jump to navigation

Coba-coba tukar Sprocket Gear Byson 18 December 2012

Posted by The Naked Rider in Artikel.
Tags: , , ,
trackback

Seperti diketahui, besar kecil sprocket gear turut menentukan tingkat responsiveness dan topspeed sebuat sepeda motor. Dengan kompresi engine 1 : 9 membuat karakter tarikan byson yang smooth.  Oleh karenanya hal yang termasuk pertama kali penulis lakukan dalam memodifikasinya adalah dengan mengubah konfigurasi sprocket gear.

Aslinya, byson menganut sprocket gear belakang 40 mata (pada satu gear terdapat 40 buah duri-duri)   dan depan 14 mata. Prinsipnya bila ingin meringankan tarikan, maka konfigurasi rasio gear depan belakang harus diubah. Semakin rendah rasionya, semakin berat beban mesin tapi semakin tinggi top speed sementara semakin tinggi rasionya, semakin ringan tarikan mesin namun semakin rendah top speed. Contoh: dengan sprocket asli byson, maka terdapat rasio konfigurasi 40/14=2.85. Bila ingin menambah tarikannya maka rasio tersebut harus diperbesar >2.85 dan bila ingin menambah top speed maka rasionya harus diperkecil <2.85. Dari perhitungan matematis, konfigurasi rasio tersebut dapat diperoleh dengan mengubah besar gear belakang dan depan.

Informasi yang penulis peroleh  dari http://universalbyson.blogspot.com/2011/09/experiment-kecil-kecilan-terhadap-rasio.html memperlihatkan hasil eksperimen terhadap variasi ukuran sprocket gear untuk mendongkrak tarikan Byson. Begini reviewnya: (awal kutipan)

1. 14 (depan) – 40 (belakang)

Ukuran standard gear byson, ato secara rasio 40/14 = 2.85, rasanya? smua pasti tau lah.. tarikannya merata, bawah, tengah ama atasnya lumayan…Kalo pake box (kyk gw: bodi + box = 80 kg), ternyata kerasa berat, apalagi kalo bawa mahluk halus di bonceng (pacar), kerasa banget ngedennya..jadi kudu ganti dengan rasio gear yg lebih besar.

2. 14-44

Gear belakang diganti sama punya si scorpio, PnP kok, 6 titik bautan, plek plek plek deh. Rasio gear jadi 44/14 = 3.14, rasanya? akselerasi manteb, kata orang sunda mah “ngajol”.. (loncat2).. padahal motor dikasih box (10kg) + mahluk halus + gw = 10 + 70 + 50 = 130 kg, motor kerasa enteng seperti ngga bawa boncengan + box dengan rasio gear standard. Tapi… napas kerasa pendek banget.. baru ngegas stengah dah pol, kudu oper gigi terus.. jadi malah capek kalo motor pas buat sendirian..

3. 14-42

Gear belakang pake punya vixion, sama jg: plek plek plek..Rasio gear jadi 42/14=3 pas. Akselerasi ngga segalak 14-44, tapi napas jadi lebih panjang, walaupun masih lebih pendek dibandingkan dengan rasio standard…Buat boncengan + box lumayan enak, ngga ngeden tapi ngga terlalu cepet habis jg nafasnya.. INI RASIO GEAR YANG PALING PAS BUAT BONCENGAN + BOX, menurut gw lho..

4. 15-42

Sekarang ganti gear depan jadi 15, pake punya mx ato pake merek TK ato yg laen, PnP kok, karena punya bison lubang bautnya cuman ada 1 (spt MX)..Rasio jadi 42/15=2.8 pas, ini rasionya lebih kecil dari standard, bisa ketebak dengan mudah, ngedennnnn abiss.. bahkan dalam kondisi motor sndiri + box doang dah kerasa ngeden.. NOT RECOMMENDED lah..

5. 15-44

Gear lama scorpio gw pasang lagi, jadi rasionya jadi 44/15=2.933333333. Buat sendirian + box = TOP MARKOTOB deh.. tenaganya jadi enteng di semua RPM, mulussss…. trus napas ngga cepet habis seperti gear rasio 3.0 (14-42)…Tapi pas buat boncengan, hmm.. agak ngeden.. not recomended kalo buat boncengan… tapi kalo boncengan ente ngga berat2 amat.. coba deh rasio ini.. manteb…

6. 13-40

kalau ini saya sendiri yang berexperimen..Gear asli depan BYSON saya copot diganti gear RK-K + pasang spi dikarenakan punya byson pakai baut untuk peganagn gear biar tidak copot dan gaear+spi harganya ga bikin kantong bolong kok kisaran 20rb. kenapa saya menggunakan gear depan 13 ??? ketimbang gear asli 14. teman pernah bilang ke saya bila ingin tarikan awal byson oke ganti aja pakai 13 karena gear depan turun satu mata itu juga = naikin gear belakan 5 mata dan kebanyang dong gimana akselerasi awalnya, mau dikasih beban segede gajah juga ga ngaruh, nah kalau dihitung2 jadi rasionya jadi 40/13 =3.076. Buat sendirian + box = kurang enak napas kerasa pendek .. baru ngegas stengah dah pol ya walaupun masih mau main di RPM 8500.(akhir kutipan)

Berdasarkan review tersebut akhirnya penulis kemudian memilih ukuran diperkirakan paling optimal yaitu 15-44 (rasio 2.93), dimana tarikan cukup ringan namun tidak terlalu banyak kehilangan top speed. Benar banget bro. Tarikan sangat ringan untuk membopong tubuh penulis yang berpostur tinggi besar 186 cm/88 kg bahkan dengan berboncengan dengan anak (185cm/95Kg). Oya, gear depan 15 memakai punyanya Yamaha MX dan belakang 44 memakai punyanya Scorpio.

Sprocket Gear Yamaha Scorpio

Gambar

Setelah porting polishing yang penulis lakukan tempo hari di BRT (baca tulisan sebelumnya), penulis tingginya kekuatan mesin sehingga tarikan terasa terlalu ringan dan napas motor jadi semakin pendek. Oleh karenanya penulis ingin memperkecil rasio gear yang ada pada saat ini. Agar napas gas semakin panjang. Apalagi penulis sedang naksir kepada gear Sinnob yang pernah terlihat sangat cantik nangkring di sebuah Honda Tiger. Cek punya cek, ternyata memang gear yang tersedia untuk byson adalah 42 mata. Jadi pas lah, kalau diganti dengan konfigurasi 42/15=2.8, hampir sebesar konfigurasi rasio awal, 2.85. Cukup berat dan pasti naik top speednya sekitar 5 kpj. Cara menghitungnya adalah (ambil saja asumsi kecepatan awal dengan gear 15/44 100kpj) yaitu 2.93/2.8 dikalikan 100=104.64. Kenaikan 4.64kpj dibulatkan 5kpj.

Sprocket Gear Sinnob Yang Cantik

Gambar

Namun ketika hendak kebengkel, penulis iseng-iseng membawa gear lama (40 mata) untuk dicobakan dengan konfigurasi 15/40. Asumsi penulis adalah kalau tarikan ternyata berat, maka ya sudah sekalian ganti Sinnob yang 42 mata.

Namun penulis sungguh terkejut mencobanya. Motor tetap mampu melonjak dan dengan cepat (gigi 3) penulis bisa mencapai 80kpj. Wow, impresif sekali. Kalau begini, tidak jadi saja mengganti dengan gear Sinnob. Ini saja sudah lebih dari cukup. Sorry Sinnob.

Begitulah, kini penulis menggunakan paduan srocket gear 15/40 dengan rasio 2,666. Dengan demikian dengan mengubah dari gear semula (15/44) menjadi 15/40, setidak-tidaknya penulis memperoleh penambahan top speed sebanyak 9.7 atau dibulatkan menjadi 10kpj. Itu dengan asumsi top speed semula 100kpj. Padahal konon kecepatan Byson standar (belum diapa-apain) yang paling lelet saja 105kpj (walau banyak sekali yang lebih, sih, bahkan blogger IWB mengklaim 116kpj). Kira-kira berapa ya top speed Byson penulis sekarang? Oya, sejauh ini modifikasi yang dilakukan adalah mengganti knalpot dengan knalpot free flow AHRS, pasang cdi racing dual band BRT, dan porting polish saluran isap dan buang di bengkel BRT.

About these ads

Comments»

1. okki - 17 January 2013

Rantainya pake apa bro???

2. The Naked Rider - 28 January 2013

Rantainya pakai rantai bawaan Byson. Kalau kita pakai paduan sprocket gear 44 (belakang) dan 14 (depan), rantainya mesti disambung 2 keping pakai rantai jenis yang sama, karena rantai asli kurang panjang. Namun akibatnya rantai cenderung kendur sehingga harus dipakaikan chain puller. Sekarang pakai paduan 44/15 pakai rantai asli tanpa tambahan. Begitu, bro.

3. syam - 8 February 2013

ane pake gir depan 15 pnya mx ko bunyi kretek2 y bro.
solusinya dong bro?
(15-40)

4. okki - 14 April 2013

berapa bro harga nya?

The Naked Rider - 14 April 2013

yang original sekitar 175K. Thanks sudah mampir bro

5. Gey3ng - 20 April 2013

Yang Benar yg mana dipakai sekarang?? 15/40 apa 15/44 bro??

Tadi di akhir penulis bilang “Begitulah, kini penulis menggunakan paduan srocket gear 15/40 dengan rasio 2,666.”

The Naked Rider - 21 April 2013

Sebelum porting polish pake 15/44. Tapi setelah porting polish kok rasanya terlalu ringan dan nafasnya cepat habis. Tadinya mau diganti pakai punya vixion 42. Tapi iseng2 coba yang asli bawaannya, 40 mata. Ternyata tidak masalah. Sekarang nafasnya terasa panjang. Begitu bro. Trims udah mampir

6. R6 - 22 April 2013

jadi jika gir depan di ganti punya jupi mx top spednya nambah ya bro……. tank brow atas informasinya…..

The Naked Rider - 23 April 2013

Bro R6, secara teoritis iya. Konfigurasi gear asli byson 40/14=2,587. Kalau gear depan diganti dengan punya MX jadi 40/15=2,667. Kalau ingin menghitung berapa kecepatan yang bertambah dengan mengganti gear depan dengan punya MX, kita harus tahu dulu berapa kecepatan maksimum bila menggunakan gear asli (2,857). Kita asumsikan saja kecepatan maksimumnya 105kpj.

Dengan demikian potensi pertambahan top speed byson adalah 2,857 dibagi 2,667=105 dibagi x.

X adalah potensi top speed baru. Jadi x = 1.071 x 105= 112,48 kpj. Pertambahan topspeed= 112,48-105= 7,48kpj.

Tapi masbro, sebagai konsekwensi topspeed nambah, putaran bawah akan melambat. Begitu kira2. Thanks sudah mampir

R6 - 2 May 2013

terimakasih sekali atas penjelasanya bro….. salam

7. Cara meningkatkan tarikan Byson | The Naked Rider - 17 June 2013

[…] dengan punyanya Yamaha Jupiter (15 mata) dan gear belakang dengan 44 mata punya Yamaha Scorpio (lihat tulisan ini). Ditanggung motor anda akan lebih responsif pada putaran rendah namun top speed akan berkurang. […]

8. Herinda Prasta - 9 August 2013

jd klo mesin standar gear belakang ganti punya vixi depan ori ban belakang 150-60.tambah.bokjln.datar.boncengan.kadang2!6~”‘_!6′

9. Herinda Prasta - 9 August 2013

nambah gan knalpot udah ganti yg freeflow buatan i-one

10. mad - 10 August 2013

kLo pake settingan 15 – 40 tetep rante standar ya bro?

11. ipanase - 7 September 2013

wah mantebhh

12. Anonymous - 17 October 2013

jadi udah pakeie semua bro…
Kira2 brpa km/ jam…? Bro.
Emi rcg batu bara

13. viki - 8 December 2013

bison oh bison kapan kau jadi milikku..hhh

14. Enam Cara Menambah Tarikan Motor Tanpa Mengubah Enjin | The Naked Rider - 17 June 2014

[…] 1. Gearing. Bagi masyarakat komuter yang tinggal dipinggiran Jakarta tarikan pada putaran bawah sangat penting. Jalur jalan seringkali dipenuhi truk-truk atau bus-bus besar yang menyesaki jalan. Oleh karenanya kemampuan untuk menyelap nyelip diantara kendaraan tersebut ataupun mendahuluinya seringkali merupakan faktor yang sangat penting dalam berkendara. Namun kemampuan menyalip kendaraan besar dapat menjadi perkara besar bahkan mengundang kecelakaan bila motor kita lemot sehingga selalu dalam posisi ‘tanggung’ bila akan menyalip. Kita dapat memperingan beban enjin dan menambah tarikan awal motor dengan mengganti gear baik depan atau belakang. Gear adalah tempat meletakkan rantai penggerak roda belakang. Gear dibuat dengan berbagai ukuran. Byson misalnya, memiliki gear depan 14 mata dan belakang 40 mata. Dengan mengganti gear belakang dengan punya Vixion (42 mata) maka tarikan akan terasa lebih ringan sehingga semakin mudah melibas kendaraan-kendaraan besar, terutama di tanjakan. Namun penggantian ini akan membuat top speed menurun. Lihat tulisan ini. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Nunoo's Journal

an ignorant rider, lousy traveler, almost a wayfarer... enjoy ride a motorcycle and take a lot of good pictures..

kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

INDOBIKERMAGS.COM

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

autoblogindonesia

A Simple Blog Contents Automotive Informations

Iwanbanaran.com | All About Motorcycles

Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News

Nichoz Blog

Berbagi Informasi Seputar Otomotif

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Smartfaiz

Doa buat anakku (Faiz/Nafis) agar menjadi anak smart. Blog yang memprioritaskan motor dan modifikasi --smartfaiz--

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Otomotoshare's Blog

Sharing Through The Automotive World

learningfromlives.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

ridertua - Motorcycle Blog

All about motorcycle,discussion,biker lifestyle,personal experience.....never too late for bikers...

Yamaha Vixion Club Bogor

MoreThan A Club Activities

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,337 other followers

%d bloggers like this: