jump to navigation

Porting & Polishing Byson 29 November 2012

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: , , ,
trackback

Ketika pertama kali memegang byson beberapa waktu yang lalu, penulis merasa tarikannya terlalu smooth untuk ukuran motor laki-laki. Hal ini sungguh kurang nyaman karena sebelum ini penulis menggunakan Honda bebek Revo 110 yang sudah di bore up sampai 125 CC sehingga tarikannya sangat responsif dan galak. Namun dimensi kedua motor tersebut sangat berbeda. Bahkan dibandingkan motor sekelas, bobot byson yang cukup bongsor (berat kosong 136 kg) menyebabkan tingginya beban tarikan pada mesin (Y Vixion 125kg, H New Mega Pro 127Kg). Tak heran bahwa tarikan byson dianggap tidak segarang motor sekelas lainnya.
Walau penulis pernah melakukan bore-up mesin pada motor sebelumnya, namun penulis tidak ingin mem bore-up byson. Pertama karena sayang, kedua, karena tarikannya walau smooth masih acceptable, ke tiga karena ada cara lain yang bisa ditempuh yang dipercaya mampu menaikkan power sampai 20%, yakni cara yang dikenal dengan nama porting & polishing (PnP).
Seperti diketahui, mesin motor mendapatkan tenaganya karena percikan api busi kemudian menyambar campuran udara dan bensin yang menghasilkan ledakan yang menjadi tenaga untuk mendorong piston naik turun. Udara yang telah terbakar kemudian dihembuskan keluar melalui manifold knalpot. Mengingat kemampuan daya mesin 30% ditentukan oleh efektivitas ruang bakar, maka makin lancar udara masuk dan keluar, makin efisien kerja mesin sehingga mengurangi juga konsumsi BBM.
PnP adalah cara pengampelasan untuk membuat lancar saluran masuk dan keluar udara. Namun proses pengampelasan ini sangat tricky dan harus mematuhi kaidah-kaidah tertentu, misalnya tidak boleh terlalu halus (malahan harus tetap dibiarkan kasar) atau besar lubang yang diampelas tidak boleh melebihi atau kurang dari ukuran tertentu karena kalau itu terjadi maka tenaga malah hilang alias mengempos. Selain itu dalam PnP juga tercakup proses untuk menyetel posisi klep (pada Byson terdapat 2 klep, yakni 1 klep untuk masuknya campuran udara dan bensin dan 1 klep lagi untuk mengeluarkan udara sisa) agar arahnya dianggap paling tepat.
Mengingat gawatnya urusan kalau proses PnP tidak dikerjakan dengan benar maka penulis kemudian menyerahkan pengerjaannya pada bengkel kondang Bintang Racing Team (BRT) untuk memastikan mutu pekerjaan yang bagus. Bengkel ini telah terbiasa melakukan korek mesin baik hanya untuk sekedar dipakai sehari-hari ataupun keperluan balap. Untuk mencapai bengkel ini dari Bekasi adalah menyusuri jalan narogong raya kearah selatan melewati bantargebang dan cileungsi sampai daerah cibinong belok kanan memasuki kolong jembatan jalan tol jagorawi ke arah jalan raya Bogor. Itu sudah masuk jalan Jl. Mayor Oking Jayaatmaja. Kira-kira 5 Km disebelah kiri jalan ada bengkel Ahass Bintang Motor, no. 102 masuk saja langsung kebagian belakang gedung dan naik (curam) ke tingkat 2. Disitulah BRT.

Sebelum di porting & polishing
Gambar

Saluran buang setelah di porting & polishing
Gambar

Saluran isap setelah diporting polishing
Gambar

Lihat betapa bersihnya ruang bakar
Gambar

Pengerjaanya cukup lama juga dimulai jam 10 dan selesai sekitar jam 2. Prosesnya cukup lama karena hampir semua bagian atas mesin dibongkar dan setelah pengerjaannya selesai juga harus dipasang kembali.
Hasilnya? Mesin terasa lebih bertenaga. Bunyi knalpot juga lebih ngebas dan mantap. Mestinya top speed bertambah juga namun belum ada kesempatan untuk melihat apakah ada penambahan top speed dan penghematan atau efisiensi BBM. Nanti kalau sudah ada segera dilaporkan.

Comments»

1. Yamaha Byson Produk Cacat? Ah, masak? | The Naked Rider - 23 March 2013

[…] Wah, nda tahu ya. Byson penulis sudah tidak standar. Sudah dikorek sedikit melalui porting polish (lihat tulisan terdahulu), sudah ganti knalpot dan CDI racing (lihat tulisan terdahulu) sehingga tidak dapat dibandingkan […]

2. Eky jaya - 9 May 2013

Wow BRT bisa porting Byson?jadi pengen kesana,kena berapa om’bro porting di BRT?balas via email saja thx

The Naked Rider - 15 May 2013

waduh bagaimana ya caranya kirim via email tanpa email address (garuk-garuk kepala)

Anonymous - 15 May 2013

ehehehe maaf om’bro ini email saya ekyjayaw@yahoo.com

The Naked Rider - 16 May 2013

hahaha sip. Sudah diemail. Thanks udah mampir bro

3. Edy - 21 May 2013

Boleh bisik abis brp bro.. Email: edy_yu5uf@yahoo.co.id
Thank u broo… Udah coba top speednya

The Naked Rider - 22 May 2013

Sudah saya jawab via email bro Edy. Thanks sudah mampir

4. Anonymous - 24 May 2013

Wihh mantap PnP, bisa tolong bisikin abis brp bro… Email : Ucokmanullang_bima@yahoo.co.id

5. unknown - 14 June 2013

brp biaya porting polish di BRT,mas? bosh, sitting dan ukuran klepnya juga dirubah ga atau tetap std? sekalian test dyno juga ga disana, kalo iya brp kenaikan tenaganya (dk)? kalo berkenan balas via email aja ya: nikukhoiru@gmail.com

terima kasih mas

The Naked Rider - 14 June 2013

Sudah dijawab di email masbro. Thanks ya sudah mampir

6. Cara meningkatkan tarikan Byson | The Naked Rider - 17 June 2013

[…] cara yang paling sulit dan lebih baik jangan dilakukan sendiri atau oleh bengkel tidak jelas (lihat tulisan sebelumnya). Serahkan hanya kepada montir bengkel yang sudah mendapatkan referensi dari sesama pengguna Byson. […]

7. sam - 28 June 2013

om bisikin ke ane om berapa harganya PnP nya di BRT ,đŸ˜€
sam_sav17@yahoo.com ato sam250392.nsb@gmail.com

8. Anonymous - 22 July 2013

sore bro,,, ane jadi ikut pengen tau nih porting polish byson habis dana berapa? coz ane baru punya nih motor.
jawabnye via email ya bro,,, sory nih ngerepotin, ( zpshark21@gmail.com ) makasih mas bror,

9. awie_048 - 19 August 2013

saya juga mau bro dibisikin harganya dong…..(awie_048@yahoo.com)

10. Emon - 21 January 2014

Ane tau lokasinya,tapi belum tau maharnya,di bisikin donk om,biar tambah nyeruduk.
net.cueh@gmail.com

jaijoji - 27 January 2014

Kena brapa tuh om, ane. Kebo ane ikutan di porting donk
jailaniabdilah45@gmail.com

11. Herland - 29 March 2014

PnP berapa tuh om buat kebonya? email ane ye herlanddean16(at)gmail(dot)com

The Naked Rider - 17 April 2014

dulu sekitar 450K bro

12. rendi - 6 May 2014

bolh bsik bsik abz brp ms bro.?
((rendibrand@yahoo.com))

13. Anonymous - 2 August 2014

salam penunggang kebo. mau tanya donk, brp total biaya PnP + ganti CDI?

bisikin ke ferianto_tri@yahoo.com

Terima kasih

14. NN rider - 19 October 2014

Bos porting polish nya cuma alusin kulit jeruk doank atau ubah bentuk port nya juga ni bos?

15. The Naked Rider - 20 October 2014

Saya tidak paham betul apa yang dilakukan. Tapi dari tampilan head setelah dipolish, bentuknya menjadi lebih besar untuk melancarkan udara masuk dan keluar. Apakah seperti kulit jeruk tidak terlalu kelihatan pakai pandangan mata. Ada ukuran milimeternya dan sangat berisiko bila dikerjakan sendiri.

16. Anonymous - 9 May 2016

Gan, byson ane sering ngempos. Kira2 apanya yg salah ya gan..?
mohon pencerahannya gan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hati-hati Menata Hati

seni menata hati, jiwa dan fikiran

Nunoo's Journal

An ignorant rider

kilaubiruâ„¢

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

Nichoz Blog

Otomotif | Review Produk | Elektronik | Kuliner | Oleh-oleh

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

smartf41z

doa untuk anakku (Faiz-Nafis) agar jadi anak smart

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

%d bloggers like this: