jump to navigation

Dari Vespa Garuda III sampai dengan Vespa PX 14 June 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags:
trackback

Sejak lama Vespa (Super, 2 tak, 150 cc) telah menempati tempat khusus hati penulis karena dulu tahun 1960-an orang tua penulis pernah memilikinya. Sampai sekarang penulis masih ingat bunyinya yang kering khas enjin 2-tak dan bau asapnya yang semerbak. Menurut penulis, di dunia hanya ada 2 buah sepeda motor yang tak pas bila disebut sepeda motor karena mereka memiliki genus tersendiri, yang membedakan mereka dari sepeda motor yang lain. Pertama Harley Davidson, kedua ya Vespa.

Konon sejarah Vespa di Indonesia bermula ketika pasukan Garuda III (1962-1963) yang dikirim ke Kongo sebagai pasukan perdamaian membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Waktu itu hanya 2 jenis oleh-oleh yang dibawa oleh para patriot penjaga perdamaian itu, pertama mesin jahit singer dan yang kedua ya Vespa itu. Vespa yang mereka bawa umumnya Vespa bekas buatan tahun sekitar 1950-an. Bila dibandingkan dengan bentuk Vespa Super kebanggaan ayah penulis, Vespa bawaan pasukan kita ini lebih kuno. Stangnya masih berupa batangan layaknya sepeda motor biasa. Lampunya tidak diletakkan di depan stang namun diletakkan di atas spatbor depan. Bila kalian penasaran, begini bentuknya. Penulis pernah mengendarai Vespa persis seperti ini dulu tahun 1970-an di Pekanbaru, Riau.

 vespa tua

Kepopuleran Vespa kemudian mengundang pengusaha otomotif untuk resmi memproduksi Vespa di Indonesia. Dulu distributor Vespa adalah Dan Motors yang kantornya ada di seberang Ratu Plaza dan pabriknya berlokasi di Kelapa Gading bagian timur. Pabriknya begitu terkenal sehingga daerah tersebut kemudian lebih dikenal sebagai daerah Kelapa Gading Vespa. Vespa dalam iklannya yang legendaris di sekitar tahun 60-an mengklaim sebagai motor satu-satunya yang mampu melindungi pengendaranya dari hujan deras. Maksudnya kalau mengenakan jas hujan, pelindung di Vespa bisa melindungi kaki pengendara dari ciptratan air. Berbeda bila kita mengendarai motor jenis lain. Makanya tak heran Vespa selalu tetap melaju pada hujan yang sangat deras yang memaksa motor –motor lain berlindung diemperan.

Tahun berganti tahun. Lama setelah pabrik Vespa di Indonesia ditutup, dan setelah Vespa matic 4-tak berkibaran dimana, Penulis berjumpa kembali dengan Vespa PX 2-tak, turunan langsung dari Vespa Super kebanggaan orang tua penulis. Memang, seri terakhir Vespa Super telah berganti dengan Vespa PX di tahun 80-an yang dulu sempat populer sebagai MPV nya pedagang kecil. Tadinya penulis menyangka Vespa ini buatan tahun 80-an. Ternyata tidak. Ini buatan tahun 2003.

Astaga, bagi penulis yang memiliki perasaan sentimentil terhadapnya, Vespa ini sungguh keren. Lihatlah baik-baik. Roda depannya dilengkapi dengan disc brake, berbeda dari PX lama yang masih menganut rem tromol.

IMG02190-20130608-1700

Bila dibandingkan dengan Vespa PX lama spidometernya terlihat mewah. Dilengkapi dengan indikator bbm, berbentuk bulat dan bukan berbentuk elips limas rebah (PX lama)

IMG02189-20130608-1700

Kapnya dilengkapi dengan crash bar yang cantik yang memberikan sentuhan tampilan vintage yang sangat mempesona. Begitu kunci kontak dinyalakan (penggemar Vespa klasik akan kaget melihat Vespa ini dilengkapi dengan starter elektrik) segera terdengar suara kering, asap enjin 2-tak dan bau yang begitu khas. Begitu nostalgik, dan sangat mempesona. Ah, Vespa.

IMG02187-20130608-1659

IMG02188-20130608-1700

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Nunoo's Journal

an ignorant rider, lousy traveler, almost a wayfarer... enjoy ride a motorcycle and take a lot of good pictures..

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS.COM

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com | All About Motorcycles

Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News

Nichoz Blog

Berbagi Informasi Seputar Otomotif

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Smartfaiz

Doa buat anakku (Faiz/Nafis) agar menjadi anak smart. Blog yang memprioritaskan motor dan modifikasi --smartfaiz--

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

ridertua - Motorcycle Blog

All about motorcycle,discussion,biker lifestyle,personal experience.....never too late for bikers...

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,340 other followers

%d bloggers like this: