilan dan minta naik. Ganti aja yang lebih gede (17,5).
Mudah2an jawaban ini membantu.

nanda - 2 July 2014

sy pernah mengalami hal yg sama, tp motor sy scorpio z.. di rpm bawah brebet mau mati. kl di choke enak lagi. trnyata ada masalah di manifoldnya, sobek dikit, hampir tidak terlihat. coba ganti manifoldnya mas. scorpio sy udh sehat lg.

15. Bobby - 16 June 2013

Numpang nanya bro,,,Gw bener2 blank kl masalah motor,,,Gw punya byson 2012 (msh standard),,Gw blm brani utak-atik mesin,,,Saran dong biar,,Gw kepengen tarikannya bs naik dikit,,Kondisi gw pake knalpot R9 posisi dibawah…Apa yg hrs dibikin ke tunggangan gw spy power mesinnya bs up,,,tq sarannya sebelumnya ya,,,

The Naked Rider - 16 June 2013

Tergantung bujetnya bro Bobby dan tergantung apa yang dimaksudkan dengan tarikan.

Kalau yang dimaksudkan hanya tarikan pertama agar lebih responsif, cukup mengganti sprocket gear belakang dengan ukuran 42 mata (punya Vixion). Tapi penggantian ini akan mengurangi top speed. Saya pernah menulis tentang ini. Silakan di search.

Tapi bila yang dimaksudkan adalah torsi dan kecepatan, maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Cara paling cepat dan ekstrim menaikkan performa adalah dengan menaikkan volume silinder (bore-up) dan menaikkan kompresi (stroke up). Untuk bore up, silinder enjin diperlebar dan menggunakan piston yang lebih besar. Kapasitas mesin Byson bisa dinaikkan sampai 160 (piston Mega Pro), 200 cc (piston Tiger) dan yang paling ekstrim pakai piston Scorpio (225cc). Peningkatan kompresi dilakukan dengan memperkecil titik mati atas dan titik mati bawah piston. Kompresi bisa dinaikkan dengan mengganti noken as, stang piston dan menggunakan piston yang jendol (Mega Pro lama pakai yang ini).Bore up dan stroke up mampu menaikkan performa Byson sekitar 3-4 dk.
Bore up dan stroke up spontan menaikkan power dan tentu saja speed. Tapi bore up dan stroke up menaikkan temperatur sehingga parts lebih lekas aus. Disamping itu tentu saja pemakaian bbm lebih boros.

Menurut saya tindakan ini kurang cocok bila motor kita cuma 1 dan kita pakai sehari-hari. Tapi bila motor kita motor simpanan dan hanya sekali2 dipakai, silakan melakukan langkah ini.

Cara lain yang lebih mudah dan tidak mengubah karakteristik enjin dan aman digunakan sehari-hari:
1. Mengganti knalpot dengan yang free flow (misalnya dengan r9). Knalpot standar byson disesuaikan dengan standar emisi buang internasional sehingga sangat ramah lingkungan. Untuk itu diterapkan katalitic converter berupa penyaring berliku2 yang menyaring zat racun dalam gas buang. Akibatnya gas buang terhambat keluarnya. Seperti kita lagi pilek, tidak leluasa membuang nafas. Knalpot freeflow memungkinkan gas buang langsung keluar tanpa hambatan dan ini bisa menambah performa sampai 0,25 dk.
2. Mengganti CDI. CDI Byson dirancang membatasi putaran enjin sekitar 9000 putaran per menit. Putaran enjin yang tertahan tentu saja akan menahan kecepatan maksimum. Di pasar banyak beredar CDI yang diklaim tidak menggunakan limiter, artinya putaran enjin bisa mencapai 11000 putaran permenit yang tentu saja akan menaikkan kecepatan.
3. Mengganti karburator dengan karburator lebih besar. Modifikator Byson bisa memakai karburator PE 28 (punya Honda NSR) atau karbunya Yamaha Rx King. Karburator Byson (ukuran 26) menganut sistim vakum yang efisien namun mendistribusikan uap bensin yang kurang spontan.
4. Memperbesar lubang masuk dan keluar udara yang disebut dengan porting polish. Cara ini adalah cara yang paling sulit dan lebih baik jangan dilakukan sendiri atau oleh bengkel tidak jelas. Serahkan hanya kepada montir bengkel yang sudah mendapatkan referensi dari sesama pengguna Byson. Saya pernah membahas dalam salah satu tulisan saya. Silakan search porting polish.
5. Mengurangi berat beban. Hindari menambah aksesori yang menambah beban, misalnya menggunakan velg dan ban diluar spek standar. Makin besar velg dan ban yang digunakan akan memperbesar beban kinerja enjin.

Saya kira hanya demikian yang bisa saya sarankan, bro. Thanks sudah mampir. Salam biker brotherhood

adit - 24 September 2013

Ngawur sekali, piston megapro ma tiger sama kali diameternya: dan cm jadi 186 cc

16. Bobby - 17 June 2013

Tq bro masukan2nya,,,Ntar gw cobain deh,,,Salam biker brotherhood

17. Cara meningkatkan tarikan Byson | The Naked Rider - 17 June 2013

[…] karburator ini memerlukan banyak penyesuaian. Penulis sendiri pernah mencoba dan tidak berhasil (lihat tulisan sebelumnya) dan sekarang memutuskan tidak akan mencoba lagi. Deg deg an nya itu yang gak tahan. Pertama, […]

18. Raden Arya Banaspati - 24 June 2013

salam TNR,,, mau share nich kira kira per kopling apa ya yang sesuai sama byson ,byson ane keluaran april 2012 , ane sdh ganti part pe 28 pj 40 mj 110 brt dualband ,knalpot dbs, tarikan lumayan kalu cuma buat ngasepin vixi , untuk naik 120 kpj ga susah , cuma bingung ngeremy kepontang panting wkwkwkwkwkkw maklum jakrta maceet,,klihatanya lbih reponsif lagi kalu pakai per kopling raccing, kalu pakai per scoorpio menurut bang broo gmana yaa , tq

19. farid - 19 July 2013

wah..kalo denger beginian jadi urungin niat ganti krbu😀

mau tanya nih gan soal porting&polish,
stlah di porting&polish efek di motor gmn ya??apakah top speed juga naik…untuk konsumsi bbm gmn??

thx ,

20. abdul - 3 August 2013

gan ane mau nanya ,, karbu yang cocok untuk tiger 2000 apa ya . .

21. mad - 11 August 2013

bro apa benar ganti karbu bisa manjangin napas motor? byson tmen sy “katanya” cuman pake karbu tiger(gatau tiger 2000 atau tiger revo). tapi gigi 1 aja udah hampir tembus 40kpj. apa itu mungkin bro?

Ardy Setiawan - 26 August 2013

ganti karbu?? byson gw, tahun 2012 kmren,gnti cdi dualband,gearset sinnob, oli elf 20w-50, busi standar, gigi 1 lebih dari 40 k, dualband running mode

Fathul - 31 August 2013

yang paling berpengaruh itu cdi sama gear rasio

22. Fathul - 31 August 2013

ane pernah ngalamin kasus kaya gini, penyebabnya jarum skepnya terlalu kurus, ganti sama yang agak gedean (thunder bisa) kedua pengapiannya gedein, lubang oli samping jangan ditutup full tapi bukain dikit, lumayan nambah tenaga.

23. zabdi - 2 September 2013

pasti indikator merah di speedo nyala pas udah ganti karbu? itu TPS om…sensor tarikan gasnya…msti di aktifkan lagi seperti pada karbu standar…klo gak mau repot ganti cdi yg unlimiter…hehe, maaf klo sya gak baca komen2 sblmnya dan mungkin udah di jawab sama teman lain…hehe

24. ipanase - 7 September 2013

hehehe, karbu harga segitu sering nyusahin je, ane setting punya king aja lama ketemnua😀
naikin skep
gonta2 pj mj, kasih ganjel kabel, dll

25. IQBAL XP - 22 September 2013

mas mau tanya kalo itu kabel gasnya pake scorpio tahun berapa.. terima kasih

cacing - 2 October 2013

para suhu mohon bantuan a
ane baru beli pe 30
mj n pj yg pas bwat scorpi berapa y ukuran nya
mohon pencerahan a

26. dhytho - 11 October 2013

mau nanya ni bro,klo bison d ganti karbu PE28,sensor bensin gmna kan g d pake,pencerahan nya y bro?

27. amin - 25 October 2013

Itu ada semacam saklar yg nempel di karbu byson ori, yang “kayaknya” ikut ngatur batasan putaran mesin,,,
Karena pas gas diplintir,karbu on, membran naik, ada semacam plat besi yg muter dan terhubung sama saklar tsb,,,

28. Bikers Mysterio - 8 November 2013
29. vixieg4744hk - 8 November 2013

Byson ane pke kabu pe 28 gampang koq bro. PJ 42 MJ 118. ga ada acara brebet…

abdy - 7 April 2014

Ass, punya saya udh pake karbu pe28, pj 42, mj 115, knalpot Ahrs, susah banget seting nya, masih ad brebet nya, kasih pencerehan om biar kebo ane g setengah purus asa,.. Hehee

30. Naldi - 9 November 2013

Ganti Bengkel tuh broo .. Bengkel ecek ecekan kali tuhh wkwkwk ,Byson gw pake PE 28 gak ada kendala tuh broo rpm malahan jadi naek wkwkwkk , lulusan SD kali tuh Bengkel wkwks

The Naked Rider - 1 October 2014

hahaha betul. Bengkel kecil. Tapi montirnya baik, bikin eksperimen sama2 jadi gagal juga gpp. Namanya juga eksperimen

31. adi - 4 December 2013

ane bru aja pasang pe 28 dbyson ane gan,,pake manipol standar bs,,cm moncong karbunya ane solatip,biar gak bocor.. cm blum nemu stelan,,tarikan malah berat.. pj jm gak tau ukuran brapa kgak ada tlsane..hehe kabel gas pake mio,dipotong..

32. icad - 11 December 2013

Coba ganti kenalpotnya gan. Masalahnya mungkin pembuangannya.🙂

33. iphone 4 accessories - 7 March 2014

Howdy! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are
you using for this site? I’m getting fed up of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at alternatives for
another platform. I would be awesome if you could point
me in the direction of a good platform.

34. Anonymous - 12 June 2014

Pake Karbu King Ori 2004 Pj 22.5 Mj 150.
CDI BRT DUAL BAND
CAPASITOR XCSR Hurricane
Busy Iridium Denso IU24A
Membran vaccum treway/3 cabang dekat komstir yang dari arah fiter udara dicopot karet membrannya, supaya flow udara dari filter ke manifold setelah karbu lancar.
Supaya karbu dengan karet manifold terikat kuat buat cekungan baru dekat outlet karbu bagian luar dengan dibubut. Dengan ukuran dan kedalaman sama dengan cekungan bawaan karbu, sebelum dibubut ganjal dengan bearing yang pas masuk lubang out karbu. Tujuannya agar karbu tidak pecah saat dijepit pada mesin bubut. Sedikit info dari saya.
Yang sudah saya aplikasi di Byson saya :
– Karbu King ori
– CDI BRT DUAL BAND
– CAPASITOR XCSR Hurricane
– Busy belum kebeli sementara saya pakai busy Beat Fi Denso U27EPR9 .
– Rencana akan ganti koil Kawahara.
Hasil modif accelarasi motor lumayan ada peningkatan tenaga, settingan karbu sangat berpengaruh juga dengan accelerasi motor.
Selamat mencoba.
Sedikit info dari saya penunggang kebo item semoga bermanfaat.
Semoga bermanfaat info dari saya.

The Naked Rider - 1 October 2014

Wow, trims bro

35. kempor7 - 1 October 2014

kelistrikan bro???

The Naked Rider - 6 October 2014

Maaf, boleh diperjelas apa yang dimaksud dengan kelistrikan?

36. Ahmad Dani - 12 October 2014

Karburator kw merk apa itu

The Naked Rider - 13 October 2014

karburator kw maksudnya adalah karburator tiruan, bukan yang ori

37. Anonymous - 1 November 2014

misi gan mau ngasih solusi nih…..pkai aja karbu punya ninja

38. The Naked Rider - 3 November 2014

Thanks sarannya. Ninja 2 tak ya? hmm *berfikir keras*

39. hamba Allah - 6 November 2014

aslm. salam satu aspal
ane mw sharing, mga2 aja ada solusinya,,kebo ane knp yah sering brebet trus tb2 mati mesin , ketika idup gak bsa di tarik gasnya, kyk gak ngikut gtu gasnya pas di tarik, ane dh kluar masuk bengkel tp cm bertahan 1 hari aja abis itu balik lagi tuh penyakit, kira2 ada masukan gak bro, byr masalah cpet kelar, ane baca di forum sebelah ktanya ganti karet karburator vakumya, ada ynag blg cb ganti per gasnya pke punya scorpio,,,,kira2 yg mana yg bnr y brooo…mohon pencerahannya

40. freddy joss - 23 December 2014

whassss shappp broo breee……gak usah gaya2an pake karbu pe 28 ninjo ke atau ori bawaan pabrik…..pengalaman ane nih si ison ANTIRANOX MOTORSPORT….cuman pake karbu rx king ori makjoss gondosssss kga usah motong intek sana sini pake ori langsung intake byson plug N play klo pake karbu ori king…..lalu seeting yang pas pj standar king dan MJ di turunin 5 step jadi 145….di jamin langsam ngacirrrr……..kga ada maslah …..buat spek mesin ison standar brooo….

41. luthfi - 5 March 2015

Itu karena ada buangan dari filter(back pressure ) yg blm ditutup…sama inlet oli belum ditutup… Kalo masi batuk coba sesuaikan mj pj nya ..ganti sesuai kebutuhan…agar smooth…dijamin gak batuk gan…untuk tambah rpm supaya unlimiter pake cdi brt powermax dualband…. Punya saya alhamdulillah jadi gan

42. Rahadian Permana - 20 May 2015

maf gan mw tanya ni. motor ane byson standar nih. cdi brt duall band. mw ganti karbu pe28 tpi takut trlalu boros bwat harian. kira2 brp %konsumsi bbm nya stlah ganti pe 28 ???

43. adit - 27 May 2015

ms brow sy pny byson thn 2011 mesin smua standar. mslahny: do saat sya tncap gass n tiba” kurangin gas dan oper gigi motor tiba” sprt kehabisan bensin mati trus sya cook ttp jalan. sy bawa ke bengkel dh coba brpa x ttp sprti itu. n sy ganti vakum ny kmbali normal tp trikan nya lemah.. n jika panas ad suara sprti kluar msuk nya angin kmngkinan dr karbu ny. tlg pnerNangan brow

anay - 20 May 2016

Daripada ganti vakum karbu mending ganti pe thailand kw super gan ukuran venturi 24-26-28 sesuai kebutuhan,harga kisaran dari 200rb – 300rb kualitas ane udah rasakan dahsyat gak kalah sama ori ahm 500 rb an,irit boros tergantung mekanik nya bisa jetingnya apa gk,klo pas jeting nya bbm sesuai tarikan n topsped nya ,good luck

44. eri - 31 August 2015

Kami pernah mencoba 3 jenis karbu buat byson( PE28., karbu RK King.,Karbu GL PRo CDI 94)
Yg paling cocok dan paling hemat biaya karbu gl pro cdi 94
Cara penyetingan tdk susah tdk perlu ganti Pilot jet ama main jet
Cukup Merombak leher angsa bawaan karbu gl sama tukang bubut

45. anay - 20 May 2016

Jangan dulu menyimpulkan gan,udah pake pj mj ukuran berapa aja di pe 28 nya? Coba pake pj 40-42 ,mj 122-125 ,jarum skep pake gl neotec klo ada gejala ngok, klo masih brebet di rpm tengah – atas minta kecilin lagi pj nya,klo masih gak berhasil berarti karbu nya yang gak bagus gan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: