jump to navigation

Modifikasi Byson: Menutup Selang AIS, solusi knalpot ‘nembak’ 12 March 2013

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: ,
trackback

Tadi siang si Byson di tune up di bengkel Akim dekat rumah. Memasuki KM5000 penulis ingin si Byson mendapatkan perawatan menyeluruh, termasuk setel klep. Ketika si Akim membuka-buka tampaklah pemandangan ini. Ada selang yang ditutup baut. Hah? Apa ini?

Gambar 1. Perhatikan Ada drat baut di dalam Selang
Terlepas

Gambar 2. Setelah Dipasang Bautnya Menyumbat Selang
Terpasang

Montir Akim bilang dimotor-motor skutik dia selalu menutup selang ini. Selang apa ini?

Yamaha menamakannya AIS (Air Induction System), sementara Honda menamakannya SASS (Secondary Air Supply System) sementara di Suzuki namanya beda lagi yaitu PAIR (Pulsed Secondary Air Injection System) yang walaupun namanya beda beda namun fungsinya sama, yaitu menyemprotkan udara ke lubang exhaust untuk mengurangi kepekatan gas buang. Cara kerjanya adalah menyedot udara dari saluran filter udara dan menyemprotkannya ke lubang buang sehingga gas buang tidak terlalu pekat karena telah bercampur dengan udara. Lebih eco friendly.

Penulis menduga modifikasi ini dilakukan di salah satu bengkel tempat penulis mengganti knalpot freeflow dan CDI BRT. Nah pertanyaannya mengapa harus ditutup? Apa manfaat menutup AIS?

Rupanya sejalan dengan penggantian parts pabrik dengan after market untuk mendongkrak performa sering menyebabkan timbulnya problem tambahan yaitu knalpot menembak. Salah satu solusinya adalah dengan menutup AIS.

Ooooo gitu tha. Jadi solusi knalpot nembak adalah menutup lubang AIS.

Ada juga mekanik yang menduga instalasi AIS mengurangi power karena mempengaruhi kederasan arus ‘napas buang’, sehingga sebaiknya ditutup saja. Hmm apa benar? *garuk garuk kepala*

Hemm bagi penulis sampai KM5000 ini si Byson oke-oke saja. Ya sudah biar lubang AIS ditutup saja.

About these ads

Comments»

1. syam - 16 March 2013

katanya nambah irit y gan nutup ais?

nanya gan ane pake gear 15;40 knp rantenya malah bunyi kretek2 y gan?

The Naked Rider - 16 March 2013

Ada beberapa kemungkinan gan:
1. Coba lihat center gak. Kemungkinan posisi gak lurus dan gak center sehingga bunyi. Mungkin gear 15 nya kurang masuk
2. Rantainya kotor dan kurang minyak. Coba dilumasi dengan chain lube gan

The Naked Rider - 16 March 2013

Tentang nutup ais nambah irit? sepertinya tidak gan. Menurut penulis ais tidak berkaitan langsung dengan performance enjin baik dari segi power maupun efisiensi. Thanks sudah mampir

syam - 18 March 2013

ok thanks b4.

oya rencana ane mo bore up byson pake seher 66 merek kawahara.
menurut agan bore up bikin mesin cepet jebol apa g?
ane takut cepet turun mesin.
maaf banyak nanya gan…..

2. The Naked Rider - 20 March 2013

Sorry baru baca bro. Kalau kita hitung dengan bore up menggunakan piston ukuran 66 volume langkah menjadi 0.785 x66kuadrat x57.9=197,986 dibulatkan 198CC. Saya tebak itu pakai piston Tiger ya Bro? Bore up ini biasanya (karena sekalian dikerjain) ditambah pula dengan modifikasi untuk menambah stroke (misalnya modif kruk as dan/atau stangpiston) yang tujuannya disamping menambah volume langkah juga untuk mempertinggi kompresi. Sebagai konsekwensi setiap tindakan bore up dan stroke up akan menambah suhu mesin lebih tinggi dari yang seharusnya, baik karena gesekan ataupun tingginya kompresi. Suhu yang tinggi mempersingkat usia parts yang dirancang tidak untuk suhu yang setinggi itu sehingga life time partsnya berkurang. Tapi sepertinya sulit meramalkan apakah cepat jebol atau tidak karena tergantung frekwensi dan cara kita makai sehari-hari.

Nah kalau motornya cuman satu kayak saya dan dipakai sehari-hari menurut saya kok sayang bro. Lebih boros bbm dan parts.

syam - 23 March 2013

iyah ada yg nawarin bore up pake seher tiger merek kawahara.
thanks jawabanya gan

3. arry - 15 May 2013

hallo gan ane mo nanya,ane bru 5bln pake byson tp plat kopling +rumahnya dh jebol,trus ane ganti bru platnya,tp jarak beberapa hari dh g enak lg koplingnya,knapa y gan?
mohon petunjuk krna ane sbelumnya pake mtor matic

The Naked Rider - 15 May 2013

Motor baru 5 bulan kalau plat kopling dan rumahnya udah rusak mesti diklaim ke yamaha karena masih dalam masa garansi. Tebakan saya adalah karena produk cacat dan quality control yang kurang bagus.

Mestinya bisa diganti sekaligus plat dan rumahnya secara gratis oleh Yamaha sesuai garansi. Kalau terlanjur dibawa ke bengkel non-yamaha yang tidak mengakui garansi yamaha sebaiknya mengunakan parts asli walaupun harganya mahal sekali.

Kemungkinan penyebab lain saya ketahui dari kebiasaan mengendarai mobil dan juga berlaku pada pengendaraan motor laki2 adalah kebiasaan memencet kopling setengah (tidak full) atau kopling gantung yang bisa menyebabkan kopling jebol.

Mudah2an Bysonnya bisa segera sembuh kembali bro

4. fahmi - 4 September 2013

kang saya mau tanya kenapa yah kalo jalan mudun suka nembak, tapi kalo jalan datar biasa lepas ga nembak, padahal knalpot gada yang bocor terus ais udah di sumbat, kenapa yah kira kira ?

zabdi - 9 September 2013

kalo masih nembak, mixture screw ato stelan campuran bensin dan udara di karbu di putar stengah putaran ato lebih sesuai kebutuhan sehingga gak nembak lagi…

The Naked Rider - 17 June 2014

mudun itu apa ya maksudnya? Nanjak mungkin? nembak itu ciri-ciri campuran bensin kebanyakan. cari sebabanya mengapa kebanyakan bensin, mungkin karena setelan angin di karburtor yang kurang tepat atau tombol choke terbuka

5. ipanase - 7 September 2013

kalau aku iseng2 ku tutup yang di manifold, malah knalpot keluar api :D

6. fahmi - 11 September 2013

maksudnya campuran bensin gimana ?
maksudnya stelan angin om ?
maklum om newbie kaga ngarti yang beginian hhe

The Naked Rider - 17 June 2014

maksudnya setelan udara (yang disebelah setelan gas) terlalu banyak bensinnya dibandingkan udaranya.

7. sungseng - 28 September 2013

broww.. meh tanya, kebo’ku pake karbu pe28, tp rpm 4000-5000 mbrebet agak parah, knapa ya ??? apa karena nyopot songket di karbu ori ??

reply..,,!!!

The Naked Rider - 17 June 2014

kayaknya spuyer pilot jetnya minta naik ke ukuran lebih besar (pakai punyanya scorpio)

8. Poji - 17 October 2013

Pak Bro saya mau tanya nih. kebo saya pas baru turun dari dealer udah ane bawa jalan” sampe skitar 13 kilo. setelah plat nomer turun ane langsung bawa jalan jauh ke tangerang utara tepatnya arah pasar kemis. nah disitu saya ga geber”an. pake putaran mesin secukupnya dan kecepatan secukupnya. pada saat itu siang tengah hari bolong ko tiba” ada suara kaya gesekan dari mesin kaya ssseeeeennnggggggggg tapi ntar ilang dan ntar bunyi lagi ilang lagi ada lagi. terpaksa saya berenti istirahat sekitar 15 menit dan saya jalan lagi ilang dah itu suara.

kalo boleh tau itu suara apa ya yang saya alamin?soalnya suaranya kenceng banget. saya udah coba tanya sama mekanik yamaha katanya emang begitu rata rata byson. tapi kalo udah skitar 2 bulan sampe 3 bulan ilang. nah apa bener ya Pak Bro?apa Pak Bro juga ngalamin hal yang sama dengan saya?

Mohon pencerahannya.

terima kasih banyak.

The Naked Rider - 17 June 2014

itu gak mungkin dari dalam mesin bro. Pasti dari luar mesin, Mungkin ada parts yang longgar,

9. Anonymous - 30 October 2013

Byson saya bro sering mati kalau di geber2. ada solusi bro ?

The Naked Rider - 17 June 2014

setelan udara kayaknya kurang pas. Kebanyakan udaranya daripada bensinnya

10. reynold - 6 April 2014

gan klo banteng ane pngen pke tromol trus dudukan spedo meter jlan pke tromol apa ya

The Naked Rider - 17 June 2014

bro, bantengnya mau dikasih jari-jari dan pakai tromol? wah pengen lihat bro. tentang pertanyaan, mungkin masksudnya dudukan sensor spido kali ya. Terus terang ane gak tahu karena kalau pakai tromol bagian kanan akan ketutup ama rem tromol. Mungkin kepaksa pakai speedo meter analog after market kali bro.

11. Deteksi Kondisi Motor dari Knalpotnya. | The Naked Rider - 13 June 2014

[…] 4. Knalpot nembak. Biasanya gejala ini muncul bila motor sudah mengalami modifikasi misalnya di bore-up, stroke up sehingga ukuran PJ dan MJ nya harus dinaikkan. Akibatnya suply bensin bertambah sehingga seringkali sisa pembakaran yang dikeluarkan katub buang masih banyak mengandung bensin. Motor-motor sekarang memiliki mekanisme untuk mengurangi pekatnya polusi karbon dengan menciptakan suply udara segar tambahan di saluran buang. Mekanisme oleh Suzuki dinamakan PAIR (Pulsed-Secondary Air-Injection), oleh Yamaha dinamakan AIS (Air Induction System), dan di Honda menamakannya SASS (Secondary Air Supply System). Tambahan udara segar tersebut dan panas yang tinggi seringkali menyebabkan sisa pembakaran yang masih mengandung kabut bensin tersebut dapat terbakar ulang sehingga menyebabkan ledakan di knalpot. Ini kondisi yang umum. Cukup tutup saluran tersebut dengan sekrup. Lihat tulisan ini. […]

12. jacky - 15 June 2014

Minta ptunjuknya,,,motor bysonku kok kalau buat boncengan ama o rang yg berat badanya kecil kok adasuara gesekan ya,tetapi kalau buat boncengan yg berat badanya 70 keatas tidak ada suara gesekan,mohon solusinya

The Naked Rider - 17 June 2014

waduh, belum pernah ngalamin bro. Ada parts yang baru diganti atau aksesoris yang baru dipasang? Mungkin mulai dari situ cek nya

13. agusdinar - 26 June 2014

Thx infonya om, si “jagur” skrg dah ga bersin2 lg… Ehehehehehee


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Nunoo's Journal

an ignorant rider, lousy traveler, almost a wayfarer... enjoy ride a motorcycle and take a lot of good pictures..

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS.COM

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com | All About Motorcycles

Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News

Nichoz Blog

Berbagi Informasi Seputar Otomotif

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Smartfaiz

Doa buat anakku (Faiz/Nafis) agar menjadi anak smart. Blog yang memprioritaskan motor dan modifikasi --smartfaiz--

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

ridertua - Motorcycle Blog

All about motorcycle,discussion,biker lifestyle,personal experience.....never too late for bikers...

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,335 other followers

%d bloggers like this: